Azizi Ashadel (kiri), Benni Setiawan (tengah), Arbani Yasiz (kanan) (Sumber gambar:ancikamovie.official)

Kata Produser Soal Adegan dengan Biaya Termahal di Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

14 January 2024   |   15:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 diplot oleh rumah produksi MD Entertainment sebagai salah satu judul unggulannya pada awal tahun ini. Tak tanggung-tanggung, produser Manoj Punjabi menargetkan film ini masuk ke dalam jajaran box office Indonesia 2024.

Disutradarai Benni Setiawan, film yang menjadi pelengkap dari trilogi Dilan ini menawarkan semesta baru dari karakter ikonik ciptaan Pidi Baiq tersebut. Film ini tampil cukup segar dengan beberapa cast baru yang berbeda dari seri terdahulunya.

Karakter Dilan yang sebelumnya lekat dengan nama Iqbaal Ramadhan, kali ini diperankan oleh Arbani Yasiz. Sementara itu, karakter Ancika juga berubah, di film ini Azizi Ashadel atau Zee JKT48-lah yang memerankannya. 

Baca juga: Alasan Pemeran Milea Diganti di Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995
 

Ada alasan tersendiri mengapa Manoj begitu percaya diri menargetkan film ini masuk ke dalam box office Indonesia. Menurutnya, Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 adalah film yang produksinya digarap dengan serius dan perencanaan yang matang.

Untuk memberikan suguhan berbeda dan menaikkan production value dibanding seri terdahulunya, Manoj juga menggelontorkan lebih dari Rp10 miliar untuk produksinya. Angka ini belum termasuk dengan biaya marketing.

“Kalau masalah bujet sangat tinggi, produksinya juga enggak murah. Yang pasti di atas Rp10 miliar. Jadi, film ini pantas dan layak untuk berkontribusi pada box office Indonesia,” ucap Manoj di Jakarta ketika konferensi pers film Ancika 1995. 

Dikonfirmasi secara terpisah, produser Budi Ismanto mengatakan bahwa biaya produksi Ancika cukup tinggi karena ada beberapa faktor penyebabnya. Salah satu di antaranya adalah karena film ini memiliki jumlah kru dan pemain yang banyak.

Selain itu, biaya produksi yang menyentuh dua digit ini menurutnya juga jadi bentuk keseriusan. Pihaknya ingin film kelanjutan cerita Dilan ini benar-benar bisa dinikmati dengan kualitas yang lebih tinggi. 
 

Adegan dengan Biaya Mahal 

Di sisi lain, Budi juga membocorkan ada beberapa adegan di film Ancika 1995 ini yang memerlukan biaya produksi mahal. Dia mencontohkan adegan demo di film ini yang cukup menguras biaya produksinya.

Dalam adegan demo yang digambarkan di depan kantor pemerintahan itu, pihaknya mesti menutup jalanan di Bandung kota. Ini membutuhkan bantuan dari berbagai stakeholder, termasuk kepolisian untuk pengalihan arus lalu lintas.

Adegan demo ini juga membutuhkan pengerahan massa dengan jumlah lebih dari 1.000 orang. Polisi yang berperan sebagai penjaga demo juga adalah polisi asli lengkap dengan peralatan yang sama persis ketika mereka mengamankan demonstrasi mahasiswa. 

“Ketika adegan ini sedang berlangsung pada siang hari, sekitar pukul 11.00 WIB, ternyata hujan turun. Ini yang membuat proses syuting mesti diulang keesokan harinya,” ungkap Budi kepada Hypeabis.id.

Meski tanpa menyebutkan secara spesifik biaya pembuatan adegan demo, Budi menjelaskan proses syuting yang diulang ini cukup banyak mengambil pos produksi filmnya. Ketika itu film ini dibuat pada sekitar Maret-April, jadi intensitas hujan memang cukup tinggi.

Kendati demikian, Budi menyebut hal itu sama sekali tak menyurutkan semangat kawan-kawan kru dan pemain. Meski harus menjalani proses syuting di tengah cuaca hujan, dan ketika itu masih bulan Ramadan pula, tetapi semua timnya tetap bersemangat.

Kini, sebuah harapan besar dilekatkan pada film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995. Budi menyebut, untuk mendukung tercapainya box office, penayangan awal film ini diharapkan bisa mencapai 200-300 layar.
 

Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 bercerita tentang kejadian 24 tahun silam. Saat itu, Ancika masih berusia 17 tahun dan masih berstatus siswa SMA, ketika dia pertama kali bertemu Dilan. Adapun Dilan, kala itu sudah berstatus sebagai mahasiswa.

Dalam film ini, penonton akan diajak menyaksikan sosok Dilan yang beranjak dewasa. Dia bukan lagi pemimpin geng motor. Suatu ketika, dia bertemu dengan Ancika dan mulai penasaran dengan anak SMA tersebut.

Mampukah Dilan merajut kasih dengan Ancika, atau dia masih terjebak masa lalu? Jawabannya bisa ditemui di bioskop. Film ini tayang serentak pada 11 Januari 2024.

Baca juga: Daftar Pemain Film Ancika Dia yang Bersamaku 1995, dari Arbani Yasiz Hingga Zee JKT48

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak 10 Peristiwa Penting & Viral yang Hadir di Rewind Indonesia 2023

BERIKUTNYA

Resep Yakitori yang Simpel & Lezat, Cocok Buat Menu Anak Kos

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: