Poster Rewind Indonesia 2023. (Sumber gambar: Chandra Liow Official Instagram)

Simak 10 Peristiwa Penting & Viral yang Hadir di Rewind Indonesia 2023

14 January 2024   |   14:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Membuka awal 2024, sederet kreator Indonesia kembali mempersembahkan tayangan Rewind Indonesia 2023. Seperti namanya, Rewind Indonesia adalah sebuah perayaan kreativitas generasi muda yang merangkum berbagai macam fenomena dan tren selama satu tahun terakhir.

Rewind Indonesia disajikan dalam sebuah video yang berisi cerita dengan benang merah dan kompilasi peristiwa populer di dalam maupun luar negeri, yang dihadirkan dari kolaborasi para kreator konten dan figur publik lintas platform Tanah Air.

Tahun ini, Rewind Indonesia digarap oleh kreator konten Chandra Liow dan sutradara Adi Victory. Sebelumnya, Chandra juga menggarap YouTube Rewind Indonesia tahun 2022 bersama kreator Aulion. Sementara Adi Victory sebelumnya telah menggarap sejumlah proyek film seperti Head In The Clouds dan Lasagna

Baca juga: 10 Video Klip K-Pop yang Paling Banyak Ditonton di YouTube 2023
 

Setiap tahun, Rewind Indonesia menampilkan rangkuman sederet tren dan peristiwa penting yang terjadi di Tanah Air. Tayangannya menampilkan sejumlah artis, kreator, atlet, dan figur publik yang menyita perhatian masyarakat. Deretan pesohor tersebut di antaranya adalah Fadil Jaidi, Jerome Polin, Ria SW, Tanboy Kun, Nex Carlos, Kristo Immanuel, dan masih banyak lagi.

Biar Genhype enggak penasaran, berikut adalah 10 peristiwa penting dan fenomenal di Rewind Indonesia 2023 yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id. 
 

1. Sindiran kasus Mario Dandy

Video Rewind Indonesia dibuka dengan kisah seorang remaja pria bernama Umay yang tampak dipukuli habis-habisan oleh Israf, seorang anak dari pejabat negara. Video tersebut mengacu pada kasus penganiayaan Mario Dandy, anak eks pejabat Ditjen Pajak, terhadap Crystalio David Ozora, yang menyita perhatian publik pada Februari 2023 lalu.

Dalam Rewind Indonesia, Umay juga menjadi simbol Indonesia. Hingga pertengahan video, Umay masih digambarkan babak belur menghadapi perlakuan orang-orang yang punya kuasa di negeri ini. Hal itu menyiratkan bahwa selama Indonesia masih dikuasai oleh orang-orang kelas atas yang serakah, selamanya negara tidak akan maju dan memberikan kesejahteraan pada seluruh rakyatnya. 
 

2. Penampilan Putri Ariani

Setelah cuplikan tersebut, Rewind Indonesia dibuka oleh penampilan Putri Ariani yang membawakan lagu Loneliness. Dara pemilik nama asli Ariani Nisma Putri itu memang sukses menarik perhatian publik lantaran suara merdunya saat berkompetisi di America's Got Talent (AGT) 2023.

Putri menjadi penyanyi Indonesia pertama yang mampu menembus babak final ajang kompetisi bergengsi dunia itu. Setelah melalui perjalanan kompetisi yang panjang, Putri Ariani akhirnya ditetapkan sebagai juara keempat AGT 2023. Berkat suara emasnya, Putri sukses memukau para juri AGT salah satunya Simon Cowell.
 


3. Indonesia batal jadi tuan rumah Piala U-20

Tahun ini, dunia sepak bola Tanah Air diramaikan dengan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Di Rewind Indonesia, hal itu dimunculkan dalam sebuah headline koran yang sedang dibaca oleh komika Praz Teguh. Dia tampak kesal membaca judul berita tersebut.

Salah satu alasan Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 adalah kehadiran timnas Israel di turnamen level junior di tingkat dunia tersebut. Hal itu pun memupus mimpi Indonesia dan Timnas Indonesia U-20 berpartisipasi di pentas sekelas Piala Dunia. 
 

4. Dukungan terhadap Palestina

Rewind Indonesia 2023 tak luput menyatakan dukungan terhadap rakyat Palestina yang sampai saat ini masih diserang oleh tentara Israel. Hal tersebut diwujudkan dengan kehadiran beberapa potong buah semangka dalam video. Seperti diketahui, semangka memang menjadi simbol dukungan kebebasan untuk rakyat Palestina. 
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport Resolusi 2024: Cerita Para Seniman yang Terus Menggores Pesan di Atas Kanvas

BERIKUTNYA

Kata Produser Soal Adegan dengan Biaya Termahal di Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: