Klip lagu Flower dari Jisoo didapuk sebagai video musik paling banyak ditonton di YouTube pada tahun 2023. (Sumber gambar: YG Entertainment)

10 Video Klip K-Pop yang Paling Banyak Ditonton di YouTube 2023

27 December 2023   |   13:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tahun 2023 diwarnai dengan perilisan banyak lagu K-Pop dari para bintang Korea Selatan. Peluncuran karya-karya mereka selalu disambut riuh oleh para penggemar musik K-Pop di seluruh dunia. Tak hanya lagu yang banyak diputar di layanan streaming, video klip rilisan lagu-lagu K-Pop juga banyak ditonton oleh audiens.

Klip lagu debut solo Jisoo, "Flower", didapuk sebagai video musik paling banyak ditonton di YouTube pada 2023. Video klip yang dirilis pada 31 Maret 2023 itu telah ditonton lebih dari 444 juta kali di YouTube. Posisinya disusul oleh video klip lagu "Seven" dari Jungkook BTS feat. Latto dengan 310 juta lebih views, dan klip "Queencard" dari girl group (G)I-DLE dengan 281 juta lebih views.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 10 video klip K-Pop yang paling banyak ditonton di YouTube tahun 2023.

Baca juga: 10 Konser K-Pop dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2023, Blackpink Peroleh US$148 Juta 
 

1. Flower-Jisoo (444 juta views)


"Flower" merupakan single debut solo Jisoo BLACKPINK yang dirilis pada 31 Maret 2023, dan didapuk sebagai lagu utama dalam album solo perdananya yang berjudul Me. Lagu yang mengusung musik dance, pop, dan trap dengan tempo sedang serta menggabungkan melodi tradisional Korea dan Karibia ini bercerita tentang hubungan toksik.

"Flower" sukses secara komersial dan menduduki nomor dua di Billboard Global 200, serta menjadi hit sepuluh besar pertama Jisoo di tangga lagu tersebut. Di Korea Selatan, lagu tersebut menduduki puncak tangga lagu Billboard dan nomor dua posisi di Circle Digital Chart.
 

2. Seven-Jungkook feat. Latto (310 juta views)


Berada di posisi kedua, video klip single "Seven" yang dibuat Jungkook berkolaborasi dengan rapper AS Latto telah ditonton 310 juta lebih di YouTube. Perolehan tersebut menjadikan "Seven" sebagai video musik K-Pop kedua yang mencapai 300 juta penyanangan di YouTube yang dirilis pada 2023, setelah single "Flower" milik Jisoo BLACKPINK.

"Seven" adalah debut single solo Jungkook bergenre pop dan berbahasa Inggris yang mengusung nuansa lagu musim panas ceria. Lagu tersebut diproduksi oleh produser AS Andrew Watt dan Cirkut, yang ikut menulis liriknya bersama Jon Bellion, Latto, dan Theron Makiel Thomas. Dari segi lirik, "Seven" adalah lagu romantis tentang keinginan seseorang menghabiskan momen setiap hari bersama kekasih. 
 

3. Queencard-(G)I-DLE (281 juta views)


"Queencard" merupakan single utama dari album mini keenam girlgroup (G)I-DLE, I Feel, yang dirilis pada 15 Mei 2023. Lirik lagu ini berkisah tentang seorang protagonis yang menerima penampilannya apa adanya, dan menyadari bahwa kecantikan sejati berasal dari rasa percaya diri bukan dari penampilan. Lagu ini dibawakan dengan gaya yang ringan dan lucu, dengan nada dan liriknya yang kurang serius, dibandingkan dengan rilisan (G)I-DLE sebelumnya.
 

4. I AM-IVE (196 juta views)


"I AM" adalah lagu utama untuk album panjang perdana girl group IVE yang bertajuk I've Ive sejak debut pada 2021. Lagu yang dirilis pada 10 April 2023 itu mencapai nomor satu di Circle Digital Chart, dan menjadikan single keempat IVE yang menempati posisi puncak di tangga lagu tersebut. Dari segi lirik, "I AM" dideskripsikan sebagai sebuah lagu dengan lirik yang berisi pesan kuat tentang memiliki sikap mandiri dan percaya diri dalam hidup.
 

5. Super-SEVENTEEN (164 juta views)


"Super" merupakan salah satu lagu dari dua single utama album mini terbaru SEVENTEEN, FML. Lagu yang dirilis pada 24 April 2023 itu menjadi debut SEVENTEEN di daftar 40 lagu teratas di Billboard Global 200. Di Korea Selatan, lagu tersebut telah menduduki tangga lagu di Circle Digital Chart selama lebih dari 14 minggu, dan mencapai puncaknya di tiga minggu kedua.

Baca juga: 10 Lagu Paling Populer Versi Google Trends, Idol dari Yoasobi Paling Dicari 
1
2


SEBELUMNYA

Aktor Film Parasite Lee Sun-kyun Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Profil Sir Jim Ratcliffe, Pemilik Baru Manchester United yang Berambisi Bawa Klub Berjaya Kembali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: