Ilustrasi taman hiburan megah (Sumber gambar: Unsplash/Ethan Hoover)

6 Taman Hiburan Terbesar di Dunia, Enggak Cuma Ada di Amerika Serikat

14 January 2024   |   12:51 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kerajaan Arab Saudi dikabarkan akan segera membangun taman hiburan yang diklaim menjadi terbesar di dunia dengan nama Qiddiya. Berada di kota Riyadh, taman hiburan ini direncanakan dibangun dengan ukuran tiga kali lipat dari Walt Disney World di Florida, Amerika Serikat. 

Dalam beberapa dekade terakhir, taman hiburan telah menjadi pariwisata favorit banyak orang. Selain memiliki variasi wahana yang beragam, taman hiburan juga biasanya menyajikan paket lengkap berupa permainan atraktif, pasar malam, karnaval, pameran, pusat perbelanjaan, resor, hingga  pertunjukan eksklusif yang tak bisa dilakukan jenis wisata lain.

Baca juga: Daftar 5 Negara Teraman untuk Traveler 2024, Mayoritas Ada di Eropa

Setiap taman hiburan juga umumnya dirancang dengan tema sentral yang menawarkan keunikan berbeda-beda. Saat ini, ada banyak taman hiburan megah yang dibangun di beberapa negara di dunia. 

Rencana Arab Saudi membangun taman hiburan megah akan menambah daftar panjang dari daftar yang sudah ada. Berikut adalah deretan taman hiburan terbesar di dunia yang tersebar di berbagai negara.


1. Walt Disney World Resort, Amerika Serikat

Walt Disney World Resort dibangun di Florida, Amerika Serikat, di atas tanah yang begitu luas. Dengan lahan sekitar 25.000 hektare, taman hiburan ini sampai-sampai memiliki jaringan bus pribadi untuk mengakomodir para pengunjungnya.

Taman hiburan ini juga diketahui mempekerjakan lebih dari 70.000 orang di satu lokasi. Di Walt Disney World Resort, ada beberapa wahana menarik yang biasanya jadi favorit pengunjung, seperti Hollywood Studios, Magic Kingdom, Animal Kingdom, dan Epcot.
 


2. Disneyland Paris, Prancis

Disneyland di Paris adalah yang pertama dibuka di Eropa. Kompleks Disneyland Paris terdiri dari dua taman hiburan, yakni Disneyland Park dan Walt Disney Studios Park. Dengan tambahan Disney Nature Resorts, distrik perbelanjaan, lapangan golf, hingga fasilitas rekreasi dan hiburan lainnya yang tak kalah megah.

Dibangun di atas lahan 4.900 hektare, Disneyland menjadi salah satu taman hiburan paling megah di dunia. Pada 2022, taman hiburan ini baru merayakan hari jadinya yang ke-30.


3. Shanghai Disneyland, China

Terbilang baru karena diresmikan pada 2016, taman hiburan ini nyatanya tak kalah megah dibanding lainnya. Shanghai Disneyland memiliki luas sekitar 1.000 hektare yang menempatkannya pada jajaran taman hiburan terbesar di dunia.

Di antara Disneyland di dunia, taman hiburan di China ini memiliki salah satu kastil terbesar, yaitu Enchanted Storybook Castle. Selain itu, kawasan ini masih memiliki enam zona bertema lainnya dan juga dua hotel dan kawasan komersial.


4. Orlando Universal, Amerika Serikat

Orlando Universal adalah taman hiburan yang terletak di Florida, Amerika Serikat. Dengan luas mencakup sekitar 500 hekare, taman hiburan ini jadi salah satu petualangan besar yang menarik perhatian berbagai orang di seluruh penjuru dunia.

Banyak wahana yang ramah keluarga seperti wahana Simpsons. Selain itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Hogwarts Express, Volcano Bay, menaiki Revenge of the Mummy, serta bertemu berbagai bintang Marvel di lokasi ini.
 


5. Tokyo Disneyland Resort, Jepang

Tokyo Disneyland Resort adalah ekspansi pertama Disneyland ke pasar Asia. Dibuka 1983, taman hiburan ini memiliki luas sekitar 500 hektare. Desain taman hiburan ini dipadukan antara budaya Amerika Serikat dan Jepang.

Wahana yang paling populer adalah 'Pooh's Hunny Hunt'. Di sini pengunjung dapat mengikuti petualangan Pooh dan bertemu karakter kartun lain. Lalu, ada juga wahana Monsters, Inc. Ride and Go seek, dan masih banyak lagi.


6. Qiddiya, Arab Saudi

Qiddiya digadang-gadang akan menjadi salah satu taman hiburan terbesar di dunia. Taman hiburan ini direncanakan dibangun dengan ukuran tiga kali lipat dari Walt Disney World di Florida. Qiddiya diproyeksikan bukan hanya sekadar taman hiburan, tetapi juga taman air, kota olahraga, wahana petualangan alam, dan tempat atraksi budaya.

“Dengan menawarkan tujuan wisata kelas dunia di jantung Arab Saudi, proyek ini akan memberikan kesempatan kepada warga Saudi untuk menghabiskan liburan dan waktu luang mereka menikmati hiburan kelas dunia tanpa bepergian ke luar negeri," demikian pernyataan yang tertera di laman Vision 2030 Arab Saudi, dikutip Hypeabis.id, Minggu (14/1). 

Baca juga: Pasangan Muda Merapat, Cek 5 Tempat Bulan Madu Romantis di Asia, Ada Bali & Vietnam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Daftar & Monetisasi FB Pro, Bisa Menghasilkan Uang dari Konten Facebook

BERIKUTNYA

Hypereport Resolusi 2024: Cerita Para Seniman yang Terus Menggores Pesan di Atas Kanvas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: