Ilustrasi Facebook (Sumber gambar: Unsplash/Solen Feyissa)

Cara Daftar & Monetisasi FB Pro, Bisa Menghasilkan Uang dari Konten Facebook

14 January 2024   |   11:12 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menyusul platform media sosial lain, Facebook kini membuka fitur monetisasi yang memungkinkan penggunanya mendapatkan uang dari konten-konten yang dibuatnya. Syaratnya, para pengguna platform milik Mark Zuckerberg ini mesti mengaktifkan mode Facebook Pro atau FB Pro. 

Mengutip dari laman Facebook.com, Facebook Pro adalah mode di media sosial tersebut yang menawarkan serangkaian fitur profesional. Ini memungkinkan pengguna membangun eksistensi profilnya menjadi lebih baik.

Mode ini memungkinkan pengguna mengelola akun Facebook seperti dalam mode halaman, tetapi tetap mempertahankan adanya interaksi dari teman yang telah terhubung sebelumnya. Pengguna juga tak perlu memiliki akun Facebook baru, karena untuk mengakses mode ini cukup mengubahnya saja. 

Baca juga: 4 Tip Manfaatkan Fitur-fitur Facebook dari Para Kreator Top Indonesia, Bisa Datangkan Cuan

Ketika mode profesional diaktifkan, kolom teman yang telah terhubung tidak akan terhapus begitu saja, mereka tetap ada mengikuti profil yang telah dibuat. Singkatnya, pengguna bisa membangun akun profesional sebagai konten kreator, tetapi tanpa perlu membuat page atau halaman layaknya yang terjadi di Facebook selama ini.

Mode ini juga membantu pengguna mendapatkan pengikut publik yang lebih tertata. Mode profesional ini cocok bagi pengguna akun yang ingin berbagi pembaharuan konten dengan pemirsa yang lebih luas. Sebab, jumlah pengikut yang bisa dijaring tak terbatas.

Fitur yang bisa didapatkan ketika mengaktifkan FB Pro juga beragam. Misalnya, pengguna akan mendapatkan dasbor yang lebih profesional. ini akan memudahkan pengguna mengelola fitur profesional untuk profilnya.

Pengguna juga bisa mendapatkan insight tentang pengikut, jangkauan postingan, dan interaksi postingan yang telah dilakukan. Kemudian pengikut yang telah terkumpul sebelumnya juga bisa mengundang teman-teman mereka untuk mengikuti profil yang telah dibuat agar jangkauan pemirsa lebih luas.

Pengguna mode profesional juga bisa mengutak-atik fitur komposer postingan. Ini adalah fitur yang bisa memilih siapa saja pemirsa yang dapat melihat postingan yang telah dibuat, yakni teman atau publik. Fitur yang tak kalah menarik adalah profil atau postingan yang dibuat akan lebih mudah ditemukan oleh publik. Hal ini membuat kunjungan profil yang didapat tentu bisa lebih meningkat.


Cara Monetisasi FB Pro 

Mode profesional memungkinkan pengguna untuk mendapatkan uang dari konten yang dibagikan di media sosialnya. Namun, pengguna juga mesti mematuhi persyaratan yang ada, termasuk usia pengguna yang tidak boleh di bawah 18 tahun.

Persyaratan lain adalah akun Facebook juga minimal aktif selama enam bulan, memiliki setidaknya 100 pengikut, dan mempunyai variasi konten berkualitas dan menarik. Penghasilan yang diperoleh Facebook Pro nantinya akan dibayarkan setiap bulan ke rekening bank yang telah didaftarkan. 

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang di Facebook Pro. Berikut ulasannya.

Iklan di Facebook Reels: Pengguna dapat menempatkan iklan langsung di Reel Facebook yang dibagikan secara publik. Penghasilan dari iklan ini akan dibagi antara pengguna dan Facebook.

Iklan In-Stream: Iklan In-Stream adalah iklan gambar atau video yang diputar sebelum, selama, atau setelah video berdurasi panjang atau pendek yang memenuhi syarat di Facebook. Genhype bisa menempatkan iklan dalam video tertentu atau mengaktifkan iklan In-Stream untuk semua video di Halaman Facebook atau profil dalam mode profesional kalian. 

Membership: Pengguna dapat menawarkan keanggotaan berbayar kepada para pengikutnya. Keanggotaan ini dapat memberikan akses terhadap konten eksklusif yang dibuat kreator, dari video, podcast, atau kelas online.


Cara Daftar FB Pro 

Cara mendaftar FB Pro cukup mudah. Genhype hanya perlu melakukan pengaktifan akun pro lewat aplikasi Facebook atau di web peramban. Berikut adalah panduannya.
  1. Pengguna mesti memiliki akun Facebook dan masuk ke dalam akun tersebut.
  2. Ketuk ikon garis tiga di kanan bawah halaman utama, lalu ketik nama pengguna
  3. Ketuk ikon titik tiga di bawah foto profil Facebook
  4. Pilih “Aktifkan mode profesional”
  5. Lalu, ketik “Aktifkan” untuk mengonfirmasi tindakan Anda
  6. Selesai. Akun Facebook telah berubah menjadi mode Pro
  7. Untuk menonaktifkan mode pro, pengguna hanya perlu mengikuti cara di atas kembali, lalu pada tahapan "Aktifkan mode profesional" ubah menjadi “Nonaktifkan mode profesional”.
Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport Resolusi 2024: Eksplorasi Baru Sineas Lokal Wujudkan Film yang Lebih Berwarna

BERIKUTNYA

6 Taman Hiburan Terbesar di Dunia, Enggak Cuma Ada di Amerika Serikat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: