Sunset di Kebun (Sumber gambar: Mitra Natura Raya)

Sunset di Kebun 2024 Ajak Gen Z Sadar Lingkungan Lewat Konser Intimate

12 January 2024   |   06:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Generasi muda memerlukan langkah konkret untuk mendorong kesadaran akan lingkungan. Dalam menggalakan pentingnya literasi menjaga alam, mereka cenderung menginginkan ruang-ruang bebas dengan cara yang kreatif. Kalangan muda lebih menyukai edukasi yang dilakukan dengan cara menyenangkan.

Pemikiran inilah yang menginisiasi PT. Mitra Natura Raya di bawah naungan Kebun Raya untuk menghadirkan Sunset di Kebun, sebuah agenda edukasi dalam memperkenalkan kekayaan hayati dan pentingnya menjaga lingkungan kepada generasi muda dengan cara yang kreatif. Dalam praktiknya, perusahaan memilih konser musik sebagai agenda yang menjembatani misi edukasi lingkungan tersebut.

President Director PT. Mitra Natura Raya Michael Bayu A. Sumarijanto mengatakan, konser musik dipilih atas hasil survei yang dilakukan kepada perwakilan generasi muda. Konser musik yang intim, hangat, dan bernuansa sejuk cukup disukai oleh kelompok ini, sehingga pihaknya sengaja menyelenggarakan konser musiknya pada waktu menuju sore hari.

“Kita sempat survei, bahwa yang datang ke kebun raya itu hampir 90% hanya untuk rekreasi saja seperti piknik, jalan kaki,dan lari pagi. Padahal potensi kebun raya sebagai penjaga kekayaan hayati itu punya peran besar,” kata Bayu.

Atas dasar tersebut, Bayu menyebut PT. Mitra Natura Raya mencari langkah untuk mengomunikasikan pentingnya penjagaan alam dan kekayaan hayati dengan cara yang kreatif. Kemudian setelah melalui survei dan pengamatan, pendekatan menggunakan konser musik ini akhirnya terpilih. 

Baca juga: Antusiasme Masyarakat Nonton Konser Masih Tinggi, Paling Favorit Band dan Penyanyi Lokal
 

Sunset di Kebun (Sumber gambar: Instagram.com/sunsetdikebun)

Konferensi pers Sunset di Kebun 2924 (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menurut Bayu, tren event-event besar, termasuk konser musik juga sudah banyak dilakukan di area kebun raya di luar negeri. Selain memberi daya tarik bagi generasi muda, Bayu menyebut penyelenggara bisa menjemput bola dengan adanya program-program bersifat menyenangkan yang diselingi edukasi layaknya kegiatan Sunset di Kebun. 

General Manager PT. Mitra Natura Raya Abi Irawan mengatakan konser yang pertama kali diadakan pada 2022 ini memiliki misi yang sederhana, yakni mengajak generasi muda mengenal kekayaan alam di negerinya sendiri. “Jadi ini tentang bagaimana kita mengombinasikan musik dengan konsep konservasi,” katanya. 

Abi menyambung, agenda ini merupakan langkah perseroan dalam mendukung 3 dari 5 pilar Kebun Raya yakni edukasi, rekreasi, dan jasa lingkungan.

Adapun pada tahun ini, Sunset di Kebun 2024 akan mendorong program Plant Hero, kampanye untuk memperkenalkan sebuah tanaman khusus sepanjang agenda berlangsung. Kali ini, Nepenthes (Kantung Semar) dipilih sebagai tanaman yang akan dikampanyekan selama agenda Sunset di Kebun Raya 2024.

Tanaman karnivora ini dipilih, sebab sekitar 60% populasi Nepenthes di seluruh dunia ada di Indonesia. “Sayang sekali jika kita, sebagai yang punya kekayaan alam tersebut tidak terliterasi dan menjaganya. Ini jadi bagian dari kewajiban kita juga sebagai generasi muda,” imbuh Abi.

Sunset di Kebun Raya 2024 akan dilaksanakan di 4 lokasi yaitu Kebun Raya Purwodadi (2-3 Maret 2024), Kebun Raya Bogor (27-28 April 2024), Kebun Raya Bali (25-26 Mei 2024), Kebun Raya Cibodas (29-30 Juni 2023). Beberapa musisi yang telah diumumkan akan mengisi rangkaian acara Sunset di Kebun antara lain Tulus, Kunto Aji, Reality Club, Fiersa Besari, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Hypereport: Suara Lantang Musisi Respons Isu Perubahan Iklim

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Produksi Film Avatar 3 Berlanjut, Dijadwalkan Rilis Desember 2025

BERIKUTNYA

Respon Kisah Wong Cilik, Budi Ubrux Gelar Pameran Ratu Adil di Bentara Budaya Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: