Laptop Asus ROG Strix G16. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Intip Keunggulan Jajaran Laptop Asus ROG yang Siap Rilis Februari 2024

10 January 2024   |   19:16 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

ASUS Republic of Gamers (ROG) mengambil langkah cepat meraih pasar gaming di Indonesia pada awal tahun ini. Perusahaan asal Taipei itu, mengumumkan jajaran laptop terbarunya mulai dari seri TUF Gaming, ROG Strix SCAR dan Strix G, hingga ROG Zephyrus G. 

Head of PR Asus Indonesia Muhammad Firman menyebut jajaran laptop gaming ini sedang dalam proses perizinan dan sertifikasi untuk bisa beredar di Indonesia. “Mungkin di akhir Januari atau awal Februari mendarat di pasaran,” ujarnya saat ditemui di bilangan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (10/1/2024). 

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Pengontrol Gim ASUS ROG Tessen Mobile Controller

Laptop gaming ini katanya dibekali hardware dan teknologi terbaru seperti CPU Intel Core Ultra Series dan AMD Ryzen 8000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Tak hanya unggul dalam performa, hardware ini juga terbilang efisien dalam daya. CPU generasi terbaru yang disematkan juga dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan AI dengan hadirnya neural processing unit (NPU) sebagai bagian dari CPU package.

TUF Gaming, ROG Strix SCAR dan Strix G, hingga ROG Zephyrus juga bisa digunakan untuk produksi konten hingga eksperimen AI. Dengan CPU Intel Core Ultra Series dan AMD Ryzen 8000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series, laptop ini menjanjikan pengolahan AI yang efisien. Memori DDR5 dan penyimpanan PCIe Gen4 x4 SSD mempercepat transfer data. 

Sistem pendingin  ROG Intelligent Cooling yang mencakup liquid metal, kipas Arc Flow Fan generasi ke-2, dan heatsink tipis, juga menjaga stabilitas performa. Fitur unik seperti Active Aerodynamic System pada ROG Zephyrus Duo 16, sistem Tri-Fan pada ROG Strix 16 atau 18 Series, serta vapor chamber pada ROG Strix SCAR 17, menunjang pendinginan yang efektif. 

MUX Switch pada semua model memastikan pemrosesan grafis optimal di GPU diskrit. Sementara itu, Armoury Crate memungkinkan tuning performa, termasuk pengaturan clockspeed dan fan curve, serta opsi untuk mematikan core CPU tertentu, mendukung penyesuaian performa untuk kebutuhan eksperimen AI.

Buat kamu yang penasaran, berikut jajaran laptop gaming Asus dan keunggulannya yang siap dirilis pada awal 2024:


1. TUF Gaming Terbaru

Asus mengenalkan TUF Gaming F16 yang hadir dengan ukuran layar 16 inci dan ditenagai oleh CPU hingga Intel Core i7-13650HX yang lebih bertenaga dari pendahulunya. Sementara dari sisi grafis dan visual, laptop gaming ini dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4060, serta layar Full HD 165Hz 100 persen sRGB. 

Asus juga menyediakan opsi untuk para gamers yang tetap memilih laptop gaming 15 inci melalui TUF Gaming A15. Berbeda dengan generasi sebelunya, TUF Gaming A15 kini ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 8000 Series yang telah dibekali dengan NPU untuk mengakselerasi pemrosesan AI. Sementara GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series hadir untuk mengakselerasi performa gaming-nya.
 

2. ROG Strix SCAR dan Strix G Lebih Powerful

ROG Strix SCAR 16/18 tampil sebagai laptop paling powerful pada 2024. Dibekali dengan CPU Intel Core i9-14900HX dengan TDP hingga 65W, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP hingga 175W, membuat laptop ini mampu melibas semua gim yang ada di platform PC.

Seri Strix ini juga sudah dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED, serta sistem pendingin yang dibekali dengan tiga kipas. Performanya yang sangat kencang juga membuat laptop gaming ini sangat ideal untuk eksperimen AI.


3. ROG Zephyrus G14 dan G16

Firman mengatakan ROG Zephyrus G14 dan G16 merupakan laptop primadona ASUS ROG pada tahun ini. Tampil dengan desain baru yang lebih modern dan elegan, ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G16 datang sebagai laptop gaming untuk para gamers yang mengedepankan performa dan portabilitas. 

Dimensi bodinya terbilang lebih tipis dan ringan. Laptop ini unggul pula dalam konektivitas, hardware yang lebih efisien, sistem pendingin yang lebih baik, hingga layar yang dapat menyajikan kualitas visual lebih baik dibandingkan semua laptop gaming di kelasnya.
 
Selain itu, ROG Zephyrus G14 dan G16 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Dengan demikian, seri laptop ini mejadi laptop berpanel OLED pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi VRR atau variable refresh rate. VRR merupakan fitur yang sangat penting bagi para gamers karena dapat mengeliminasi efek screen tearing dan stuttering saat bermain gim.
 
ROG Zephyrus G14 dan G16 ditenagai oleh hardware generasi terbaru. CPU AMD Ryzen 8545HS menjadi tenaga bagi Zephyrus G14 sementara Zephyrus G16 dibekali Intel Core Ultra 9 185H. Keduanya merupakan CPU generasi terbaru yang telah dibekali dengan NPU untuk mengakselerasi pemrosesan AI. Sementara untuk grafisnya, kedua laptop ini mengandalkan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang sudah teruji keandalannya dalam gaming, produksi konten, hingga AI.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Apple Vision Pro Resmi Dirilis 2 Februari 2024, Cek Harga Resminya

BERIKUTNYA

Nawasana Hadirkan 62 Koleksi Busana Spesial Hari Raya Bertabur Bunga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: