ROG Kunai 3 Gamepad for ROG Phone 3. (Sumber foto: Asus ROG)

Bocoran Spesifikasi Pengontrol Gim ASUS ROG Tessen Mobile Controller

20 December 2023   |   23:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan teknologi bersiap meluncurkan produk baru pada awal Januari 2024. Salah satunya ASUS yang akan mengadakan acara ROG pada 8 Januari 2024. Vendor asal Taiwan itu dipastikan akan meluncurkan perangkat gaming generasi terbaru. 

ROG Phone 8 menjadi produk yang paling ditunggu untuk lini gaming ASUS. Namun, para penggemar gadget juga menantikan pengontrol gim yang kabarnya bernama ROG Tessen Mobile Controller. 

Baca juga: Ponsel Gaming ZTE Redmagic vs ASUS ROG, Mana yang Lebih Gahar?

WindowsReport telah membagikan bocoran render dari pengontrol gim ini. Sesuai laporan, ASUS telah mengambil inspirasi dari konsol gim genggam ROG Ally untuk desain ROG Tessen Mobile Controller. Pengontrol tersebut dikatakan akan mengubah permainan di seri ROG Phone 8 mendatang. 

Publikasi tersebut menambahkan bahwa perangkat ini mungkin merupakan versi modifikasi dari gamepad ROG Kunai 3 yang diumumkan beberapa tahun lalu. Dari sisi tampilan, ROG Tessen Mobile Controller hadir dengan warna hitam dengan aksen list warna ungu dan biru.
 
Mengutip Gizmochina, ROG Tessen akan dilengkapi lampu RGB ekstra dan pegangan tangan yang dapat diperpanjang. Pengontrol juga dapat disesuaikan dengan berbagai mode untuk bermain game dalam orientasi berbeda. 
 

ASUS ROG Tessen Mobile Controller. (Sumber gambar : Windows Report)

ASUS ROG Tessen Mobile Controller. (Sumber gambar : Windows Report)


Selain memiliki desain kompak, pengontrol ini dapat dilipat saat tidak digunakan sehingga menawarkan portabilitas. ROG Tessen akan hadir dengan berbagai tombol kontrol termasuk pemicu analog dan joystick ALPS. 

Render yang bocor mengungkapkan pengontrol USB-C pada ROG Tessen Mobile Controller yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke ponsel mereka. Koneksi kabel akan menghilangkan kelambatan dan gangguan.

WindowsReport juga melaporkan bahwa ASUS ROG Tessen akan dirilis pada 2024 dalam berbagai pilihan warna. Bisa saja pengontrol ini diluncurkan bersamaan dengan seri ROG Phone 8 atau segera setelahnya. Aksesori gim seluler tersebut diperkirakan akan dibanderol US$139 (Rp2,15 juta) dan US$159 (Rp2,46 juta).

Sebelumnya, ASUS merilis ROG Ally secara global pada 2 Juni 2023. Perangkat gim konsol ini hadir dalam dua barian yakni ROG Ally Z1 dan ROG Ally Z1 Extrem

Kedua perangkat ini sejatinya punya banyak kesamaan. Perbedaannya hanya terletak pada chipset yang dipakai. ROG Ally Z1 menggunakan Ryzen Z1. Chipset ini dibekali prosesor Zen 4 yang terdiri dari 6 core, 12 threads, dan 3 unit pengolah grafis berbasis RDNA 3. ROG Ally Z1 Extreme memakai Ryzen Z1 Extreme. Chipset ini dibekali CPU Zen 4 dengan 8 core, 16 thread, dan 12 unit GPU RDNA.

Secara sistem operasi, keduanya sama-sama menggunakan Windows 11. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Asus ROG Ally. Sebab, pilihan gim yang bisa dimainkan jadi makin beragam. Tidak hanya gim PC atau kelas AAA saja, gim berbasis smartphone juga bisa dimainkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Aneka Hidangan Futuristik Representasi Masa Depan Otomotif di Lexus Feast

BERIKUTNYA

Profil Nadia Omara, Orang yang Paling Dicari versi Google Trends 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: