Film M3GAN (2022) (sumber gambar: IMDb.com)

Sekuel Film M3GAN Kembali Mengangkat Sisi Gelap Teknologi AI

09 January 2024   |   21:00 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Film M3GAN yang dirilis 2022 lalu terbilang sukses, baik dari segi penonton maupun kritikus sehingga diputuskan untuk digarap sekuelnya. Saat penggemar bertanya-tanya sekuel apa yang bisa dieksplorasi? Bintang Violet McGraw mengonfirmasi bahwa dia akan berhadapan lagi dengan boneka mematikan itu.

Judul yang diketahui untuk sekuelnya adalah M3GAN 2.0 yang saat ini memiliki tanggal rilis 17 Januari 2025. Diketahui ada pemogokan penulis dan aktor pada tahun lalu yang berdampak pada pengembangan semua film. Namun, McGraw mengakui bahwa dia belum tahu apa yang bisa terjadi dalam sekuelnya, dan ingin sekali mempelajarinya lebih lanjut tentang hal itu.

"Ya, saya kembali dan sangat bersemangat untuk memfilmkannya. Saya benar-benar ingin tahu apa yang terjadi pada film keduanya dan hanya bisa menantikan untuk bersatu kembali dengan semua pemain dan kru," kata McGraw dalam sebuah wawancara kepada DiscussingFilm.

Baca juga: Pemeran Utama Five Nights at Freddy's Konfirmasi Sekuel Filmnya Sedang Dikerjakan


Dalam film M3GAN sebelumnya, McGraw berperan sebagai Cady, seorang gadis muda yang kehilangan kedua orang tuanya dan tinggal bersama bibinya Gemma (Allison Williams) yang bekerja di sebuah perusahaan mainan. M3GAN dimaksudkan untuk menjadi boneka mutakhir berbasis kecerdasan buatan yang bisa jadi sahabat terbaik bagi setiap anak.

Dengan sifat premis yang sangat bergantung pada teknologi, para penggemar bertanya-tanya apakah perangkat lunak yang memotivasi boneka tersebut dapat diteruskan ke entitas lain atau mungkin fokus pada pemeran karakter baru.

Menariknya, film ini pernah diberhentikan karena mengangkat isu tentang kemampuan teknologi yang begitu kuat  dan berkembang pesat. Bahkan, dari film ini muncul sebuah ketakutan akan kemajuan teknologi yang sangat pesat telah menjadi fiksi ilmiah yang horor.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir kemajuan AI membuat sebagian orang dilanda ketakutan tersebut dan menjadi kenyataan. Salah satunya aksi pemogokan penulis dan aktor pada tahun lalu yang dilakukan dengan klausul khusus terkait penggunaan AI.

Dikutip dari wawancara dalam Empire Magazine, Produser James Wan mengatakan pada November 2023 bahwa sekuelnya akan terus bersandar pada tema-tema tersebut.

“Ini masih awal, tapi M3GAN akan kembali secara besar-besaran. Film pertama hadir pada waktu yang tepat ketika kekhawatiran terhadap AI semakin meningkat, dan kami pasti akan melakukan hal tersebut pada film berikutnya. Kami akan mengeksplorasi dunia AI lebih jauh lagi," kata James Wan.

Baca juga: Review Film Society of the Snow, Kisah Nyata Tragedi Jatuhnya Penerbangan 571 Uruguay

Mengenai sekuel ini, pihak Universal sudah mengorfirmasi kebenerannya sejak awal 2023 lalu. Untuk nama yang sudah ikut dalam film pertama akan kembali hadir untuk sekuel M3GAN, seperti Allison Williams sang pemeran utama Gemma yang membuat boneka dengan kecerdasan buatan (AI) menjadi hidup.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis Film No Hard Feelings yang Dibintangi Jennifer Lawrence

BERIKUTNYA

Laporan ZAP Beauty Index: 4 Jenis Treatment Kecantikan yang Diminati Sepanjang 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: