Ilustrasi Windows 11 Insider 26020 (Sumber gambar: Instagram.com/windows)

Microsoft Hapus Wordpad di Versi Windows 11 Insider Build 26020

09 January 2024   |   08:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Versi terbaru sistem operasi Windows 11 Insider (26020) tidak lagi menyertakan WordPad, aplikasi teks ikonik dari Microsoft. Setelah pertama kali diungkap pada September 2023 lalu, perusahaan teknologi asal Amerika ini akhirnya benar-benar menghapus WordPad dalam ekosistem aplikasinya.

Wordpad adalah aplikasi teks yang diluncurkan pertama kali pada 1995. Aplikasi ini muncul saat kehadiran Windows 95. Sejak saat itu, Microsoft terus membawa aplikasi ini ke dalam sistem operasi (OS) terbarunya setiap tahun.

Baca juga: Mengintip Keunikan Microsoft Excel World Championship 2023, Turnamen Esports Berbasis Rumus Excel yang Mendadak Viral

Ini adalah aplikasi yang memiliki fitur mirip dengan Word, tetapi dengan tampilan lebih sederhana. Meski gratis, aplikasi ini tetap menawarkan fitur lengkap dari mengedit teks, memilih format teks, hingga mencetak.

Melalui blog resminya, Microsoft mengungkap bahwa WordPad akan dihapus sepenuhnya dari sistem operasi Windows 11 pada pembaharuan mendatang. Aplikasi ini juga diketahui tak akan dimunculkan lagi pada versi-versi terbaru setelah ini.

“Mulai dari versi ini, aplikasi WordPad tidak akan diinstal lagi setelah melakukan instalasi OS teraru secara penuh. Pada pengembangan sistem operasi baru, WordPad akan dihapus saat pemutakhiran,” tulis Windows dalam blog resminya.

Tidak hanya itu, ketika pemutakhiran telah selesai, pengguna juga tidak dapat menginstal ulang WordPad yang telah terhapus. Mereka menegaskan bahwa WordPad adalah fitur Windows yang tidak digunakan lagi di masa
depan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Windows (@windows)


Bagi sejumlah pengguna, penghapusan WordPad mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Sebab, Microsoft masih memiliki berbagai aplikasi teks untuk menulis. Misalnya, untuk penulisan berformat dokumen .doc dan .rtf yang lebih banyak dilakukan di Microsoft Word.

Kemudian, untuk penulisan dalam dokumen berformat .txt pengguna juga sebenarnya lebih banyak melakukannya di Windows Notepad. Aplikasi lanjutan ini tampaknya yang akan lebih diandalkan Microsoft untuk para penggunanya.

Posisi WordPad belakangan memang berada di antara kedua aplikasi ini, terutama setelah banyak pembaharuan terjadi di perusahaan. Secara lebih luas, aplikasi teks secara daring juga makin berkembang pesat.

Hal ini yang membuat WordPad mulai ditinggalkan para penggunanya. Meski aplikasi ini bisa diakses tanpa perlu internet, aplikasi ini terbilang kalah dengan Notepad yang memiliki banyak pembaharuan sehinga lebih relevan dengan pengguna.

Dihapusnya WordPad menandai berakhirnya era aplikasi lama yang telah menjadi bagian dari Windows dan Microsoft selama hampir 30 tahun. Di sisi lain, Microsoft belakangan juga makin terlihat mengevaluasi banyak produksinya.

Selain WordPad, pada pembaharuan Windows 11 Indider Preview Build 26020 ini, Microsoft juga memutuskan untuk tidak melakukan pembaharuan pada aplikasi People dan Steps Recorder. Segendang sepenarian, dua aplikasi ini akan dihapus pada rilisan Windows mendatang.

Pada versi anyar, Steps Recorder akan menampilkan pemberitahuan berupa banner baru untuk memandu pengguna memakai opsi lain. Ini akan dilakukan bertahap sampai pemutakhiran benar-benar sempurna.

“Kami mendorong pengguna kami untuk menjelajahi opsi lain di Windows 11 seperti alat Snipping, Xbox Game bar, atau Microsoft Clipchamp,” imbuhnya.

Namun, di luar perpisahan dengan aplikasi lawas yang agak menyedihkan ini, versi baru Windows ini menghadirkan beberapa tambahan penting bagi pengguna. Dalam Windows 11 Insider (26020), pengguna bisa menggunakan perangkat dengan mode hemat energi.

Selain itu, fitur untuk pengguna dalam membantu memahami deskripsi juga akan lebih jelas pada perangkat ini. Terakhir, tentu saja, adanya peningkatan akses suara pada pengaturan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil dan Fakta Menarik Cillian Murphy, Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2024

BERIKUTNYA

7 Daftar Game Mobile Rilis Tahun 2024, dari Godzilla x Kong Hingga Call of Duty

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: