Cillian Murphy di serial Peaky Blinders. (Sumber Foto: BBC)

Profil dan Fakta Menarik Cillian Murphy, Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2024

09 January 2024   |   06:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Nama Cillian Murphy kembali melambung setelah Oppenheimer menyabet penghargaan terbanyak di ajang Golden Globe Awards 2024. Aktor kelahiran 25 Mei 1976 Irlandia tersebut berhasil menghidupkan karakter J Robert Oppenheimer di layar lebar.

Pertama kali terjun ke dunia akting, Cillian Murphy berperan dalam drama teater Disco Pigs karya Enda Walsh pada 1996 yang kemudian diadaptasi ke film pada 2021. Setelah memerankan sejumlah judul teater, dia mulai tampil di film independen seperti On the Edge (2001), dan beberapa film pendek termasuk, Filleann an Feall (2000) dan Watchmen (2001).

Baca juga: Cek Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Golden Globe 2024, Oppenheimer Borong 5 Trofi

Sejauh ini Cillian Murphy telah membintangi sejumlah judul film dan serial populer, mulai dari trilogi The Dark Knight (2005–2012), Inception (2010), Dunkirk (2017), A Quiet Place Part II (2020), dan serial Peaky Blinders (2013–2022). Nah Genhype, yuk simak profil lengkap Cillian Murphy.
 

1. Latar Belakang Cilian Murphy

Cillian Murphy lahir di Douglas, Cork. Ibunya mengajar bahasa Prancis sementara ayahnya bekerja di Departemen Pendidikan. Dia Memiliki adik laki-laki dan dua adik perempuan. Pada 2004, Murphy menikahi kekasihnya, Yvonne McGuinness, yang dia temui di salah satu pertunjukan band rocknya pada 1996. Pasangan ini dikaruniai dua orang putra yang lahir pada Desember 2005 dan Juli 2007.
 

2. Bergabung dengan Band

 

Cillian Murphy di film Inception. (Sumber foto:

Cillian Murphy di film Inception. (Sumber foto: Warner Bros.)

Bersama adik laki-lakinya, Paidi, Cillian Murphy membentuk band di awal usia 20-an. Mereka menamai band tersebut The Sons of Mr. Green Genes, yang diadopsi dari lagu Frank Zappa berjudul sama. Keduanya sangat terobsesi dengan gaya musik The Beatles.

Kakak beradik tersebut ditawari kontrak untuk merilis lima album oleh Acid Jazz Records. Namun, Murphy menolak karena Páidi masih bersekolah, selain itu mereka juga kurang setuju karena uang bayarannya yang sedikit karena label rekaman meminta hak atas komposisi lagunya.
 

3. Tertarik dengan Teater 

Murphy mulai belajar hukum di University College Cork (UCC) pada 1996, sayangnya dia gagal dalam ujian di tahun pertama karena merasa tidak ada ambisi untuk melakukannya. Di sisi lain dia mulai mengembangkan ketertarikan terhadap akting dan panggung teater, setelah melihat produksi panggung A Clockwork Orange karya Corcadorca Theatre Company yang disutradarai oleh Patrick Kiernan.

Murphy menjajal peran pertamanya dalam produksi amatir UCC Drama Society, Observe the Sons of Ulster Marching Towards the Somme, yang juga dibintangi oleh komedian Irlandia-Amerika Des Bishop. 

Pada 1996, Murphy memainkan peran besar dalam teater Disco Pigs karya Enda Walsh, yang juga menandai debut akting profesionalnya. Awalnya Disco Pigs dijadwalkan untuk pentas selama tiga minggu di Cork. Berkat popularitasnya, teater ini dipentaskan ke seluruh Eropa, Kanada, dan Australia selama dua tahun.
 

4. Terkenal Lewat Karakter Antagonis

 

Cillian Murphy di film Batman Begins. (Sumber foto: Warner Bros.)

Cillian Murphy di film Batman Begins. (Sumber foto: Warner Bros.)

Karier Murphy mulai melonjak setelah memerankan Dr. Jonathan Crane dalam Batman Begins (2005) garapan sutradara Christopher Nolan. Sebetulnya dia diminta untuk mengikuti audisi untuk peran Bruce Wayne atau Batman, tapi Murphy merasa fisiknya kurang cocok memerankan pahlawan super. Meski begitu, dia ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih dekat dengan Nolan.

Walaupun peran utama akhirnya jatuh pada Christian Bale, sang sutradara sangat terkesan dengan Murphy sehingga dia memberinya peran pendukung sebagai penjahat super Dr. Crane yang juga dikenal sebagai Scarecrow. Melalui wawancaranya dengan majalah Spin, Nolan mengatakan bahwa Murphy memiliki sorot mata yang luar biasa.

Selain sebagau Dr. Crane, peran antagonis lainnya yang dilakoni Murphy adalah Jackson Rippner, yang meneror Rachel McAdams dalam film thriller arahan Wes Craven, Red Eye (2005). Kritikus film The New York Times, Manohla Dargis menegaskan bahwa Murphy adalah penjahat yang sempurna. Auranya cukup dingin untuk membekukan air dan tatapannya yang seperti serigala yang meneror. Film tersebut mendapat ulasan positif dan memperoleh pendapatan hampir US$100 juta di seluruh dunia.
 

5. Akting yang Memukau dalam Oppenheimer

Baru-baru ini Murphy memerankan karakter J. Robert Oppenheimer dalam film thriller biografi Oppenheimer. Karya tersebut menandai kolaborasi keenam antara Nolan dan Murphy. Selain itu, film ini juga merupakan karya pertama Nolan dibintangi Murphy sebagai pemeran utama.

Totalitasnya dalam mempersiapkan peran tersebut patut diapresiasi. Murphy menurunkan beratnya sampai berkilo-kilo supaya penempilannya menyerupai J Robert Oppenheimer yang sangat kurus.

Oppenheimer dinopbatkan sebagai film biopik terlaris sepanjang masa setelah meraih pendapatan sebesar US$912,7 juta atau Rp14 triliun lebih, serta mendapat ulasan positif dari sejumlah kritikus film.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menelisik Ekshibisi Pranala Tersirat, Saat Karya Seni Dinikmati di Luar Galeri

BERIKUTNYA

Microsoft Hapus Wordpad di Versi Windows 11 Insider Build 26020

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: