Laga timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 (Sumber gambar: PSSI)

Daftar Peringkat Tiga Terbaik Sementara Piala Asia 2023, Cek Ranking Indonesia

20 January 2024   |   08:14 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia berhasil memetik hasil positif saat melawan Vietnam dalam lanjutan laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha,  duel klasik dua tim Asia tenggara ini berhasil dimenangi Indonesia dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan ini membuat skuad Garuda naik ke peringkat tiga klasemen sementara Grup D. Mengoleksi tiga poin dari dua laga yang telah dilalui, poin Indonesia kini sama dengan Jepang yang mengalami kekalahan ketika berjumpa dengan Irak.

Meski memiliki poin yang sama, Jepang lebih layak berada di posisi kedua karena tim Samurai Biru ungguh dalam hal selisih gol. Kendati demikian, naiknya posisi klasemen Indonesia telah membuka kembali kans untuk lolos ke babak 16 besar. 

Baca juga: 6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

Sebagai informasi, untuk bisa lolos ke babak 16 besar, ada dua cara yang bisa dipakai oleh tim-tim yang berlaga di Piala Asia. Cara pertama adalah dengan menjadi juara dan runner up grup masing-masing. Cara ini akan membuat sebuah tim bisa otomatis lolos ke babak 16 besar.

Cara kedua ialah dengan menjadi peringkat tiga terbaik. Hanya empat tim yang duduk di peringkat tiga terbaik yang bisa lolos. Cara ini memang terbilang lebih sulit karena sangat berpengaruh dari hasil yang didapat dari negara di grup lain.

Kendati demikian, dengan melihat posisi Indonesia saat ini, opsi lolos ke babak 16 besar dari tiket peringkat tiga terbaik menjadi salah satu yang paling rasional. Sejauh ini, setelah kemenangan atas Vietnam, kemungkinan untuk mengambil satu jatah tiket peringkat tiga terbaik kini masih sangat terbuka. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by #AsianCup2023 (@afcasiancup)


Hingga saat ini, Sabtu 20 Januari 2024, Timnas Indonesia bahkan duduk di ranking pertama untuk perebutan tiket peringkat ketiga terbaik. Skuad Garuda menjadi satu-satunya tim yang meraih tiga poin di peringkat tiga terbaik ini.

Adapun rival-rival lainnya, seperti Syria, Tajikistan, dan Palestina yang kini sama-sama berada di peringkat ketiga di grup masing-masing juga baru mengoleksi satu poin dari dua pertandingan yang telah dilalui.

Namun, posisi Indonesia masih belum aman. Sebab, pada laga kedua ini, Grup E dan Grup F belum bermain. Di dua grup tersebut, Oman dan Bahrain yang kini juga berada di peringkat ketiga masih punya peluang menyusul Indonesia.

Di sisi lain, pertandingan pada laga ketiga fase grup juga tak kalah menentukan. Tim yang menjaga konsistensilah yang akan bisa berdiri kokoh di puncak klasemen peringkat tiga terbaik.

Timnas indonesia pada laga terakhir akan bertanding dengan salah satu raja Asia saat ini, Jepang. Duel kedua tim akan berlangsung pada Rabu 24, Januari 2024. Berlangsung di Al Thumama Stadium, pertandingan ini akan jadi cukup krusial, terutama bagi Indonesia untuk menjaga posisi peringkat ketiga terbaiknya.

Kendati demikian, Timnas Jepang yang baru menelan kekalahan juga tentu tak ingin bermain aman. Tim Samurai Biru berpotensi tetap berani dalam permainan agar bisa menjaga posisi peringkat kedua atau juga membuka asa menjadi juara grup.

Berikut adalah Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023 (20/1/2024)
1. Indonesia = 3 poin
2. Syria = 1 poin
3. Tajikistan = = 1 poin
4. Palestina = 1 poin
-Batas Lolos-
5. Oman = 0 poin
6. Bahrain = 0 poin

Baca juga: Tak tanggung-tanggung, 8 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Serba-serbi Konser The Rose Jakarta, Rundown & Prediksi Setlist Dawn to Dusk

BERIKUTNYA

Pemukiman Setan, Suguhan Film Horor Baru Sutradara Charles Gozali Tayang 25 Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: