Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: instagram.com/timnas.indonesia)

2 Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos Piala Asia U-23 2024

11 September 2023   |   13:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim Nasional Indonesia U-23 tampil garang saat laga perdana Grup K pada ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia yang berhadapan dengan Timnas Chinese Taipei berhasil meraih kemenangan dan membuat peluang lolos ke Piala Asia U-23 2024 terbuka lebar.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Manahan Solo tersebut, Tim Asuhan Shin Tae Yong sangat mendominasi pertandingan. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bisa memainkan bola dengan bebas dan mengendalikan tempo permainan.

Hasilnya, Timnas Indonesia berhasil melesatkan lima gol pada babak pertama. Kelima gol tersebut dicetak oleh Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Rafael Struich, Witan Sulaeman, dan Rio Fahmi. Timnas Indonesia lalu menutup babak pertama dengan kemenangan 5-0.

Baca juga: Momen Selebrasi Gol Pratama Arhan di Kualifikasi Piala Asia U-23, dari Bentuk Huruf A hingga Tanda Love

Namun, kemenangan tersebut rupanya makin bertambah pada babak kedua. Elkan Baggott mencetak gol pada menit ke-56. Lalu, Marselino Ferdinan kembali mencetak gol keduanya. Hokky Caraka juga menyumbang gol pada menit ke-79. Gol Terakhir Indonesia dicetak oleh Arhan Pratama pada menit ke-85.

Dengan kemenangan ini, asa Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 pun makin besar. Saat ini, Timnas Indonesia berada di puncak klasemen dan bersaing ketat dengan Turmenistan. Indonesia menjadi peringkat pertama setelah unggul perolehan gol dibanding Turmenistan.

Meskipun demikian, babak kualifikasi belum berakhir. Tim Indonesia akan bertanding lagi melawan Turmenistan pada Selasa 12 September 2023. Pertandingan tersebut pun akan jadi titik penentu siapa yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Berikut adalah dua skenario besar yang bisa diambil jika Indonesia ingin lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.


1. Skenario Juara Grup

 

Untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia harus mampu menjadi juara grup. Sebab, ini adalah tiket yang menjanjikan kepastian dan tidak bergantung dengan hasil pertandingan dari grup lain.

Timnas Indonesia yang saat ini berada di puncak Grup K punya peluang besar merebut tiket tersebut. Sebab, saat ini Timnas Indonesia unggul selisih gol dibanding Timnas Turmenistan meski sebenarnya keduanya memiliki poin yang sama.

Dengan demikian, Timnas Indonesia cukup diuntungkan dengan selisih gol tersebut. Pratama Arhan dan kawan-kawan hanya perlu tidak kalah agar posisi puncak klasemen ini tidak tergeser.

Jika berhasil menang melawan Turkmenistan, tentu hasilnya akan lebih baik. Namun, jika pun tergelincir pada pertandingan pamungkas tersebut, setidaknya Indonesia harus menghindari kekalahan. Imbang masih lebih baik dibanding kalah.

Sebab, jika pertandingan berakhir dengan imbang, masing-masing tim akan mendapatkan tambahan satu poin saja. Lantaran Indonesia sudah unggul selisih gol, maka Tim Merah Putih-lah yang akan tetap menjadi juara Grup K dan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2024.


2. Skenario Runner Up Terbaik

 

Timnas Turkmenistan bukan tim yang mudah dikalahkan. Secara peringkat FIFA, Timnas Turkmenistan lebih unggul dibanding Indonesia. Oleh karena itu, segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Jika Timnas Indonesia mengalami kekalahan pada pertandingan ini, maka opsi paling memungkinkan untuk lolos putaran final Piala Asia U-23 2024 ialah dengan menjadi runner up terbaik. Namun, opsi ini penuh dengan ketidakpastian karena hasil pertandingan dari grup lain akan sangat berpengaruh.

Terlebih, hanya empat runner up terbaik dari Grup A-K yang akan diambil dan berhak melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Lalu, bagaimana dengan posisi Indonesia?

Bisa dibilang, sejauh ini posisi Indonesia jika harus terpaksa bersaing ke runner up terbaik masih cukup oke. Hingga hasil pertandingan pada Minggu (10/9), terlihat jumlah selisih gol para tim lain masih di bawah Indonesia.

Tiga besar runner up terbaik sementara ditempati oleh Kuwait, Turmenistan, dan Iran. Ketiga tim tersebut sama-sama mengoleksi empat gol. Adapun, posisi terakhir runner up terbaik ditempati Yaman dengan selisih dua gol saja.

Oleh karena itu, Jika Timnas Indonesia berada di posisi runner up terbaik, Garuda Muda masih punya peluang yang bagus. Meskipun demikian, hasil runner up terbaik ini masih sementara. Segala angka bisa berubah seiring dengan pertandingan lanjutan yang digelar.

Timnas Indonesia akan bertanding lagi melawan Turmenistan pada Selasa 12 September 2023. Pertandingan tersebut pun akan jadi titik penentuan yang penting.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Diputar di TIFF, The Boy and The Heron Jadi Karya Terakhir Hayao Miyazaki?

BERIKUTNYA

Waspada Penipuan Jelang Rilis iPhone 15, Begini Modusnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: