Pemukiman Setan akan tayang akhir Januari 2024 (Sumber gambar: Siaran Pers/ diolah)

5 Fakta Menarik Film Pemukiman Setan, Tayang di Bioskop Januari 2024

08 January 2024   |   13:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tren film bergenre horor tampaknya masih akan mewarnai 2024. Pada Januari ini saja setidaknya lebih dari 3 karya akan menghiasai layar bioskop di dalam negeri, salah satunya adalah Pemukiman Setan. Film garapan sutradara Charles Gozali itu memiliki sejumlah fakta menarik.

Film Pemukiman Setan bercerita tentang kisah mencekam seorang perempuan korban trauma kekerasan dalam sebuah keluarga bernama Alin. Himpitan ekonomi yang dialami membuatnya terpaksa mengikuti temannya melakukan kejahatan, yakni merampok sebuah rumah antik di sebuah perkampungan terpencil.  

Baca juga: Sinopsis Film Monster karya Sutradara Hirokazu Kore-eda, Tayang di Bioskop Indonesia

Maksud hati ingin mengambil barang-barang berharga di dalam rumah tersebut, dia bersama dengan teman-temannya justru berada dalam bahaya. Nyawa mereka terancam karena rumah yang menjadi sasaran untuk dirampok ternyata memiliki rahasia terkutuk yang tidak diketahui.

Kediaman yang menjadi target Alin dan teman-temannya ternyata adalah rumah titisan dukun ilmu hitam yang siap balas dendam. Saat masuk ke dalam rumah, mereka menemukan Sukma dalam kondisi yang mengerikan.

Tidak tega dengan keadaan Sukma, mereka berusaha menyelamatkannya. Namun, tindakan itu justru membuat nyawa mereka dalam bahaya. Sukma berubah menjadi makhluk mengerikan yang menyerang Alin dan kawan-kawannya.

Film Pemukiman Setan menjadi salah satu film horor yang akan tayang pada awal tahun ini. Selain bakal memberikan sensasi kengerian dan keseruan, karya ini juga memiliki sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui oleh Genhype sebelum menyaksikannya.


1. Karya Charles Gozali

Film Pemukiman Setan mendapatkan arahan dari sutradara Charles Gozali yang memulai kariernya dalam industri hiburan Tanah Air pada 1993 sebagai asisten sutradara, asisten koreografi pertarungan, editor, hingga menjadi  stuntman.  

Dia tercatat telah mengarahkan sejumlah film. Salah satunya adalah karya berjudul Qodrat yang masuk dalam sejumlah nominasi dan memenangkan ajang penghargaan. Sang sutradara berhasil membawa pulang piala Festival Film Bandung kategori Sutradara Terpuji melalui karya tersebut.


2. Bahasa Jawa

Fakta menarik lain film Pemukiman Setan yang akan tayang pada akhir Januari 2024 di bioskop ini adalah penggunaan Bahasa Jawa, selain Bahasa Indonesia. Para penonton akan mendapatkan suguhan dialog antara pemain dengan sisipan menggunakan Bahasa Jawa dalam beberapa adegan. Meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir tentang alur ceritanya.


3. Pertama kali tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2023

Meskipun baru akan rilis pada akhir Januari tahun ini, Pemukiman Setan sebenarnya pernah tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada 2023. Penayangan di festival tersebut merupakan yang pertama kalinya.

Pada saat itu, Pemukiman Setan tayang pada 1 Desember 2023 pukul 23.10 WIB atau tengah malam. Sejumlah penontonnya mengaku karya tersebut sangat menyeramkan dan memiliki sinematografi yang apik.


4. Pengalaman berbeda dari film horor lainnya

Sutradara Charles Gozali pernah mengatakan bahwa Pemukiman Setan akan menjadi sebuah film horor yang memberikan pengalaman unik dan berbeda dari film serupa. Karya ini merupakan hasil eksplorasi diri dan timnya terhadap genre horor yang hadir sebagai tontonan yang tidak membosankan.

Selain menyuguhkan cerita dan tampilan yang mengerikan, Pemukian Setan juga akan memberikan penampilan aksi yang seru untuk ditonton.


5. Film kedua aktris Maudy Effrosina di Magma Entertainment

Salah satu pemeran utama dalam Pemukiman Setan adalah dara cantik bernama Muady Effrosina. Bagi wanita yang lahir pada 1995 itu, karya ini menjadi film kedua bersama rumah produksi Magma Entertainment.

Baca juga: Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Januari 2024

Sebelumnya, Maudy ikut terlibat dalam karya produksi Magma Entertainment dalam film berjudul Qodrat yang juga bergenre horor. Pada saat itu, dia memerankan karakter bernama Asha.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Review Film Society of the Snow, Kisah Nyata Tragedi Jatuhnya Penerbangan 571 Uruguay

BERIKUTNYA

Robert Downey Jr Menangkan Penghargaan Golden Globe untuk Oppenheimer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: