Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss (Sumber Gambar : IMDb)

Robert Downey Jr Menangkan Penghargaan Golden Globe untuk Oppenheimer

08 January 2024   |   15:03 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Pada acara Golden Globe Awards 2024 pada Minggu malam (7/1/24), Robert Downey Jr memenangkan penghargaan kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam sebuah Film. Aktor berusia 58 tahun ini menerima penghargaan atas perannya sebagai Lewis Strauss dalam film Box Office Oppenheimer karya Christoper Nolan.

Meskipun Downey memang pantas menang, hal itu tidak menjadi jaminan kemenangannya mengingat ketatnya persaingan yang dihadapi. Dia melawan Willem Dafoe dan Mark Ruffalo untuk Poor Things; Robert De Niro untuk Killers of the Flower Moon; Ryan Gosling untuk Barbie; Charles Melton untuk Mei Desember. 

Baca juga: Cek Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan Golden Globe 2024, Oppenheimer Borong 5 Trofi

Robert Downey Jr. membuka pidato kemenangannya dengan bercanda bahwa dia telah memakai beta blocker untuk memudahkannya berpidato, Downey Jr. melanjutkan dengan memuji rekan-rekannya di Oppenheimer. Dirinya mengatakan kemenangannya tidak lain dikarenakan sebagai aktor dia terus berkembang.

"Cerita besar mengenai dilema etika senjata nuklir menghasilkan pendapatan kotor sebesar $1 miliar, apakah itu benar? Tidak," kata Downey dalam pidato kemenangannya. "Tetapi, karena Universal [Studio] mengerahkan seluruh kemampuannya pada Christopher Nolan untuk mengarahkan Cillian Murphy. Lalu Emma Thomas sebagai produser, Emily [Blunt], dan Florence [Pugh], serta para pemain dan kru ini, yang membantu mereka menghasilkan mahakarya luar biasa," tutupnya.
 

Pencapaian Karier Robert Downey Jr

 

Sampai saat ini Robert Downey Jr telah menyabet 5 penghargaan dari Golden Globe, kali pertama Downey untuk Golden Globe adalah ketika dirinya memainkan peran utama dalam film Chaplin pada 1993. Dia kemudian memenangkan Golden Globe sebagai bagian dari pemeran film Short Cuts pada 1994 sebelum memenangkan Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya dalam serial TV, Ally McBeal.

Setelah nominasi lain untuk Tropic Thunder, Downey memenangkan solo keduanya Golden Globe dengan Sherlock Holmes pada 2010. Downey, aktor terkenal, sebelumnya juga dinominasikan untuk Academy Awards untuk perannya dalam Chaplin dan Tropic Thunder.

Golden Globe Awards adalah penghargaan tahunan yang dipersembahkan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA) untuk menghormati seniman dan profesionalitasnya atas karya mereka di film dan televisi Amerika dan internasional. 

Downey sangat populer karena perannya yang termasuk lama sebagai Tony Stark/Iron Man di Marvel Cinematic Universe Waralaba The Avangers. Meskipun Downey tampaknya mengakhiri peran tersebut di Avengers: Endgame pada 2019, ada rumor bahwa aktor tersebut berpotensi mengulangi perannya dalam film Avengers baru.

Itu termasuk kemungkinan kemunculannya di Avengers: Secret Wars, atau film Avengers yang dikabarkan akan menyatukan kembali tim aslinya. Tak satu pun dari hal ini yang dikonfirmasi secara resmi oleh Marvel Studios, namun rumor tersebut tetap menimbulkan banyak kegembiraan dan diskusi dengan para penggemar Marvel.

Genhype dapat menyaksikan Robert Downey Jr sebagai Lewis Strauss lewat flm Oppenheimer yang sudah rilis pada layanan streaming Prime Video.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Film Pemukiman Setan, Tayang di Bioskop Januari 2024

BERIKUTNYA

Peringatan WHO soal Bahaya Laten di Balik Candu Vape Anak-anak Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: