Rich Brian. (Sumber gambar: Rich Brian Official Instagram)

Rich Brian, NIKI Hingga Voice of Baceprot Viral Disebut Dalam Debat Capres

08 January 2024   |   09:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama tiga musisi muda asal Indonesia yakni Rich Brian, NIKI, dan Voice of Baceprot mendadak menjadi perbincangan publik di media sosial. Ketiganya menjadi perbincangan setelah calon presiden nomor urut 3 menyebut mereka dalam debat capres pada Minggu (7/1/2024) malam di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam orasinya, Ganjar menyebut bahwa Rich Brian, NIKI, dan Voice of Baceprot (VoB) bisa menjadi diplomat negara dengan prestasi mereka di kancah dunia, yang didorong dengan konsep viralisme sebagai buah dari perkembangan teknologi digital saat ini. 

Baca juga: Kakak Rich Brian Roy CDC Resmi Gabung Weird Genius Setelah Gerald Liu Hengkang

"NIKI, Rich Brian, Karina, dan Voice of Baceprot yang mendunia, kalau kita fasilitasi, promosikan, dan viralkan, maka merekalah yang akan bisa mendapatkan keuntungan sekaligus menjadi diplomat Indonesia," kata Ganjar.

Lantas, siapa sebenarnya ketiga musisi tersebut? Berikut adalah profil singkat dari Rich Brian, NIKI, dan Voice of Baceprot.


1. Rich Brian

 


Rich Brian adalah rapper sekaligus penulis lagu asal Indonesia yang berkarier di Amerika Serikat. Musisi berusia 22 tahun itu mengukir sejarah sebagai salah satu musisi Indonesia pertama yang tampil di festival musik bergengsi dunia, Coachella 2022. Namanya dikenal lewat single Dat $tick yang dirilis pada 2016 melalui kanal YouTube miliknya. 

Meski dibuat dari rumahnya sendiri, lagu Dat $tick sangat populer hingga ditonton lebih dari 199 juta viewers hingga saat ini. Lagu itu juga mengantongi penghargaan dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA). Sejak saat itu, Rich Brian pun semakin sering meluncurkan karya-karya musiknya. Dia juga telah bekerja sama dengan sederet musisi internasional seperti Diplo, Pharrell Williams, Ghostface Killah dan RZA (Wu-Tang Clan), Pouya, Skrillex, Zhu, bbno$ dan THEY.

Sejak 2017 sampai saat ini, musisi pemilik nama asli Brian Imanuel Soewarno itu bergabung dengan 88rising, kolektif musik tempat bergabungnya sejumlah musisi hip-hop yang berasal dari Asia seperti Joji, NIKI, dan Keith Ape. Dengan 88rising, karier musisi berusia 24 tahun itu pun terus melambung di kancah internasional.

Pada 2018 lalu, nama Rich Brian berhasil masuk dalam list 30 Under 30 Asia versi Forbes. Brian sukses masuk dalam daftar apresiasi bergengsi bagi generasi muda di bawah usia 30 tahun itu berkat kariernya yang  melejit serta memberi pengaruh bagi sekitarnya.

Pria yang sempat masuk nominasi Top Social Artist of the Year dari Billboard Indonesia Music Awards ini juga telah mengumpulkan pundi kekayaan di usianya yang masih terbilang muda. Per 2020 lalu, dia memiliki total kekayaan bersih yang ditaksir mencapai US$1 juta.


2. NIKI

 


Niki Zefanya atau NIKI adalah musisi asal Indonesia yang kini berkarier di Amerika Serikat. Namanya sempat menjadi perbincangan publik setelah mencetak sejarah sebagai penyanyi perempuan Indonesia pertama yang tampil di festival musik bergengsi Coachella ada April 2022.

NIKI yang kala itu masih memakai nama aslinya, Nicole Zefanya, mengawali kariernya dengan tampil di acara musik Dahsyat pada 2012 silam. Kala itu, NIKI tampil berduet dengan Gavin MJ menyanyikan lagu berjudul Suka Kamu yang dipopulerkan Gavin MJ.

Pada 2014, penyanyi kelahiran 24 Januari 1999 itu akhirnya merilis lagu pertamanya berjudul Awali Hari dengan Cinta. Dua tahun berselang, dia merilis lagu keduanya berjudul Polaroid Boy. Pada tahun yang sama, NIKI juga pernah menjadi penyanyi pembuka di konser Taylor Swift bertajuk The Red Tour di Jakarta. Kala itu, NIKI berhasil memenangkan kompetisi bernyanyi Cornetto Road to Fame.

Setelah itu, NIKI memutuskan untuk pindah ke Nashville, Amerika Serikat, untuk melanjutkan pendidikan seni musik di salah satu universitas di sana pada 2017. Dari situlah NIKI akhirnya bertemu dengan Rich Brian yang kala itu telah lebih dulu bergabung dengan label asal AS 88rising. NIKI pun akhirnya bergabung dengan label tersebut setelah diajak oleh Rich Brian, dan meluncurkan debut single di bawah naungan 88rising berjudul See u Never, Chilly dan I Like U pada 2017.

Namanya kian dikenal saat dia merilis single Lowkey pada 2019. Belum lama ini, NIKI baru saja merampungkan tur dunianya bertajuk Nicole NIKI World Tour 2023 di sejumlah negara seperti Amerika, Thailand, Singapura, Australia, Filipina, London, Inggris, Belanda, termasuk Indonesia.


3. Voice of Baceprot

 


Voice of Baceprot (VoB) adalah grup metal yang digawangi tiga perempuan asal Garut, Jawa Barat, yakni Firda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass) dan Euis Siti Aisyah (drum). Band yang berdiri pada 2014 ini terbentuk saat ketiganya masih duduk di bangku sekolah Madrasah Tsanawiyah Al Baqiyatussolihat di Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Berawal dari mengcover lagu-lagu band metal papan atas, VoB  telah merilis beberapa karya musik seperti single School Revolution (2018), God Allow Me (Please) To Play Music (2021), dan album EP bertajuk The Other SIde of Metalism (2021) yang di dalamnya memuat beberapa single seperti You’ll Never Walk Alone, The Enemy, Age Oriented (Let’s Be Old), Rumah Tanah Tidak Dijual, Jalan Kebenaran, dan The Enemy of Earth is You.

Bukan sekadar musiknya yang keras, VoB juga menyuarakan kritiknya lewat lagu-lagu yang mereka bawakan. Misalnya pada lagu debut mereka yang berjudul School Revolution, mereka mengkritik sistem pendidikan di Indonesia. Mereka juga menyuarakan tentang bahaya perubahan iklim dalam lagu The Enemy of Earth is You. Mereka juga turut menyuarakan hak-hak kesetaraan gender pada single PMS (Perempuan Merdeka Seutuhnya).

VoB telah melenggang di panggung-panggung internasional. Mereka pernah tampil di acara WOW (Women of the World) WOW Sounds Festival di Inggris dan Global Just Recovery Gathering 2021. Bahkan, mereka juga tampil di festival musik metal terbesar di dunia yang dihelat di Jerman yakni Wacken Open Air pada Agustus 2022. VoB tampil sepanggung bersama musisi terkenal seperti Slipknot, Limp Bizkit, Judas Priest dan As I Lay Dying. 

Baca juga: Meski Sering Ditentang, Voice of Baceprot Tak Urung Geluti Musik Metal

VoB belum lama ini baru saja merampungkan tur konsernya di Amerika berjudul Retas yang berlangsung pada 3-19 Agustus 2023. Termasuk, menjadi bintang tamu di tur konser band metal The Hu bertajuk Warrios Souls US Tour 2023, dan pengisi di konser Head in the Clouds di Los Angeles, AS.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Christian Oliver, Aktor Film Speed Racer yang Tewas Akibat Kecelakaan Pesawat

BERIKUTNYA

Ariana Grande Rilis Lagu Yes, And? pada 12 Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: