Ariana Grande. (Sumber gambar: Ariana Grande Official Instagram)

Ariana Grande Rilis Lagu Yes, And? pada 12 Januari 2024

08 January 2024   |   10:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lama tak merilis karya baru, Ariana Grande memberi kejutan untuk penggemarnya di awal tahun ini. Penyanyi asal Amerika Serikat itu mengumumkan akan merilis single anyar bertajuk Yes, And? pada 12 Januari 2024. Kabar tersebut dibagikan oleh Grande melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu (7/1/2024).

Grande tampak mengunggah sebuah potret close-up wajah dirinya yang blur atau kabur, dengan lipstik merah menyala pada bibirnya. Pada bagian caption atau keterangan, pelantun lagu Almost is Never Enough itu menuliskan "Yes, And? 1.12". Dia juga menandai akun produser Ilya Salmanzadeh, label Republic Records, dan direktur kreatif Katia Temkin. 

Baca juga: Ariana Grande Berikan Donasi Senilai Rp71 Miliar untuk Terapi Gratis

Informasi perilisan lagu baru itu diumumkan Grande dua minggu setelah sang penyanyi menggoda penggemar dengan pengumuman rencana peluncuran album anyar. Pada 27 Desember 2023, solois berusia 30 tahun itu mengunggah beberapa foto di akun Instagram pribadinya yang menjadi tanda kembalinya Grande ke belantika musik setelah beberapa tahun hiatus.
 


Foto-foto tersebut terdiri dari momen kebersamaannya dengan para Arianators-sebutan penggemar Grande, potret dirinya di studio rekaman bersama produser Ilya Salmanzadeh, hingga foto sebuah ruangan yang disinyalir merupakan lokasi syuting video klip karya terbarunya. "Sampai jumpa tahun depan [2024]," tulis Grande dalam keterangan unggahannya itu.

Unggahan tersebut menjadi sinyal kuat bahwa Grande bakal merilis album ketujuhnya pada tahun ini, dan lagu Yes, And? yang akan diluncurkannya pada 12 Januari 2024 kemungkinan besar bakal menjadi single utama dari album tersebut. Kabar itupun disambut riuh oleh Arianators di seluruh dunia. Dalam kolom komentar, banyak dari mereka yang mengaku tak sabar menantikan karya terbaru dari sang idola.

Kabar perilisan lagu You, And? menjadi momentum kembalinya Grande ke dunia musik, setelah hiatus selama beberapa tahun. Penyanyi pemilik nama asli Ariana Grande Butera itu dalam beberapa tahun terakhi memilih untuk fokus mengelola bisnis kosmetiknya, REM Beauty, serta membintangi adaptasi live-action dari musikal Broadway berjudul Wicked. Dalam proyek itu, dia berperan sebagai Glinda.
 


Diketahui, Grande tercatat belum merilis karya baru lagi sejak meluncurkan album Positions pada 2020 lalu. Positions adalah album keenamnya yang dirilis pada 30 Oktober 2020 di bawah label Republic Records, dan bekerja sama dengan sejumlah produser seperti Tommy Brown, Anthony M. Jones, London on da Track, Murda Beatz, the Rascals, Scott Storch, Shea Taylor dan Charles Anderson.

Album tersebut terdiri dari 14 lagu yakni Shut Up, 34+35, Motive feat. Doja Cat, Just like Magic, Off the Table feat. The Weeknd, Six Thirty, Safety Net feat. Ty Dolla Sign, My Hair, Nasty, West Side, Love Language, Positions, Obvious, dan POV.

Dari segi aransemen musik, album Positions lebih mengeksplorasi genre R&B dan trap-pop di bandingkan album sebelumnya, Sweetener (2018) dan Thank U, Next (2019), dengan memasukkan elemen hip hop, neo soul dan funk. Sementara dari segi lirik, Grande banyak membicarakan tema-tema seputar seks dan romansa.

Single utama album tersebut, Positions, dirilis seminggu sebelum peluncuran album. Lagu ini memulai debutnya di puncak Billboard Hot 100, dan menjadikannya sebagai lagu kelima Grande yang menjadi nomor satu di tangga lagu Amerika Serikat.

Selain itu, lagu ini juga menandai puncak tangga lagu ketiganya pada tahun 2020, dan menjadikannya satu-satunya artis dengan lima debut nomor satu di Billboard. Menyusul perilisan album, semua dari 14 lagu memasuki chart secara bersamaan di Hot 100, dengan single kedua, "34+35" mencapai nomor delapan.

Album Positions debut di nomor satu chart Billboard 200 A.S. dengan 174.000 unit album yang terjual. Perolehan itu mencakup 42.000 penjualan murni, dan menjadikan album nomor satu kelima Grande di AS. Sementara di negara lain, album ini mencapai posisi teratas seperti di Argentina, Kanada, Irlandia, Lituania, Selandia Baru, Norwegia dan Inggris. 

Baca juga: Konser Musik dengan Teknologi AI dan Metaverse Kian Marak, dari Ariana Grande hingga Glenn Fredly

Sementara itu, Grande baru-baru ini juga menandatangani kontrak dengan Brandon Creed dan firma barunya, Good World Management. Hal ini terjadi beberapa bulan setelah penyanyi tersebut dikabarkan telah meninggalkan manajer lamanya, Scooter Braun. Selain Grande, sejumlah penyanyi seperti Demi Lovato, Troye Sivan, Charli XCX, Orville Peck, Mark Ronson dan mantan penyanyi Fifth Harmony, Normani, juga meninggalkan Scooter.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rich Brian, NIKI Hingga Voice of Baceprot Viral Disebut Dalam Debat Capres

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995, Tayang di Bioskop 11 Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: