Jakarta Fashion Week 2024. (Sumber Foto: JIBI/Hypeabis/Suselo Jati)

Kaleidoskop 2023: Ajang Fashion Show Terbesar di Indonesia Sepanjang 2023

31 December 2023   |   20:37 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah ajang fashion show besar di Indonesia yang digelar sepanjang 2023 mewarnai industri mode tanah air yang setiap tahunnya berprogres dengan baik. Panggung mode megah mampu mempertemukan para pelaku mode mulai dari desainer, model, penata rias & busana, serta para pelaku industri kreatif lainnya.

Setiap tahunnya pekan mode sukses menciptakan tren berbusana yang akan menentukan arah perkembangan mode kedepannya. Penggunaan wastra nusantara sebagai indentitas budaya Indonesia juga kembali dipopulerkan. Tangan-tangan kreatif para desainer membuat busana berbalut wastra terlihat trendi dan modern sehingga dilirik pasar global.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Daftar Produk Kecantikan Berbahaya yang Ditarik BPOM Sepanjang Tahun

Hypeabis telah merangkum sejumlah ajang fashion show tanah air terbesar yang dihelat sepanjang 2023. Simak beberapa di antaranya! 
 

1. Jakarta Fashion Week (JFW)


Pekan mode Jakarta kembali hadir tahun ini dengan nama Jakarta Fashion Week (JFW) 2024. Kali ini mengusung tema Fashion Continuum: Bridging Generations yang menyatukan berbagai industri kreatif dan pelaku mode lintas generasi, dalam satu panggung penuh gaya dan inspirasi.

Pada gelarannya yang ke-16, JFW digelar di City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan selama 23-29 Oktober 2023. Sebanyak 120 perancang busana terbaik nasional dan internasional yang akan tampil dalam 34 show.

Sejumlah jenama lokal yang berpartisipasi di antaranya ada Oscar Lawalata Culture, Albert Yanuar, Ivan Gunawan, Sejauh Mata Memandang, Danjyo Hiyoji, Bin House, Hian Tjen, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan  perancang mode internasional juga turut meramaikan runway JFW 2024. Mereka adalah Vegan Tiger, LIE by Lee Chung Chung dari Korea Selatan serta Wa-ring dan Yanggurdi dari Australia. 
 

2. Indonesia Fashion Week (IFW)

 

Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 dihelat pada 22-26 Februari 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Gelaran mode terbesar se-Indonesia ini mengusung tema Sagara dari Timur dengan meng-highlight keindahan wastra Nusantara dari Gorontalo yakni Sulam Karawo

Poppy Dharsono selaku Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) memaparkan bahwa di tahun ke sepuluhnya, IFW semakin memperkuat posisinya sebagai rumah untuk para desainer daerah untuk memamerkan dan meningkatkan kualitasnya. Di samping itu juga diharapkan dapat memberikan pasar kepada industri kreatif daerah yang umumnya adalah UKM.

Sebanyak 300 lebih desainer muda menampilkan busana dari wastra nusantara. Setidaknya dalam sehari ada 3-4 fashion show, press conference, trunkshow, dan talkshow yang digelar.
 

3. Jakarta Fashion Food Festival (JF3)

 

Jakarta Fashion Food Festival (JF3) 2023 digelar di dua kota yakni pada 17 - 19 Juli 2023 di Summarecon Mall Serpong (SMS) dan pada 21 - 26 Juli 2023 di Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG). Tahun ini, JF3 menyerukan gerakan #JF3PowerToEmpower dengan tujuan mendorong pemberdayaan bisnis di industri mode Indonesia secara berkelanjutan.

Ajang ini melibatkan total 59 desainer terkemuka dan brand kebanggaan Indonesia, serta para desainer dari Prancis. Selain itu ada juga acara JF3 Fashion Village yang menghadirkan beragam produk menarik dari 84 brand lokal, mulai dari produk wastra Nusantara seperti kain tenun dan batik, hingga produk siap pakai yang sesuai dengan tren terkini.


4. Spotlight Indonesia

 

Spotlight Indonesia persembahan Indonesia Fashion Chamber (IFC) tahun ini mengangkat tema Culture: Then and Now, Spotlight Indonesia 2023 resmi digelar pada 16-18 November 2023 di Pos Bloc Jakarta. Ajang ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi global untuk produk busana siap pakai (ready-to-wear) berbasis konsep berkelanjutan (sustainability).

Dari tahun ke tahun, Spotlight Indonesia secara konsisten memperkenalkan penggunaan wastra, budaya, dan sumber daya lokal serta pengerjaan tangan (handmade), serta mendukung terwujudnya industri fesyen berlandaskan sustainability (berkelanjutan) untuk bumi yang lebih baik.

Spotlight Indonesia 2023 menghadirkan lebih dari 100 Desainer dan jenama kebangaan Tanah Air  Kegiatannya meliputi fashion show, exhibition, instalasi sustainable fashion, talkshow, dan workshop.
 

5. Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF)

 

Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023 berlangsung pada 25–29 Oktober 2023 di Cendrawasih dan Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Ajang ini menampilkan 174 desainer Indonesia dan Internasional dalam tema Sustainable Modest Fashion Indonesia Melalui Wastra Indonesia. 

Momentum puncak dengan mengangkat kearifan lokal busana modest fashion yang menggunakan wastra dan kain lokal Indonesia. IN2MF 2023 akan menghadirkan rangkaian kegiatan fashion show, pameran dagang berstandar internasional, talkshow, dan business matching.

Tak kalah menariknya ada lebih dari 200 jenama dalam fashion exhibition yang memperlihatkan beragam produk busana modest Indonesia, meliputi kategori ready to wear deluxe & street wear, office wear & cocktail wear (semi formal), dan syar'i evening wear (baju pesta/formal).
 

6. Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW)

 

Jakarta Muslim Fashion Week 2023 berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten, tepatnya pada 20–22 Oktober 2022 bersamaan dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022.

Kegiatannya terdiri dari pergelaran busana (fashion show), penjajakan kesepakatan dagang (business matching), dan gelar wicara (talkshow) yang akan menampilkan sekitar 1.000 koleksi dari 144 desainer kebanggan tanah air.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Acara Tahun Baru Malam Muda Mudi Jakarta Digelar Malam Ini, Cek Agenda Serunya Yuk Genhype!

BERIKUTNYA

LRT, KRL & MRT Tambah Perjalanan dan Jam Operasional pada Malam Tahun Baru 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: