LRT Jabodebek. (Sumber foto : KAI)

LRT, KRL & MRT Tambah Perjalanan dan Jam Operasional pada Malam Tahun Baru 2024

31 December 2023   |   20:52 WIB
Image
Puput Ady Sukarno Content Manager Hypeabis.id

Masyarakat Jabodetabek yang hendak merayakan malam tahun baru 2024 di Jakarta dan sekitarnya dapat memanfaatkan transportasi umum daripada terjebak di tengah kemacetan dengan kendaraan pribadi. Terlebih sejumlah transportasi umum utama melakukan penambahan frekuensi perjalanan dan jam operasionalnya.

Sejumlah transportasi umum yang menambah frekuensi perjalanan dan jam operasional mereka di malam tahun baru 2024 tersebut antara lain LRT Jabodebek, KRL Jabodetabek, dan MRT Jakarta.

KAI menambah perjalanan dan memperpanjang waktu operasional LRT Jabodebek, jelang malam pergantian tahun pada Minggu (31/12/2023). Penambahan sebanyak 32 perjalanan dan perpanjangan waktu operasional hingga pukul 02.00 WIB ini dilakukan guna meningkatkan layanan kepada para pengguna.

Baca juga: Acara Tahun Baru Malam Muda Mudi Jakarta Digelar Malam Ini, Cek Agenda Serunya Yuk Genhype!

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono mengatakan penyesuaian ini dilakukan melihat animo dan tren jumlah pengguna LRT Jabodebek yang mengalami peningkatan pada masa libur Natal hingga saat ini.

"Pada libur Natal kemarin, terdapat kenaikan rata-rata harian pengguna LRT Jabodebek, sehingga kami putuskan untuk melakukan penyesuaian jadwal dan waktu operasional pada hari ini," ujar Mahendro, seperti dikutip, Minggu (31/12/2023).

Mahendro menambahkan, dengan penyesuaian operasional ini pihaknya memperkirakan jumlah pengguna LRT Jabodebek bisa mencapai 50.000 orang pada hari ini. Langkah-langkah mengantisipasi lonjakan pengguna seperti penambahan personel baik itu dari sisi pelayanan dan keamanan serta fasilitas di stasiun juga telah disiapkan.

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, KAI mengimbau kepada para pengguna LRT Jabodebek untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun di dalam perjalanan.

Bagi para pengguna yang hendak berpergian menggunakan LRT Jabodebek pada malam pergantian tahun dilarang membawa barang atau benda yang mudah terbakar seperti petasan, kembang api, dan benda lainnya yang mudah terbakar. Bagi pengguna yang kedapatan membawa benda-benda tersebut, sesuai aturan akan disita oleh petugas.

Selain LRT Jabodebek, PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter juga akan menambah 24 perjalanan KRL Jabodetabek pada malam perayaan tahun baru, Minggu (31/12/2023). 

Anne Purba, Corporate Secretary KAI Commuter menjelaskan pembagian perjalanan tambahan tersebut adalah 8 perjalanan untuk lintas Bogor, 6 perjalanan untuk lintas Bekasi. Kemudian, ada 4 perjalanan tambahan masing-masing untuk lintas Rangkasbitung dan lintas Tanjung Priok. 

Sementara itu, lintas Tangerang akan mendapatkan 2 jadwal perjalanan tambahan. Anne menuturkan, penambahan jadwal ini akan memperpanjang jam operasional KRL Jabodetabek hingga pukul 03.00 WIB.

“KAI Commuter akan menambah pelayanan perjalanan commuter line dengan total sebanyak 24 perjalanan di wilayah Jabodetabek hingga pukul 03.00 WIB pada 1 Januari 2024,” jelas Anne dalam keterangan resminya.

Selain menambah perjalanan KRL Jabodetabek, untuk layanan pengguna pada malam pergantian tahun KAI Commuter juga akan tetap menyiagakan petugas pelayanan, kebersihan, dan pengamanan hingga jadwal perjalanan terakhir.  Demi keamanan dan kenyamanan bersama, KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna commuterline untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun di dalam perjalanan commuterline.

Selain itu, dalam rangka mendukung kemeriahan Festival Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global 2024, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan memberlakukan jadwal operasi khusus, yaitu pada 31 Desember 2023, jam operasional dimulai pada pukul 06.00 WIB dan berakhir pada 1 Januari 2023 pada pukul 02.00 WIB. 

Selang waktu keberangkatan kereta setiap 10 menit untuk jadwal pukul 06.00—00.00 WIB dan setiap lima menit mulai dari pukul 00.00—01.00 WIB dan setiap 10 menit mulai dari pukul 01.00 WIB hingga 02.00 WIB. 

Kereta terakhir dari Stasiun Lebak Bulus Grab menuju Stasiun Bundaran HI pada pukul 01.10 WIB dan kereta terakhir dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Lebak Bulus Grab pada pukul 01.31 WIB. Pola operasi ini hanya berlaku pada Malam Tahun Baru 2024.

Perubahan pola operasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0180 Tahun 2023 tentang Penugasan Kepada PT MRT Jakarta dan PT LRT Jakarta untuk Penyediaan Layanan Perkeretaapian Pendukung Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global Tahun Baru 2024.

Pola operasi untuk hari selanjutnya akan kembali menggunakan jadwal operasional normal, yaitu Senin—Jumat mulai pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta setiap lima menit pada waktu sibuk (07.00—09.00 dan 17.00—19.00) dan Sabtu—Minggu mulai pukul 06.00 hingga 24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta 10 menit.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kaleidoskop 2023: Ajang Fashion Show Terbesar di Indonesia Sepanjang 2023

BERIKUTNYA

Warga Jakarta Merapat Kuy ke Bundaran HI, Ada Ragam Pertunjukan Tahun Baru Kelas Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: