Drama Korea Moving (Sumber Foto: Imdb)

Kaleidoskop 2023: Drama Korea dengan Rating Tinggi Sepanjang Tahun

29 December 2023   |   21:22 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sepanjang 2023, sineas perfilman Korea Selatan menyuguhkan beragam tayangan serial drama yang dibintangi jajaran aktor dan aktris kelas atas maupun pendatang baru berbakat. Sejumlah judul drama Korea tersebut bahkan viral di media sosial sampai mencetak rating tinggi di ImDb (Internet Movie Database).

Serial drama tahun ini diwarnai dengam beragam genre, mulai dari romansa, aksi, thriller, time travel, sejarah, sampai kesehatan mental. Semuanya dikemas dengan plot cerita menarik dan visualisasi memukau yang menghibur dan menginspirasi para penonton di rumah.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Ini Debut Grup Band yang Meramaikan Industri Musik K-Pop Sepanjang 2023

Hypeabis telah merangkum sejumlah drama Korea yang mencetak rating tinggi di ImDb sepanjang 2023, yuk simak beberapa di antaranya!
 

1. Tell Me That You Love Me

 

 Tell Me That You Love Me. (Sumber foto: Disney+ Hotstar)

Tell Me That You Love Me. (Sumber foto: Disney+ Hotstar)

Tell Me That You Love Me merupakan remake dari serial televisi Jepang berjudul Aishiteiru to Itte Kure (1995). Serial drama ini tayang perdana di ENA TV dan platform streaming Disney+ Hotstar pada 27 November 2023, setiap Senin dan Selasa pukul 21:00. Tayangan ini mencetak rating 9,3 di ImDb.

Sinopsisnya mengisahkan tentang seorang pelukis berbakat bernama Cha Jin-woo (Jung Woo-sung) yang memiliki masalah pendengaran sejak kecil. Jin-woo menggunakan bahasa isyarat seperlunya, dia menyukai dunianya yang sunyi dan sebisa mungkin menghindari orang banyak.

Suatu hari Jin-woo bertemu Jung Mo-eun (Shin Hyun-been), seorang aktris yang memiliki kepribadian optimis. Kebalikannya dari Jin-woo, Mo-eun lebih suka berbicara untuk mengekspresikan perasaannya. Pertemuan tersebut membuat mereka mempelajari kepribadian satu sama lain dan saling menghargai perbedaan masing-masing.
 

2. Deaths Game

Death's Game diadaptasi dari web comic Naver berjudul sama karya Lee Won-sik dan Ggulcha. Serial drama ini mencuri perhatian karena dibintangi banyak aktor dan aktris papan atas Korea, seperti Seo In Guk, Park Soo Dam, Go Yoon Jung, Kim Ji Hoon, Choi Siwon, Sung Hoon, Kim Kang Hoon, Jang Seung Jo, Lee Jae Wook, Lee Do Hyun, Kim Jae Wook, dan Oh Jung Se.

Episode pertama Death's Game tayang perdana di di TVING pada 15 Desember 2023 setiap Jumat. Sepanjang penayangannya drama ini sukses mencetak rating 9,1. Sinopsisnya mengisahkan tentang Choi Yi Jae, seorang laki-laki di usia 30-an yang baru saja kehilangan pekerjaan dan ditinggal kekasihnya.

Merasa gagal dalam hidupnya, Choi Yi Jae memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan terjun dari apartemennya. Sebelum bunuh diri, dia menulis surat yang berisi "kematian hanyalah hal tidak penting yang membantuku lepas dari semua rasa sakit ini".

Ternyata surat Choi Yi Jae menyinggung Death, sang kematian. Akhirnya, Death membalas hinaan Choi Yi Jae lewat sebuah permainan yang memuatnya menjalani kehidupan berbeda-beda dan mati sebanyak 13 kali. Bisakah Choi Yi Jae memenangkan permainan tersebut?
 

3. Twinkling Watermelon 

 

Twinkling Watermelon. (Sumber foto: TVN)

Twinkling Watermelon. (Sumber foto: TVN)

Twinkling Watermelon tayang perdana pada 25 September 2023 di tvN dan platform streaming VIU setiap Senin dan Selasa. Tayangan ini mendapatkan rating 9.0 di ImDb. Sinopsisnya mengisahkan tentang Ha Eun Gyol (Ryeoun), anak yang tumbuh dari keluarga tunarungu. Ayah, ibu, dan kakaknya merupakan penyandang disabilitas yang tidak mampu mendengar dan berbicara. Komunikasi mereka sehari-harinya menggunakan bahasa isyarat.

Ha Eun Gyol merupakan siswa yang sangat cerdas, keluarganya berharap dia bisa masuk sekolah kedokteran. Namun, diam-diam dia memiliki bakat luar biasa di bidang musik, khususnya Gitar. Eun Gyeol pun bergabung dengan sebuah band, lalu ketahuan oleh ayahnya.

Terjadilah pertengkaran hebat, Eun Gyeol ahirnya menyerah pada mimpinya dan memutuskan untuk menjual gitar. Saat itu dia menemukan toko musik misterius bernama Viva La Vida. Menariknya saat keluar dari toko tersebut, Eun Gyeol melakukan perjalanan waktu ke era 1995 dan bertemu ayahnya saat masih muda.


4. Lovers

Lovers tayang perdana pada 4 Agustus 2023 dan sukses mencetak rating 9.0. Drama sejarah ini disutradarai oleh Kim Sung Yong yang pernah menggarap drama populer seperti My Healing Love dan The Veil. Sementara penulis naskahnya, Hwang Jin Young yang pernah mengerjakan drama Rebel hingga The King's Daughter.

Diperankan oleh Namgoong Min dan Ahn Eun Jin, Lovers berlatarkan era dinasti Joseon masa penjajahan Qing. Tayangan ini memperlihatka kisah cinta antara pria yang bersikeras tidak akan menikah, dan wanita yang ingin merasakan cinta lagi setelah dua kali gagal dalam pernikahan.
 

5. Moving

Moving merupakan serial besutan sutradara Park In Je yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama karya Kang Pool yang terbit pada 2015. Sejak penayangan perdananya pada 9 Agustus 2023, Moving sukses mencetak rating 8.5 karena plotnya yang menarik dan diperankan aktris aktor senior berbakat seperti Ryu Seung-ryong, Han Hyo-joo, Jo In-sung.

Sinopsisnya mengisahkan tentang anak-anak pemilik kekuatan super, yakni Kim Bong Seok yang bisa terbang dan memiliki indra yang tajam, serta Jang Hee Soo yang punya kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri saat terluka. Mereka mewarisi kekuatan super tersebut dari orang tuanya sejak lahir. 

Sementara para orang tua menutupi fakta ini rapat-rapat supaya anak mereka tidak dimanfaatkan oleh NIS (National Intelligent Service) atau badan intelijen negara. Sepanjang hidupnya mereka terus berpindah tempat mencari tempat perlindungan yang aman sambil terus merahasiakan jati dirinya. 
 

6. The Story of Park's Marriage Contract 

The Story of Park's Marriage Contract tayang perdana pada 24 November 2023 di MBC TV dan platform streaming VIU Indonesia setiap jumat dan sabtu. Drama ini suskes mencetak rating 8.5. Ceritanya berlatarkan zaman sejarah dan era modern.

Mengisahkan tentang Park Yeon-woo (Lee Se-young) yang baru saja kehilangan suaminya Kang Tae-ha (Bae In-hyuk) yang meninggal pada malam pernikahan mereka. Masih dalam keadaan berduka, Yeon-woo diculik dan dilempar ke dalam sumur. Ajaibnya dia tidak mati, saat membuka mata, Yeon-woo terdampar di Seoul pada era modern. Ternyata orang yang menolongnya adalah suaminya di masa lalu, nama dan wajahnya sama.

Uniknya Kang Tae-ha di masa kini juga punya penyakit jantung sehingga membuatnya enggan menikah. Kakeknya yang sedang sakit bilang bahwa dia ingin melihat pernikahan Kang Tae-ha selagi masih hidup. Untuk mewujudkan keinginan kakeknya, Kang Tae-ha meminta Park Yeon-woo untuk menikah dengannya.
 

7. The Good Bad Mother

 

The Good Bad Mother. (Sumber foto: JTBC)

The Good Bad Mother. (Sumber foto: JTBC)

The Good Bad Mother tayang di JTBC dan platform streaming Netflix. Dibintangi oleh Ra Mi Ran. Lee Do Hyun, Ahn Eun Jin, dan Yoo In Soo, drama ini memperoleh rating 8.4 di IMDb. Sinopsisnya mengisahkan tentang seorang ibu bernama Young Soon (Ra Mi Ran) yang mengurus putranya, Kang Ho (Lee Do Hyun) dengan tegas dan keras.

Setelah dewasa sang anak tumbuh sukses sebagai seorang jaksa ternama, namun dia memiliki kepribadian yang dingin. Suatu hari Kang Ho mengalami kecelakaan yang membuatnya hilang ingatan. Mentalnya jadi seperti anak-anak berusia 7 tahun. Dia pun kembali ke kampung halamannya untuk dirawat oleh sang ibu.


8. The Worst of Evil

The Worst of Evil dibintangi oleh Ji Chang-wook, Wi Ha-joon dan Im Se-mi. Serial drama ini tayang di Disney+ Hotstar pada 27 September 2023 dan sukses mencetak rating 8.4 di IMDb). Berlatar di Seoul era 990-an, sinopsisnya mengisahkan tentang Jung Gi-cheul (Wi Ha-jun) seorang pimpinan geng yang mengedarkan obat terlarang di klub-klub malam sampai ke China dan Jepang. 

Park Jun-mo (Ji Chang-wook) seorang petugas polisi menyamar dan menyusup ke dalam geng untuk menjatuhkan Jung Gi-cheul. Ternyata istri yang juga merupakan rekan kerjanya, Yu Eui-jeong (Lim Se-mi) mengajukan diri untuk ditempatkan di kasus yang sama. Yu Eui-jeong ternyata memiliki masa lalu dengan Jung Gi-cheul.
 

9. Daily Dose of Sunshine

Daily Dose of Sunshine diadaptasi dari webtoon Kakao berjudul sama karya Lee Ra-ha. Serial drama ini tayang di Netflix, sepanjang penayangannya sukses mencetak rating 8,3. Sinopsisnya mengisahkan tentang Jung Da-eun (Park Bo-young), seorang perawat di departemen neuropsikiatri yang menangani pasien dengan gangguan kejiwaan.

Pasien yang ditanganinya terlihat sakit, tapi bukan secara fisik. Mereka terluka secara emosional sehingga memengaruhi aspek kehodupannya secara keseluruhan. Pada awalnya segalanya sulit dan canggung bagi Da Eun, pelan-pelan dia pun memahami para pasiennya dengam dibantu oleh para dokter dan rekan perawat lainnya.
 

10. The Goryeo-Khitan War

Goryeo Khitan War merupakan drama dengan budget produksi yang fantastis. Proses syutingnya dikerjakan sejak musim dingin 2020 dan secara resmi tayang pada November 2023 di KBS. Drama yang didasarkan pada sejarah asli Korea Selatan tersebut sukses memperoleh rating 8.3 di ImDb.

Mengisahkan perjuangan Raja Dinasti Goryeo, Raja Hyeongjong yang berperang melawan bangsa Khitan dari dinasiti Liao. Hyeongjong menjadi sebagai raja pada usia 19 tahun. sejak awal penobatannya dia mengalami banyak tekanan dari sekitarnya. Namun, saat kerajaannya diserang oleh 400.000 tentara Khitan, Hyeongjong berhasil memukul mundur mereka dan membawa Goryeo menuju kemenangan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara di Dunia

BERIKUTNYA

Arti Istilah Dobby yang Viral di TikTok, Ini Kaitannya dengan Dubowitz Syndrome

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: