Perayaan tahun baru 2024 (Sumber Foto: Freepik)

7 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara di Dunia

29 December 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi masyarakat di seluruh dunia akan merayakan tahun baru 2024. Setiap negara punya tradisinya sendiri untuk merayakan malam pergantian tahun. Selain makan bersama dan menyalakan kembang api, ada juga serangkaian selebrasi yang mungkin tampak aneh, unik, dan tidak biasa.

Beragam ritual perayaan tahun berikut ini telah menjadi budaya yang diwariskan turun temurun. Masyarakat setempat percaya, hal tersebut dapat mendatangkan hari-hari yang bahagia dan sejahtera di tahun depan. Mengutip dari Insider, berikut tradisi unik perayaan tahun baru di berbagai negara di dunia.

Baca juga: 5 Ide Kegiatan Seru Sambut Tahun Baru 2024
 

1. Afrika Selatan

Saat malam tahun baru warga Johannesburg, Afrika Selatan akan melempar perabotan rumah lama mereka ke jendela. Mulai dari piring, gelas, bahkan yang lebih ekstrem perabotan ukuran besar seperti sofa. Tradisi ini rupanya sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan masih dilakukan sampai saat ini.

Melempar perabotan rumah dari jendela merupakan simbol membuang semua kesialan dan hal-hal buruk yang terjadi di tahun sebelumnya, kini mereka siap menyambut kebahagiaan di tahun baru.
 

2. Brasil

Warga Brasil merayakan tahun baru dengan pergi ke pantai sambil membawa bunga putih untuk dilemparkan ke air. Melempar bunga putih dianggap sebagai lambang penghormatan kepada Dewi Lautan. Saat melemparkan bunga, orang-orang dapat mengucapkan sebuah permohonan yang diharapkan akan terwujud pada tahun baru.
 

3. Denmark

Warga Denmark memiliki tradisi memecahkan piring atau barang pecah belah lainnya ke tembok atau pintu. Mereka percaya makin banyak pecahan di depan rumah, maka besar pula keberuntungan yang akan mereka dapat di tahun depan. Selain memecahkan piring, tradisi unik tahun baru di Denmark yaitu loncat dari atas kursi. Saat pukul 00.00, orang-orang akan naik ke kursi dan loncat sebagai simbol bahwa mereka telah mendarat di awal Januari 2024. 
 

4. Jepang

Merayakan tahun baru di Jepang identik dengan memakan semangkuk mie soba atau toshikoshi soba. Mie soba juga dijuluki mie lintas tahun. Orang-orang percaya bahwa mie yang panjang juga melambangkan umur panjang. 

Selain menyantap mie soba, masyarakat Jepang juga melakukan misoka, yakni tradisi membunyikan lonceng sebanyak 108 kali di kuil-kuil Buddha pada tengah malam menjelang pergantian tahun. Setiap bunyi lonceng diyakini dapat menghilangkan kemarahan dan nafsu. Lonceng terakhir yang berbunyi tengah malam menandakan dimulainya awal tahun yang sejahtera dan jauh dari hal-hal buruk.
 

5. Kolombia 

Tradisi pergantian tahun di Kolombia juga tak kalah unik. Masyarakat setempat akan berjalan sambil membawa koper kosong di sekitar tempat tinggal mereka. Koper dianggap sebagai simbol perjalanan yang menyenangkan. Orang-orang berharap supaya mereka bisa melakukan perjalanan hidup yang bermakna dan penuh kebahagiaan di tahun depan.
 

6. Skotlandia

Warga Skotlandia dan negara-negara di bagian Inggris Utara percaya bahwa first footer sangat menentukan keberuntunan mereka di tahun baru. First footer adalah laki-laki yang memiliki rambut dan kulit gelap. Saat orang ini melewati pintu rumah setelah tengah malam, maka dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan.
 

7. Irlandia

Irlandia punya tradisi menggantungkan roti untuk merayakan malam pergantian tahun. Biasanya roti digantung di pintu dan dinding rumah. Orang-pramg percaya, roti bisa mengusir nasib buruk dan membawa keberuntungan di tahun depan. Roti juga dianggap sebagai simbol untuk memulai tahun baru dengan semangat baru yang penuh harapan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Dapatkan Lisensi, Lionsgate Siap Produksi Film Monopoly

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Drama Korea dengan Rating Tinggi Sepanjang Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: