Ilustrasi wanita (Sumber gambar: Elevate/Unsplash)

Pick-Me Jadi Kata Paling Dicari di Google Trends Indonesia 2023, Apa Artinya?

29 December 2023   |   16:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Google resmi mengeluarkan rangkuman tren selama setahun dalam Year in Search 2023. Tidak hanya meringkas tren global saja, Google juga menghimpun tren pencarian di tiap-tiap negara yang bsa mengakses mesin pencarian ini.

Salah satu kategori yang dirilis dalam Google Trends Indonesia adalah pencarian definisi kata. Ada beberapa definisi yang paling banyak dicari pengguna internet Indonesia melalui laman Google. Kata tersebut antara lain skena, catcalling, artificial intelegence (AI) dan kata teratas yang paling dicari di Indonesia adalah pick-me. 

Kata pick-me menduduki tren pencarian pertama di Google Trends Indonesia 2023. Istilah pick-me ini mencapai puncak  pencarian antara Februari hingga Maret 2023 dengan rata-rata pencarian mencapai 100 poin yang diklasifikasikan Google sebagai minat pencarian yang memuncaki popularitas pada rentang waktu tertentu.

Baca juga: Daftar Slang Gen Z Bahasa Inggris Terbaru & Artinya

Kemudian beberapa bulan setelahnya, pencarian istilah pick-me di Google melandai. Namun secara umum, istlah pick-me tersebut menjadi definisi yang paling banyak dicari sepanjang 2023. Melansir Google Trends 2023, istilah pick-me paling banyak dicari oleh pengguna Indonesia yang tinggal di Pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi.
 

Apa itu Pick-Me?

 

Ilustrasi wanita (Sumber gambar: Priscilla Du Preez/Unsplash)

Ilustrasi wanita (Sumber gambar: Priscilla Du Preez/Unsplash)

Istilah ini mendadak viral di platform media sosial TikTok pada awal 2023. Namun, ketenaran kalimat ini sudah pernah ramai di masa pandemi pada 2021 lalu. Istilah ini muncul dari pengaruh bahasa gaul yang digunakan anak muda masa kini. Melansir laman Dictionary, istilah pick-me ini merujuk pada seseorang yang secara obsesif menginginkan pengakuan dari orang lain yang biasanya menggunakan trik tertentu untuk mengesankan orang lain, utamanya lawan jenis.

Tak hanya populer di Indonesia, istilah ini juga ramai dibicarakan oleh warganet dunia. Biasanya, pick-me sering disematkan kepada wanita dibanding pria. Maka istilah sambungan pick-me girl lebih populer di jagat internet. Sama seperti pengertian umumnya, pick-me girl digunakan unuk menggambarkan wanita yang obsesif untuk mendapatkan perhatian pria.

Mereka akan berbicara tentang bagaimana sisi unik dan perbedaan menonjolnya dibandingkan dengan wanita lain untuk membuat lawan jenisnya merasa terkesan. Menariknya, biasanya pick-me girl digambarkan sebagai orang yang selektif atau pilih-pilih mengenai referensi tertentu. Dictionary menjelaskan jika banyak pick-me girl mencoba mengesankan lawan jenis dengan cara membuat prinsip dan aktivitasnya berseberangan dengan sisi feminin, misalnya anti dalam mengunakan riasan.

Istilah ini juga disematkan pada pria dengan istilah lain. Selain istilah pick-me boy, istilah simp lebih ramai digunakan di jagat media sosial untuk menggambarkan seorang pria yang obsesif. Simp merujuk pada istilah yang menggambarkan seorang pria yang secara obsesif ingin mencari perhatian lawan jenis. Baik pick-me dan simp hampir selalu digunakan sebagai istilah negatif.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Corak yang Bakal Jadi Tren Desain 2024, Content Creator Wajib Tahu Nih!

BERIKUTNYA

5 Ide Kegiatan Seru Sambut Tahun Baru 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: