(Unsplash/Solen Feyissa)

Di Android 12, Google Assistant Bisa Pakai Tombol Daya Lho

12 May 2021   |   14:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Asisten virtual telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, khususnya bagi mereka tech enthusiast atau tech savvy. Kalian, GenHype termasuk ngga nih?

Laporan terbaru dari XDA Developers, dikutip Rabu (12/5) menyebutkan bahwa Google Assistant bakalan bisa dipanggil menggunakan tombol daya pada ponsel Android loh.

Selama ini, kita tahu bahwa asisten virtual dari Google itu bisa dipicu menggunakan kalimat perintah seperti 'Ok Google' atau 'Hello Google' atau gerakan tertentu di smartphone. Akan tetapi, Google segera menambahkan pemicu tombol daya untuk Google Assistant dengan peluncuran sistem operasi Android 12 mendatang.

Fitur terbaru untuk asisten virtual Google itu pertama kali ditemukan oleh XDA-Developers. Mereka melakukan pembongkaran rilis Google App terbaru yang mengungkap adanya fitur tersebut.
 

google asistant/ google

google asistant/ google



Mishaal Rahman dari XDA Developers mengaku telah melihat pengaturan baru di smartphone Pixel 3 XL yang berjalan pada pengembang Android 12. Tapi, opsi itu masih belum bisa diaktifkan.

Menurut laporan mereka, Google Assistant kedepan bakalan bisa dipanggil dengan menekan lama tombol daya. Fitur ini  nantinya akan bisa diaktifkan melalui menu yang ada di pengaturan ponsel.

Adapun saat ini, fitur asisten virtual itu dapat dipanggil memakai salah satu dari dua perintah yaitu 'Ok Google' atau 'Hello Google'.Kalian juga bisa menekan lama tombol beranda atau menggeser ke atas layar pada smartphone Android jika menggunakan gerakan layar penuh.

Pada beberapa perangkat Google Pixel, Google Assistant bisa diaktifkan dengan menekan tombol samping khusus. Perusahaan seperti Nokia dan LG juga menyediakan tombol khusus untuk asisten virtual ini.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Selain Keperluan Kerja atau Sekolah, Panggilan Video Ternyata Bantu Kurangi Kesepian Loh

BERIKUTNYA

Band Naif Bubar Setelah 25 Tahun Berkarya, Ini Hits Kebanggaannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: