Ilustrasi wisata adrenalin (sumber gambar Unsplash/Jason Gardner)

Rekomendasi 5 Wisata Adrenalin untuk Liburan Akhir Tahun, Ada Susur Goa hingga Panjat Tebing

22 December 2023   |   19:36 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki kekayaan alam yang tiada duanya, dan membuat wisatawan berduyun-duyun pelesiran ke Tanah Air. Khazanah alam Nusantara yang yang beragam dan unik ini pun selalu menjadi objek wisata yang seru dan menantang untuk dieksplorasi.

Nah, bagi Genhype yang ingin berwisata pada liburan akhir tahun ini, wisata adrenalin juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, selain menyuguhkan pemandangan indah, jenis wisata ini juga baik untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres.

Baca juga: Berburu Keindahan Lepas Samudra Hindia di Puncak Segoro

Seru dan menyenangkan, berikut lima tempat wisata adrenalin yang bisa dijadikan tujuan wisata tak terlupakan, yang dapat memacu adrenalin kalian saat menjelajahi destinasi tersebut.


1. Goa Jomblang, Gunung Kidul

 

Salah satu kegiatan wisata yang dapat dicoba untuk memacu adrenalin Genhype adalah menyusuri Goa Jomblang di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa yang menjorok ke dalam tanah ini, secara alami terbentuk dari proses geologi amblasnya tanah ribuan tahun lalu.

Goa Jomblang merupakan gua vertikal bertipe Collapse doline dengan kedalaman mencapai 20 meter. Destinasi wisata ekstrem ini juga terkenal akan pemandangannya yang eksotis, yakni keindahan cahaya matahari yang menyelinap masuk di bibir gua.

Selain keindahan alam, pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai tanaman purba yang banyak tumbuh di area kawasan gua. Bahkan, kalian juga bisa menyusuri lorong gua sepanjang 300 meter yang akan membawa kalian ke Goa Grubug dan menyaksikan 'cahaya surga'.


2. Gondola, Pantai Timang, Yogyakarta

 
 


Bagi yang sudah bosan dengan destinasi wisata yang hanya memanjakan mata tapi tak membuat jantung berdegup, cobalah kunjungi Pantai Timang, di Gunung Kidul Yogyakarta. Sebab, di sini kalian bisa mencoba kereta gantung yang bakal memacu adrenalin kalian.

Dengan panjang lintasan mencapai 98 meter dari lokasi pantai menuju Pulau Timang, pengunjung  akan meluncur di atas gondola dengan ketinggian 9-11 meter di atas permukaan laut. Uniknya, kereta gantung tersebut masih dioperasikan secara manual dengan deburan ombak Pantai Selatan yang ganas di bawahnya.


3. Paralayang, Timbis, Bali

 
 


Menikmati aksi terbang di atas ketinggian dengan paragliding atau paralayang sembari menikmati suasana, juga patut dicoba. Sebab, Pulau Dewata, Bali juga memiliki tujuan destinasi wisata ekstrem, yang sayang untuk dilewatkan, terutama wisata paralayang di pinggir pantai Timbis ini.

Di sini, Genhype bisa mencoba pengalaman terbang di ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut, dengan garis pantai berpasir putih di bawahnya. Sehingga, selain memacu adrenalin, kalian bisa melihat bentangan alam kota Bali, yang indah dan asri.


4. Rafting, Sungai Asahan, Sumatera Utara

 
 


Rekomendasi wisata ekstrem lainnya adalah arung jeram atau rafting di Sungai Asahan, Sumatera Utara. Aliran sungai dengan kecepatan hingga 120 meter per kubik setiap detiknya ini tak ayal akan memacu adrenalin kalian saat menyusuri sungai.

Namun, jangan khawatir, di tempat ini, Genhype juga bisa memilih titik dengan level arus yang berbeda. Selain itu, selama bermain arung jeram, kalian juga bisa menikmati pemandangan tebing di kedua sisi sungai yang dipastikan bakal memanjakan mata.


5. Panjat Tebing, Lembah Harau, Sumatera Barat

 
 


Lembah Harau di Sumatera Barat ini juga bisa menjadi tujuan wisata ekstrem yang akan memberikan pengalaman berbeda saat memanjat tebing dengan ketinggian lebih dari 300 meter. Selain dapat membuat jantung berdegup kencang, letak lembah yang dikelilingi Bukit Singkarat, Bukit Jambu, Tarangtan, dan Air Putih yang terkenal  indah dan hijau ini juga akan memberikan pengalaman berbeda pada kalian. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Informasi Aturan Konser TWICE 5th World Tour Ready To Be di Jakarta, Jangan Bawa Barang Ini

BERIKUTNYA

Merayakan Siklus Hidup dalam Pameran CollectorsMoments: Musim Kehidupan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: