Tim Manchester United (Sumber gambar: Instagram.com/manchesterunited)

Sir Jim Ratcliffe Jadi Pemilik Baru Manchester United, Begini Target Jangka Panjangnya

27 December 2023   |   12:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Manchester United akhirnya kini punya pemilik baru bernama Sir Jim Ratcliffe. Pengusaha asal Inggris sekaligus Chairman INEOS tersebut resmi mengakuisisi saham tim sepak bola berjuluk Setan Merah sebesar 25 persen dari tangan keluarga Glazer. Artinya, Ratcliffe kini jadi orang yang punya komando utama atas klub MU. 

Ratcliffe adalah warga asli Manchester. Pria berusia 71 tahun itu memang sudah dikenal lama penggemar klub MU. Namun, dalam hal bisnis, Ratcliffe pernah menyebut tim bermarkas di Old Trafford itu sebagai dumb money pada 2019.

Kala itu, Ratcliffe mungkin merasa mengakuisisi MU tidak menguntungkan. Namun, berbeda dengan hari ini, pandangan tersebut seolah berubah setelah dirinya membeli saham dan menjadi salah satu pemilik klub tersebut.

Baca juga: Resmi Gabung Dengan Manchester United, Ini Profil Kiper Andre Onana
 

Sir Jim Ratcliffe (Sumber gambar: www.manutd.com)

Sir Jim Ratcliffe (Sumber gambar: www.manutd.com)

Melalui konglomerasi perusahaan petrokimia INEOS Group, Ratcliffe memang gemar merambah bisnis olahraga. Dia juga diketahui memiliki saham di beberapa klub sepak bola lain, rugby, basket, F1, sampai balap sepeda.

Untuk membeli MU, Ratcliffe membayar US$33,00 per saham. Dia juga akan menginvestasikan US$300 juta kepada klub yang pernah juara liga Inggris sebanyak 20 kali tersebut. Tak hanya itu, sebagai bagian dari kesepakatan, Ratcliffe akan bertanggung jawab atas operasional klub ini.

Hal itu tidak terbatas pada sepak bola pria, tetapi juga tim wanita dan akademi. Dengan demikian, investasi yang dilakukan juga mencakup masa depan ke Old Trafford. Selain itu, INEOS juga masih akan mendapat jatah dua kursi di jajaran direksi MU.

Setelah jadi pemilik baru, Ratcliffe jug langsung menyatakan beberapa poin penting pada klub barunya itu. Dia berbicara soal nilai komersial klub yang dijanjikan akan naik level dan segalanya akan dilakukan profesional.

Dirinya juga berkomitmen bahwa investasinya ke MU adalah untuk projek jangka panjang. Meski ada tantangan dan perlu kerja keras ke depan, dia berjanji komitmennya akan selalu besar untuk terus mendorong klub ini kembali maju. Ratcliffe juga akan memborong beberapa tim ahlinya ke MU. Dia ingin mendorong peningkatan lebih lanjut di klub. Termasuk, menyediakan dana untuk investasi masa depan klub ini.

“Ambisi bersama kami jelas. Kami semua ingin melihat Manchester United kembali ke posisi semula, yakni berada di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia,” ungkap Ratcliffe dalam website resmi Manchester United, dikutip Hypeabis.id, Rabu (27/12).
 

Sementara itu, Co-Chairman dan Direktur Eksekutif Avran Glazer dan Joel Glazer mengaku sangat menyambut baik kedatangan pemilik baru di tim berjuluk Setan Merah ini. Sebab, setelah tinjauan strategis yang diumumkan hampir setahun yang lalu, akhirnya pihaknya menemukan komitmen yang tepat.

Hasil ini diharapkannya akan memberikan pengembangan berarti untuk sepak bola pria, wanita, dan akademi. Secara jangka panjang, akan ada kesuksesan hebat yang menanti di depan. Terlebih, suntikan dana segar ini juga berbarengan dengan tambahan individu profesional.

“Melalui INEOS Sport, Manchester United akan memiliki akses terhadap para profesional berpengalaman dengan performa tinggi, berpengalaman dalam menciptakan serta memimpin tim elite ini, baik di dalam maupun di luar permainan,” imbuhnya.

Dalam periode beberapa tahun terakhir, prestasi Manchester United memang kurang menonjol. Utamanya, setelah kepergian pelatih utama mereka Sir Alex Ferguson pada 2013. Per 27 Desember 2023, MU juga masih terseok-seok di papan tengah Liga Inggris dengan menempati peringkat ke-6 dan hanya mengumpulkan 31 poin.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sedih, Ikan Pari Jawa Resmi Punah Akibat Aktivitas Manusia

BERIKUTNYA

Aktor Film Parasite Lee Sun-kyun Meninggal Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: