Andre Onana akan memiliki posisi sebagai penjaga gawang (Sumber foto: https://www.inter.it/)

Resmi Gabung Dengan Manchester United, Ini Profil Kiper Andre Onana

21 July 2023   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selepas kepergian kiper David De Gea, klub sepak bola asal Inggris, Manchester United mendatangkan penjaga gawang Andre Onana dari tim asal Italia, Inter Milan. Di satu sisi, kehadirannya membawa optimistis. Namun, di sisi lain, sejumlah penggemar khawatir lantaran beberapa blunder yang kerap dilakukannya.

Andre Onana adalah pemain sepak bola profesional yang berasal dari Kamerun. Dia merupakan jebolan sekolah sepak bola yang dimiliki oleh Samuel Eto’o, yakni salah satu mantan pemain profesional di dunia sepak bola.

Baca juga: 4 Momen Apes Cristiano Ronaldo Sepanjang Karier Bersama Manchester United

Dari sekolah sepak bola, dia pindah ke tim FC Barcelona muda dengan bebas transfer pada musim 2010/2011. Tidak butuh waktu lama baginya untuk menembus tim FC Barcelona U-16 lantaran pada musim 2011/2012 dia sudah berhasil memasukinya.

Onana terus menunjukkan perkembangannya sebagai seorang pemain muda yang pada akhirnya membuatnya mendapatkan kontrak profesional pada musim 2014/2015. Pada saat itu, dari tim FC Barcelona U-19, pemain kelahiran 2 April 1996 itu bergabung ke tim asal Belanda, yakni Ajax Amsterdam.

Dari Ajax, sang pemain yang merupakan adik pemain Nnana Onana itu dipinang oleh klub asal Italia, Inter Milan pada musim 2022/2023. Saat itu, salah satu klub raksasa Serie A tersebut mendapatkannya secara cuma-cuma atau bebas transfer.

Sang pemain yang memiliki tinggi sekitar 1,9 meter itu hanya bertahan satu musim di Inter Milan lantaran Manchester United disebut-sebut datang dengan tawaran yang menggiurkan bagi pemilik tim, yakni sekitar 51 juta euro dengan bonus 4 juta euro. Dengan begitu, maka kini Onana menjadi penjaga gawang klub yang memiliki julukan Setan Merah.

Dikutip dari laman resmi Manchester United, kiper tim nasional Kamerun itu memiliki kontrak dengan klub sampai Juni 2023 dengan opsi satu tahun lagi dan tunduk terhadap izin internasional.

MU menuliskan bahwa kiper asal Kamerun itu juga memiliki clean sheet yang cemerlang, yakni 104 kali dalam 255 penampilan klub. Tidak hanya itu, Onana juga tercatat memenangkan tiga gelar liga dan dua Piala KNVB bersama Ajax sebelum bergabung dengan Inter Milan pada 2022.

Prestasi sang pemain berlanjut sampai tahun lalu saat dirinya bersama Inter Milan menjuarai Coppa Italia. Di ajang bergengsi klub-klub eropa, yakni Liga Champions, Onana berhasil mencatatkan Clean Sheet terbanyak

John Murtough, Direktur Sepak Bola Manchester United, mengatakan bahwa sang kiper adalah pilihan utama klub untuk menjadi kiper baru mengingat profil atribut teknis dan kepribadiannya. “Setelah meraih kesuksesan sepanjang kariernya, kami tahu bahwa Andre akan makin menambah mental juara yang kami bangun dalam skuat kami,” katanya.

Murtough mengatakan bahwa Onana sudah menjadi salah satu penjaga gawang terbaik dunia. Dengan usianya yang baru 27 tahun, maka klub meyakini sang kiper dapat berkembang lebih jauh lagi pada tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Onana menuturkan bahwa diri merasa terhormat dengan bergabung menjadi bagian dalam klum Manchester United lantaran telah bekerja keras sepanjang hidup untuk mencapai momen saat ini. “Mengatasi banyak rintangan di sepanjang jalan,” katanya.

Dia mengatakan berada di Old Trafford untuk menjadi penjaga gawang dan berkontribusi terhadap tim akan menjadi pengalaman luar biasa. Baginya, langkah ini adalah awal perjalanan baru, dengan rekan tim baru, dan ambisi baru untuk diraih.

Menurutnya, Manchester United memiliki sejarah panjang tentang penjaga gawang yang luar biasa. Dia bertekad akan memberikan segalanya untuk menciptakan legacy di tim pada tahun-tahun mendatang.

“Saya senang dengan kesempatan untuk bekerja lagi dengan Erik ten Hag, dan saya tidak sabar untuk memainkan peran saya dalam kesuksesan yang saya tahu dia bertekad untuk mewujudkannya di klub sepak bola yang hebat ini,” katanya.

Untuk diketahui, Erik ten Hag bukan orang baru bagi sang Kiper. Mereka pernah bersama ketika Onana berada di Ajax. Pada 2016 - 2022, sang kiper tercatat telah melakukan 214 penampilan. 

Baca juga: Koleksi 80 Jersey Manchester United, Bukti Pandji Pragiwaksono sebagai Fans Garis Keras

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Creme Brulee, Dessert Karamel Gosong yang Populer di Eropa Sejak Abad ke-15

BERIKUTNYA

Gejala & Risiko Kanker Tenggorokan, Penyebab Kematian Pencipta Bom Atom Oppenheimer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: