Ilustrasi kembang api tahun baru. (Sumber foto: Pexels/Jonas Von Werne)

Tahun Baru di Jakarta, Cek Rangkaian Acara Malam Muda Mudi 31 Desember 2023

27 December 2023   |   06:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menyambut malam pergantian tahun 2024, kota Jakarta akan menghadirkan serangkaian acara meriah bertajuk Festival Malam Muda Mudi Jakarta Global. Acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta

"Puncak perayaan #TahunBaruandiJakarta mengusung tema 'Festival Malam Muda Mudi, Jakarta Kota Global', diselenggarakan di sepanjang Jl. MH. Thamrin hingga Jl. Sudirman, Jakarta Pusat," mengutip dari laman Instagram resmi @dkijakarta dan @disparekrafdki, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: City Tour Jadi Alternatif Wisata Libur Tahun Baru, Cek 5 Ikon Menarik di Jakarta

Festival Malam Muda Mudi Jakarta akan diselenggarakan di sejumlah titik seluruh wilayah Jakarta dan beberapa lokasi wisata unggulan. Acara tingkat provinsi akan terfokus di Jakarta Pusat, yakni Bundaran HI atau sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Selanjutnya acara tingkat daerah akan berlangsung di Jakarta Barat (Kantor Wali Kota), Jakarta Utara (Kantor Wali Kota), Jakarta Selatan (Setu Babakan), Jakarta Timur (Old Shanghai), dan Kepulauan Seribu (Pulau Untung Jawa). Acara perayaan tahun baru juga akan digelar di sejumlah tempat wisata Jakarta seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Monas, kawasan Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Kegiatan ini akan diisi enam segmen, di antaranya Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin, dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman. Berbagai kegiatan menarik akan ditampilkan, di antaranya ada karnaval, pertunjukan air mancur, sampai panggung hiburan yang diisi oleh deretan artis populer tanah air.

Selama acara berlangsung akan diberlakukan car free night, tepatnya di malam pergantian tahun baru 2024 pada Minggu, 31 Desember 2023 pukul 19.00 WIB di sepanjang Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Nah Genhype, yuk simak rangkaian acara Festival Malam Muda Mudi Jakarta.
 
 


1. Gemilang Silang Monas

Gemilang Silang Monas atau Monas Week akan menampilkan air mancur menari dan pemutaran video mapping, serta sejumlah kegiatan menarik lainnya untuk memeriahkan acara tahun baruan. Monas Week berlangsung pada 24-31 Desember 2023. Bagi yang ingin menonton tidak dipungut biaya sama sekali, berikut jadwalnya.

Jam Operasional Tugu Monas
08.00-18.00 (17.00 tutup loket)

Jam Operasional Kawasan Monas
06.00-22.00

Air Mancur Pesona Monas
- Sesi 1 : 19.30-20.00
- Sesi 2 : 20.30-21.00

Video Mapping Monas
- Sesi 1 : 20.00-20.30
- Sesi 2 : 21.00-21.30


2. JAKARNAVAL

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendirikan panggung pembukaan bertajuk Jakarnaval (Jakarta Karnaval) dengan tema Indonesian Legend Intellectual Property (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Menampilkan parade mobil hias dengan lampu-lampu cantik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatotkaca. Perhelatan ini diharapkan dapat menonjolkan nama Jakarta sebagai kota global yang kaya akan pop culture.

Jakarnaval berlangsung pada 31 Desember 2023 - 1 Januari 2024, pukul 20.00 - 01.00 WIB di sejumlah titik berikut ini
  • Monas
  • Bank Indonesia
  • Sarinah
  • Bundaran HI
  • Depan UOB
  • ORIX
  • Sekitar Mid Plaza
  • Depan MORI Tower
  • Pintu 7 Senayan
  • SCBD
  • FX Sudirman


3. Kirana Jakarta by City Vision

Kirana Jakarta by City Vision diselenggarakan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat mulai pukul 20.00 WIB hingga acara hitung mundur tengah malam. Ini merupakan pertunjukan yang memadukan teknologi dan seni. Konsepnya mengusung keindahan dan keunikan pertunjukan, sejalan dengan makna kata Kirana dalam Bahasa Sanskerta yang artinya kecantikan sinar.

Menampilkan pertunjukan 500 drone dalam light show, efek water mist dengan empat layar air, dan video mapping 3D yang akan diproyeksikan pada gedung The Plaza. Selain itu ikon-ikon yang menjadi ciri khas Indonesia dan Jakarta akan ditampilkan melalui media OOH LED Bundaran HI Digital Network. Tak ketinggalan ada juga sejumlah panggung hiburan yang didirikan di sepanjang Sudirman-M.H. Thamrin.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

City Tour Jadi Alternatif Wisata Libur Tahun Baru, Cek 5 Ikon Menarik di Jakarta

BERIKUTNYA

Sinopsis Between Him and Her, Drama Baru Donghae Super Junior

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: