Suasana lalu lintas di Jakarta (Foto: JIBI/Hypeabis/Arief Hermawan P.)

Cek Rekayasa Lalu Lintas pada Malam Tahun Baru di Jakarta

26 December 2023   |   12:11 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain pergi ke luar kota, Jakarta juga menjadi pilihan untuk menikmati malam tahun baru, karena ada beragam acara perayaan yang dapat menemani malam pergantian tahun. Namun, agar perjalanan munuju tempat perayaan tahun baru tidak terhambat, kalian perlu memerhatikan rekayasa lalu lintas di Jakarta.

Dikutip dari laman Instagram resminya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberlakukan rekayasa lalu lintas dan pola operasi angkutan umum di sepanjang Jl. Jenderal Soedirman dan Jl. M.H. Thamrin dari 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024. 

Baca juga: Cek Rekayasa Lalu Lintas di Puncak Bogor saat Liburan Tahun Baru

Dalam rekayasa lalu lintas tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan 2 arah mulai pukul 19.00 WIB pada 31 Desember 2023 sampai 01.00 WIB pada 1 Januari 2024. Jalan yang akan ditutup adalah Jl. Jenderal Sudirman, yakni mulai dari Bundaran Senayan sampai Bundaran Hotel Indonesia.

Kemudian, Jl. M.H. Thamrin, yakni mulai dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Bunderan Patung Kuda. Selain itu, penutupan jalan juga akan berlaku di jalan pintu 1 Senayan, jalur lambat kupingan Semanggi sisi barat, jalan Bendungan Hilir, Jalan K.H. Mas Mansyur.

Jalan lainnya yang juga mengalami penutupan adalah jalan Karet Pasar Baru Timur S, kupingan BNI 46, Kota Bumi dan Baturaja, Teluk Betung, Kebon Kacang, Sunda, Imam Bonjol, Suemenp Tosari, Landmark (INdocement), Setiabudi, Prof. Dr. Satrio, Masjid (Sampoerna), Garnisun dan Kolong Semanggi.

Lalu, jalan lambat kupingan Semanggi sisi timur, SCBD, Tulodong Atas 2 atau samping CIMB, simpang jalan Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Selatan, Kebon Sirih dari arah barat, dan untuk arah timur tutup di simpang Agus Salim, K.H Wahid Hasyim, dan Majapahit.

Sementara itu, Dinas Perhubungan juga akan melakukan pengalihan lalu lintas dari selatan ke utara melalui jalan Hang Lekir 1 - Huang Tuah - Hang Lekir IV – Hang Lekir II -  Hang Lekir 1 – Asia Afrika – Gerbang Pemuda  - Gatot Subroto – KS Tubun – KH Mas Mansyur – Cideng, dan seterusnya.

Pengguna kendaraan juga dapat melalui jalan HR Rasuna Said – Prof. Dr. Satrio – KH Mas Mansyur, dan seterusnya. Pengalihan lalu lintas kedua dari utara ke selatan adalah melalui jalan Ir. H. Juanda – Pos – Gedung Kesenian – Lapangan Utara – Lapangan Banteng Barat – Pejambon 0 MI Ridwas Rais ke arah HR Rasuna Said, dan seterusnya.

Pengguna kendaraan juga dapat melalui jalan Gunung Sahari – Kramat Raya – Salemba – Proklamasi – Tambah – Prof. Dr. Satrio, dan seterusnya.

Lalu lintas dari timur ke barat Jakarta dapat melalui jalan MI Ridwan Rais – Medan Merdeka Timur – Medan Merdeka Utara – Abdul Muis – dan seterusnya. Semetara itu, lalu lintas dari barat ke timur dapat melewati jalan Abdul Muis – Majapahit sisi barat – Ir. H. Juanda – Pos – dan seterusnya.

Kemudian, pemilik kendaraan juga dapat melalui jalan Galunggung – RM Margono Djojohadikoesoemo – Penjernihan 1 – dan seterusnya.

Baca juga: Jasa Raharja Rilis Buku Pedoman Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Sementara itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menyampaikan informasi terkait dengan Car Free Night yang akan diadakan pada malam pergantian tahun. Dalam unggahannya, acara itu akan menyediakan panggung pertunjukan di tiga lokasi, yakni Monas, Jl. M.H. Thamrin, dan Jl. Jenderal Sudirman.

Genhype yang hendak menikmati pertunjukan pada ajang Car Free Night dapat memanfaatkan berbagai kantong parkir yang telah disediakan selama pelaksanaannya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bersiap Sambut Kejutan Album Anyar TVXQ 20&2 yang Rilis Hari Ini

BERIKUTNYA

Monolog Tirto, Ode & Refleksi dari Bapak Pers Nasional 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: