Suasana lalu lintas di jalur Ciawi menuju kawasan Puncak, Bogor. (Foto: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)

Cek Rekayasa Lalu Lintas di Puncak Bogor saat Liburan Tahun Baru

26 December 2023   |   09:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Puncak, Bogor menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat, termasuk untuk merayakan malam tahun baru. Kondisi ini membuat lalu lintas di jalur tersebut selalu mengalami kemacetan, sehingga pihak berwenang melakukan beragam upaya mengatasinya lewat rekayasa lalu lintas. 

Pada hari biasa, kawasan Puncak memang berlaku sistem buka-tutup lalu lintas saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Khusus untuk tahun baru, Kepolisian setempat menerapkan rekayasa khusus untuk mengurangi kepadatan kendaraan di kawasan wisata tersebut.

Dikutip dari akun Instagram Humas Polres Bogor, para pengguna kendaraan akan mengalami pengalihan jalur ketika hendak ke daerah Puncak, Bogor, pada 31 Desember 2023. Pengalihan ini guna mengurangi kepadatan dan mencegah peningkatan penyebaran Covid-19 di jalur Puncak pada malam tahun baru 2024. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Wisata Adrenalin untuk Liburan Akhir Tahun, Ada Susur Goa hingga Panjat Tebing

Dalam unggahan akun tersebut, pengalihan akan berlaku mulai pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2023 sampai dengan pukul 06.00 WIB pada 1 Januari 2024. Dalam jalur Cibubur – Cianjur, rutenya menjadi Cibubur, Cileungsi, Jonggol Cariu – Cikalong – Cianjur.

Sementara itu, di jalur Ciawi – Cianjur, pengalihan akan membuat kendaraan melewati Ciawi – Cicurug – Cibadak – Kota Sukabumi – Cianjur.

Tidak hanya itu, akun itu juga mengunggah informasi yang menyebutkan bahwa akan ada kebijakan malam tanpa kendaraan di jalur wisata puncak mulai pukul 21.00 WIB pada 31 Desember 2023 sampai pukul 02.00 WIB pada 1 Januari 2024.

Untuk diketahui, kawasan puncak merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak warga, termausk saat merayakan malam pergantian tahun – terutama bagi warga di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Selain dekat dan murah, destinasi wisata di kawasan Puncak, Bogor juga menawarkan keindahan alam yang dapat membuat malam pergantian tahun menjadi berkesan saat dinikmati bersama orang terkasih dan keluarga.

Kemudian, udara di kawasan Puncak yang masih segar dan dingin membuatnya menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan Puncak yang tidak terlalu jauh dari wilayah Jabodetabek juga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu liburan panjang pada akhir tahun 2023 lantaran memiliki tugas untuk diselesaikan.

Letak Puncak yang tidak jauh dari Jakarta membuatnya mudah diakses dalam waktu beberapa jam saja menjadi solusi untuk liburan pendek.

Di kawasan Puncak, Bogor, beragam tempat untuk menginap juga tersedia. Wisatawan dapat menyewa vila, hotel, atau bahkan berkemah di dalam tenda lantaran sejumlah tempat menyediakan fasilitas tersebut.

Setelah merayakan malam tahun baru, wisatawan juga dapat menikmati beragam kuliner yang khas di daerah ini seperti jagung bakar. Tidak hanya itu, beragam oleh-oleh untuk dibawa pulang juga banyak dijajakan di sepanjang jalur Ciawi-Puncak.

Dengan menikmati liburan di kawasan Puncak, pikiran dapat kembali segar sehingga dapat memulai tahun baru dengan lebih baik. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Destinasi Wisata Lokal untuk Liburan Akhir Tahun

Saat hendak merayakan liburan tahun baru di tempat ini, pastikan untuk melakukan berbagai persiapan – terutama ketika membawa kendaraan pribadi. Kesehatan kendaraan dan pengemudi menjadi yang utama sebelum melakukan perjalanan.


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kaleidoskop 2023: Pariwisata Indonesia Bangkit Gemilang

BERIKUTNYA

Garena Ubah Branding FFML Jadi FFWS dalam Turnamen Baru, Cek Jadwal Kualifikasinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: