Ilustrasi perayaan tahun baru (dok. Unsplash/Ray Hennessy)

5 Negara Ini Punya Tradisi Unik dalam Perayaan Tahun Baru

26 December 2021   |   13:29 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perayaan menyambut tahun baru di banyak negara erat kaitannya dengan bebunyian terompet dan ragam pertunjukan kembang api pada malam pergantian kalender tepat pukul 00:00 sebagai tanda memasuki 1 Januari tahun baru. Momentum tersebut selalu dirayakan dengan suka cita dan meriah.

Akan tetapi, di beberapa negara di dunia, ternyata ada berbagai tradisi unik dan menarik dalam rangka menyambut tahun baru.  Berikut ini beberapa di antaranya.
 

1. Spanyol

Las doce uvas de la suerte atau the 12 lucky grapes adalah tradisi Spanyol di mana masyarakatnya akan memakan buah anggur dengan tiap gerakan jam pada tengah malam pada 31 Desember untuk menyambut tahun baru.

Tradisi ini dipercaya berasal pada 1895-an dengan keyakinan memakan dua belas buah anggur akan menuntun masyarakat pada tahun keberuntungan dan kemakmuran. Dua tempat utama orang berkumpul dan melakukan hal ini adalah di rumah dan alun-alun Puerta del Sol di Madrid.
 

2. Denmark

Di Denmark, ada tradisi unik yang dilakukan warganya untuk merayakan tahun baru. Jadi, sebelum perayaan tersebut mereka mengumpulkan piring-piring retak atau rusak dan akan menghancurkannya pada malam tahun baru.

Danish - orang Denmark - akan melemparkan piring ke tempat tinggal temannya sebagai bagian dari tradisi yang berjalan sejak dulu. Semakin banyak piring yang ditemukan di luar rumah, dipercaya semakin banyak keberuntungan yang akan hadir di tahun mendatang.
 

3. Ekuador

Negara Amerika Serikat, Ekuador punya tradisi unik merayakan pergantian tahun. Pada malam tahun baru, warganya akan membawa patung orang-orangan dari mulai tokoh politik hingga ikon lain, untuk dibakar di jalan-jalan.

Tradisi membakar ano viejo (tahun tua) ini adalah simbol pembersihan nasib buruk dari 12 bulan yang lalu, sebelum menyambut tahun baru dengan harapan yang lebih baik. Mereka juga membakar barang-barang lain yang dianggap mewakili kenangan buruk pada tahun itu.
 

4. Jepang

Tengah malam tanggal 31 Desember, kuil Buddha di seluruh Jepang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali, yang melambangkan 108 godaan duniawi  dalam kepercayaan agama tersebut. Ini merupakan tradisi masyarakat Buddha di negara sakura. 

Tradisi yang dikenal dengan nama Joyano Kane ini merupakan kepercayaan tradisional di Jepang bahwa membunyikan lonceng dapat menghapus dosa dan menyingkirkan keinginan duniawi. Bel akan dibunyikan 107 kali pada tangga 31 Desember dan 1 kali setelah lewat tengah malam.
 

5. Rumania

Tahun baru di Rumania diramaikan dengan rangkaian acara tradisional. Mulai dari plugusorul (bajak kecil) pada pagi hari oleh anak-anak dengan membaca puisi dan plugul (bajak besar) pada malam harinya oleh orang dewasa dengan memainkan alat musik.

Selain itu, Rumania juga terkenal dengan tradisi tarian topeng khususnya tarian beruang yang menjadi hewan ikonik dari hutan Rumania. Tarian topeng ini melambangkan proses kematian dan kelahiran kembali pada pergantian tahun.

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Keren, IU Tebar Donasi Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Simak Rekomendasi Film & Serial Netflix Januari 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: