Fried chicken d'Besto. (Sumber gambar: situs resmi d'BestO)

Minat Bisnis Fried Chicken? Begini Syarat, Biaya & Keuntungan Franchise d'BestO

23 December 2023   |   11:27 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Olahan ayam seperti fried chicken banyak digemari masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif terjangkau dan sajiannya yang bisa dinikmati semua kalangan, membuat makanan ini jadi pilihan banyak orang. Tak ayal jika penjual fried chicken dari mulai kaki lima hingga restoran menjamur di penjuru Nusantara.

Kepopuleran makanan fried chicken tentunya menjadi peluang yang bagus bagi kalian untuk berbisnis. Tak perlu membangun bisnis dan melakukan branding dari nol, kini banyak pilihan franchise atau waralaba merek fried chicken, salah satunya d'Besto.

D'BestO merupakan restoran cepat saji yang didesain untuk keluarga Indonesia, yang mengidamkan pengalaman kuliner fried chicken dan burger lezat. Mengusung konsep berbeda dibandingkan dengan pesaing dari merek luar negeri yang umumnya menyasar segmen restoran, d’BestO justru fokus untuk menyediakan menu fried chicken dalam konsep mini resto.

Baca juga: Begini Rahasia Memilih Bisnis Franchise Makanan, Biar Cepat Balik Modal & Untung

D'BestO Chicken & Burger berawal dari rintisan usaha dua orang dokter hewan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Evalinda Amir dan Setyajid. Mereka telah mendirikan usahanya dengan sistem gerobak sejak 1994 dengan nama Kentuku Fried Chicken (KUFC). Namun, pada 1998 dan 2005, usaha yang dirintis menghadapi tantangan berat karena krisis moneter dan wabah flu burung.

Untuk menyiasati kondisi tersebut, mereka berinisiatif untuk menempel profil keduanya sebagai dokter hewan di setiap outlet d’BestO, agar konsumen percaya bahwa ayam yang mereka jual bebas dari flu burung, sekaligus memberikan edukasi kepada konsumen akan keamanan produk yang dijual.

Akhirnya, pada 2009, KUFC melahirkan merek dagang (brand) d'BestO Chicken & Burger yang kini telah berkembang di berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Surabaya, Mataram, Padang dan Lampung.

Dengan berfokus pada segmen mini resto, pada 2021, d’BestO berhasil melebarkan sayap hingga memiliki hampir 300 outlet yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, hingga Sumatra Barat.
 

Menu andalan di d'Besto tentunya ialah fried chicken atau ayam goreng tepung. Tapi, banyak juga yang menyukai menu burger, dan turunannya seperti sayap ayam saus pedas atau yang disebut Sadas. Harga makanan yang ada di restoran berwarna merah dan kuning itu berkisar dari Rp9.000 hingga Rp14.000. Menu-menu paket dibanderol seharga Rp15.000 hingga Rp22.000.

Corporate Secretary d’BestO Wahyu Pambudi mengatakan ada beberapa strategi yang diupayakan pihaknya untuk tetap bisa mempertahankan sekaligus mengembangkan d'BestO meski ditempa beberapa periode menantang. Dari krisis moneter, wabah flu burung, hingga pandemi. Salah satunya ialah jeli melihat segmen pasar.

Di Indonesia, sudah banyak franchise yang menjadikan fried chicken sebagai menu utama. Namun, Wahyu mengatakan d’BestO justru melihat ada sektor yang belum terjamah yakni outlet fried chicken yang terjangkau dan bisa dinikmati berbagai kalangan, memiliki rasa yang lezat, konsisten, dan bersertifikasi MUI.

“Intinya, produk yang kita jual pasti ada waktunya akan sama atau mirip dengan kompetitor. Namun, selalu ada jalan untuk menemukan celah yang bisa kita maksimalkan,” ujarnya dalam keterangan resminya.

Di samping itu, inovasi merupakan salah satu hal penting bagi keberlangsungan suatu bisnis. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, fokus pada inovasi juga berpeluang membuat pengeluaran membengkak. Untuk menyiasatinya, d’BestO memilih untuk fokus berinovasi dengan memaksimalkan bahan baku yang telah ada. Misalnya, agar konsumen tidak bosan, d’BestO selalu mengeluarkan menu baru setiap tiga-empat bulan sekali.

“Selain efisiensi, inovasi menggunakan bahan baku yang sudah ada juga memungkinkan kami untuk fokus pada keunggulan kami, yakni aneka produk fried chicken, burger, dan turunannya,” kata Wahyu. 

Baca juga: 5 Kelebihan Franchise untuk Pebisnis Pemula, Salah Satunya Dapat Pelatihan Usaha
 
 

Biaya Franchise d'Besto

Di tengah persaingan bisnis fried chicken yang cukup ketat, franchise bisa menjadi pilihan kalian untuk memulai bisnis. Selain tak perlu membangun branding merek dari awal, kalian juga tak harus repot untuk menyiapkan peralatan dan bahan baku untuk membuka bisnis.

Untuk memulai memulai bisnis franchise d'bestO syaratnya cukup mudah. Pertama, menyiapkan lokasi outlet yang wajib berada di pinggir jalan, dan bukan dalam bangunan atau food court. Kedua, kalian harus membayar biaya lisensi franchise sebesar Rp200 juta.

Dengan biaya tersebut, kalian akan mendapatkan alat produksi, bahan baku awal, training karyawan, dan pembuatan mini resto berukuran 7 meter persegi hingga 10 meter persegi. Dengan modal tersebut, kalian diproyeksikan akan mendapat omzet dalam sehari mencapai Rp5-Rp15 juta, sedangkan laba bersihnya sebesar 25%.

Adapun, calon mitra juga harus membayar royalti bulanan sebesar 3 persen, dan diperkirakan bisa balik modal dalam kurun waktu 8 bulan.

Selain itu, d'BestO juga membuka peluang kerja sama bagi mitra yang ingin menjadi investor saja. Nilai investasinya tetap sebesar Rp200 juta. Sebagai investor, mitra tinggal menaruh uang dan semua pengelolaan dikendalikan oleh manajemen pusat d'BestO, mulai dari operasional bisnis, bahan baku, hingga keperluan pemasaran (marketing).

Dengan skema kerja sama ini, calon mitra akan mendapatkan sistem bagi hasil sebesar 70% untuk pihak manajemen pusat, dan 30% untuk investor atau calon mitra. Adapun, bagi kalian yang tertarik membuka gerai d'BestO bisa langsung menghubungi mereka melalui alamat email [email protected], via WhatsApp, atau mengunjungi situs resminya

Baca juga: Tertarik Bisnis Kopi? Segini Biaya Franchise Fore Coffee

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

9 Lokasi Car Free Day 24 Desember 2023 di Jabodetabek

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Hotel Dekat Bandara Soekarno Hatta 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: