Ilustrasi berbisnis (Sumber: Freepik)

5 Kelebihan Franchise untuk Pebisnis Pemula, Salah Satunya Dapat Pelatihan Usaha

17 July 2023   |   15:00 WIB

Saat hendak membuka bisnis baru, salah satu pertanyaan besar yang muncul adalah bisnis apa yang akan dijalankan. Tak hanya itu, strategi bisnis agar bisa mendapat cuan dan pengelolaan sumber daya juga harus dipikirkan dengan matang. Rintangan awal ini kerap jadi hambatan bagi para pebisnis pemula. 

Namun, opsi membuka bisnis tidak hanya dengan memulai dari nol saja. Saat ini ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakoni tanpa harus mengembangkan merek sendiri. Salah satunya adalah franchise atau waralaba.

Waralaba adalah metode kerja sama bisnis dengan menggunakan merek orang lain yang sudah ada. Dalam waralaba terdapat dua pihak utama: pihak franchisor atau pewaralaba yang mengantongi hak milik usaha dan pihak franchisee atau terwaralaba yang menggunakan suatu merek dengan hak kelola.

Dengan menjadi terwaralaba, seseorang bisa menjual produk atau jasa dan mendapat keuntungan. Keuntungan dengan waralaba umumnya lebih terjamin karena citra merek yang sudah tercipta di masyarakat sehingga tidak perlu melakukan promosi sendiri. 

Baca juga: Rekomendasi 9 Bisnis Franchise yang Bisa Dicoba pada 2023, dari Mixue hingga Sambal Bakar

Bagi Genhype yang ingin mulai berbisnis, waralaba bisa menjadi pilihan. Ada banyak keuntungan jika memilih waralaba. Apa saja itu?
 

1. Risiko Lebih Kecil

Risiko waralaba jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan memulai bisnis baru dari awal. Waralaba menawarkan kepastian karena sistem bisnisnya sudah terbukti efektif. Suatu merek bisa menjadi waralaba saat yang ditawarkan bukan hanya produk saja tetapi juga sistem manajemen bisnis untuk diadopsi oleh setiap terwaralabanya. Hal ini menguntungkan pemula yang masih belajar cara manajemen suatu bisnis.
 

2. Branding yang Sudah Terbentuk

Mempromosikan produk adalah langkah yang penting untuk mendapat konsumen. Membentuk brand baru akan membutuhkan lebih banyak sumber daya dan waktu. Dengan waralaba, kamu tidak perlu melakukan branding dan promosi dari awal. Kebanyakan merek waralaba sudah populer lebih dulu dan bisa cepat menjaring konsumen tanpa promosi berlebih.
 

3. Mendapat Pelatihan Usaha

Jika Genhype membuka laman perusahaan waralaba yang populer belakangan ini, kamu akan menemukan penawaran berupa pelatihan. Ini adalah hal yang selalu didapatkan terwaralaba.

Dalam mengelola usaha waralaba, diperlukan keterampilan khusus, sesuai dengan jenis usahanya. Namun, pebisnis pemula tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena biasanya ada pelatihan yang diberikan. Pelatihan itu termasuk aspek operasional, keuangan, hingga manajemen sumber daya. 
 

4. Peluang Untung Lebih Besar

Saat membeli usaha franchise, modal yang kamu keluarkan sudah mencakup banyak hal. Selain itu, hanya perlu mengalokasikan perputaran uang untuk belanja harian. Pebisnis waralaba tidak perlu mengeluarkan modal lain untuk promosi besar-besaran. Jika memilih lokasi bisnis yang strategis, jumlah konsumen akan lebih tinggi dan secara otomatis keuntungan lebih besar. 
 

5. Jaringan Kerjasama Bisnis

Sebuah bisnis tidak bisa berjalan sendiri. Ada bisnis lain yang menyokong, seperti penyedia bahan baku, penyewa tempat, kurir, dan lain-lain. Untuk waralaba, koneksi bisnis pendukung ini bisa didapat dengan mudah karena sudah tercipta jaringan yang luas dan reputasi. Tak jarang, akses untuk jaringan kerjasama ini disediakan langsung oleh perusahaan pewaralaba sehingga tidak perlu mencari sendiri. 

Itu dia lima keuntungan memilih waralaba untuk bisnis pemula. Selamat mencoba, Genhype

Baca juga: Begini Rahasia Memilih Bisnis Franchise Makanan, Biar Cepat Balik Modal & Untung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Waduh, BSSN Catat Ada 102 Juta Malware & 11 Juta Informasi Bocor pada Paruh Pertama 2023

BERIKUTNYA

Menelisik Pencarian Abstrak Rendy Raka Pramudya dalam Medium Lukis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: