Ilustrasi Car Free Day. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

9 Lokasi Car Free Day 24 Desember 2023 di Jabodetabek

23 December 2023   |   09:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Satu kegiatan identik berlangsung setiap hari Minggu ialah car free day atau CFD. Dikenal sebagai hari bebas kendaraan, CFD merupakan gerakan untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar. 

CFD juga erat kaitannya dengan mengampanyekan pentingnya udara bersih. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi, ke angkutan umum massal sehingga berkontribusi dalam penurunan pencemaran udara kota. 

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Car Free Day di Sejumlah Wilayah Indonesia, Batam sampai Surabaya

Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan penting dan serunya CFD. Setiap Minggu, beberapa ruas jalan khusus CFD pasti akan dipenuhi orang-orang dengan berbagai kegiatan, mulai dari olahraga, berkesenian, atau sekadar rekreasi pagi untuk menghirup udara segar.

Bagi kalian yang berencana untuk CFD pada esok hari, Minggu (24/12/2023), berikut adalah sejumlah titik yang bisa dikunjungi di kawasan Jabodetabek.
 

1. Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin

Lokasi CFD ini memang menjadi salah satu spot favorit warga Jakarta. Pemerintah setempat telah menyatakan bahwa meski bertepatan dengan malam Natal, kegiatan CFD di Sudirman-MH Thamrin tetap diadakan pada 24 Desember 2023.

Titik Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dibuka untuk CFD setiap Minggu mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan CFD di tempat ini berlangsung dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Bundaran Senayan. Setiap Minggu, pasti akan banyak orang dari berbagai daerah memadati kawasan ini. 
 

2. Jalan RA Fadillah Cijantung

Spot CFD lain yang juga ada di Jakarta Timur ialah Jalan RA Fadillah Cijantung yang berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Di lokasi satu ini, warga bisa memanfaatkannya untuk bersepeda, jogging, ataupun sekadar jalan santai bersama keluarga, teman, dan pasangan. Selain itu, bagi warga yang mempunyai usaha dapat berjualan di area yang sudah disediakan di lokasi CFD tersebut. 

Ilustrasi Car Free Day. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

3. Jalan Pemuda Rawamangun

Bagi kalian yang tinggal di Jakarta Timur dan ingin CFD pada esok hari bisa mendatangi Jalan Pemuda Rawamangun. CFD di lokasi ini biasanya dilaksanakan pada Minggu keempat setiap bulannya mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Lokasi ini menjadi spot favorit bagi warga sekitar lantaran mereka bisa bebas melakukan berbagai aktivitas, utamanya berolahraga. 
 

4. Jalan Sudirman Bogor

Warga Bogor juga punya tempat CFD seru yakni di Jalan Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. CFD di titik ini berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Semua warga dilarang untuk melintasi sepanjang Jalan Sudirman.

Namun, pemerintah setempat juga menyiapkan beberapa titik parkir kendaraan seperti di samping Bank BTN, halaman Lautan, seberang PLN, halaman BoPer, dan depan martabak Air Mancur. 
 

5. Jalan Ahmad Yani-Summarecon

Satu lokasi favorit CFD warga Bekasi adalah Jalan Ahmad Yani-Summarecon. Kegiatan CFD di lokasi ini berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB, di ruas Jalan Ahmad Yani sampai dengan Summarecon Kota Bekasi.
 

Ilustrasi Car Free Day. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Ilustrasi Car Free Day. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

6. Meikarta Lippo Cikarang

Pilihan lokasi CFD di Bekasi yang juga menarik untuk dikunjungi yakni di area District 2 Meikarta yang rutin diadakan setiap Minggu, mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Selain bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner dari para UMKM.
 

7. Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Stadion Wibawa Mukti Cikarang adalah tempat yang ideal untuk berolahraga ringan seperti jogging atau bersepeda. Untuk mengikuti kegiatan CFD di lokasi satu ini, kalian bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB setiap hari Minggu.


8. Boulevard Grand Depok City (Jalan Citayam-KSU)

Kegiatan CFD di Depok salah satunya digelar di Boulevard Grand Depok City mulai dari Jalan Citayam hingga Jalan KSU Raya. Digelar setiap Minggu, CFD di lokasi ini berlangsung mulai dari pukul 06.30 WIB hingga 09.00 WIB. Selain olahraga, beberapa kegiatan seru lainnya juga biasanya digelar di titik ini seperti mendongeng, baca buku, dan kelas parenting
 

9. Tugu Tangerang (Jalan M Yamin)

Warga Kota Tangerang juga punya tempat CFD seru yang digelar di Tugu Adipura sepanjang Jalan Veteran-Jalan M. Yamin. Kegiatan CFD di lokasi ini digelar setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB. Biasanya, sepanjang ruas itu akan ramai warga yang melakukan berbagai kegiatan seperti jalan santai, mengajak anak bermain, hingga berburu kuliner. 

Baca juga: Hypereport: Menyiapkan Masa Depan Jakarta 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Snowball Cookies yang Enak & Lembut, Kue Natal Khas Eropa

BERIKUTNYA

Minat Bisnis Fried Chicken? Begini Syarat, Biaya & Keuntungan Franchise d'BestO

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: