Sup buah pir (Sumber gambar: unsplash/hudiemm)

Resep Sup Buah Pir, Cocok untuk Meredakan Batuk dan Pilek

09 November 2023   |   19:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Genhype, cuaca tidak menentu yang terjadi pada saat ini telah membuat banyak orang mudah terkena penyakit seperti batuk dan pilek. Perubahan atau tidak menentunya cuaca inilah yang membuat tubuh kita harus mampu untuk beradaptasi dengan cepat.

Namun, apakah perubahan atau tidak menentunya cuaca pada saat ini yang menyebabkan banyak orang mudah terkena penyakit seperti batuk dan pilek? pada kenyataannya tidak, melainkan bakteri yang berkembang biak di dalamnya.

Satu penelitian yang dilakukan oleh Yale University menunjukkan bahwa di musim pancaroba ini suhu udara mengalami penurunan yang akhirnya menjadikan kondisi yang sangat sempurna bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak, terutama batuk dan pilek.

Saat musim hujan, disaat udara menjadi dingin, sel-sel tubuh yang awalnya berfungsi mendeteksi virus berubah menjadi membeku dan tidak dapat berfungsi maksimal melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa kita  lebih rentan terkena batuk dan pilek. Belum lagi laju penularan melalui udara yang sangat cepat.

Hal yang sama juga berlaku pada peralihan musim hujan ke musim kemarau karena suhu menghangat dan mendorong kita untuk beraktivitas di luar ruangan. Perubahan suhu yang drastis ini juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala dan juga merupakan gejala awal dari pilek. Terlalu banyak paparan sinar matahari bahkan bisa mengganggu aktivitas otak.

Namun, Genhype tak perlu khawatir, untuk meredakan batuk dan pilek ini cukup mudah kok. Hanya dengan buah pir, kita sudah bisa meredakan penyakit tersebut. Sup buah pir bisa menjadi resep herbal rumahan yang paling tepat apabila sedang terkena batuk dan pilek. Sup buah pir memiliki rasa kuah yang segar, buah tersebut sangat cocok untuk menghangatkan tenggorokan kita.

Sup buah pir memiliki rasa yang segar, buah ini sangat cocok untuk menghangatkan tenggorokan. Buah pir dipercaya dapat membantu meredakan batuk, mengurangi dahak, mengatur suhu tubuh, serta menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Selain meredakan batuk, sup buah pir  juga disebut-sebut dapat meningkatkan fungsi paru-paru  bahkan mencegah masuk angin.

Jika dipadukan dengan madu, sup buah pir juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan sehingga memberikan rasa nyaman saat tenggorokan sedang gatal. Tak hanya bermanfaat untuk dapat mengatasi masalah pernapasan, buah pir juga dikenal sebagai anti inflamasi alami. Artinya buah pir dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Berikut resep dan cara membuat sup buah pir yang bisa dipraktikkan di rumah:

Bahan-bahan:

1. Buah pir
2, Cengkih (Opsional)
3. Air
4. Jahe
5. Kayu manis
6. Madu

Cara pembuatan:

1. Kupas buah pir dan potong-potong menjadi beberapa bagian
2. Tancapkan cengkeh ke buah pir tersebut
3. Siapkan air, masukan jahe dan kayu manis lalu panaskan air tersebut hingga mendidih selama kurang lebih 10 menit
4. Setelah air tersebut mendidih, angkat jahe dan kayu manis yang sebelumnya dicampurkan kedalam rebusan air tersebut
5. Masukan buah pir yang telah di potong menjadi beberapa bagian tersebut, lalu campurkan dengan madu
6. Rebus kembali sampai 10 menit
7. Jika sudah, masukan ke dalam mangkuk dan sup buah pir sudah bisa dinikmati


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Apakah Kucing Bisa Merasakan Sedih? Ini Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

BERIKUTNYA

Punya Banyak Potensi & Manfaat, Menkes Ingin Temulawak Sepopuler Ginseng dari Korea

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: