Choi Ye-na. (Sumber gambar: Yena Official X)

Solois Choi Ye-na Siap Comeback dengan Album Baru pada Januari 2024

22 December 2023   |   19:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Solois Korea Selatan Choi Ye-na bersiap untuk comeback dan kembali menyapa penggemarnya. Penyanyi yang dikenal dengan mononim Yena itu akan merilis album anyar pada 15 Januari 2024 mendatang. Informasi tersebut disampaikan olen agensi Yena, Yuehua Entertainment, pada hari ini, Jumat (22/12/2023).

Melalui akun X resminya, Yuehua Entertainment tampak mengunggah sebuah poster yang menjadi kisi-kisi album terbaru Yena. Poster tersebut menampilkan visual langit malam yang hitam dan bintang-bintang bersinar, sehingga menciptakan atmosfer yang indah.

Baca juga: Choi Ye-na & Jihan Weeekly Debut sebagai Aktris di Drama The World of My 17 Musim Kedua

Di tengahnya, tampak gumpalan awan merah muda dan gelombang warna misterius yang terlihat melalui sebuah pintu terbuka yang menerangi gurun pasir. Semua elemen tersebut menambah kesan misterius dari teaser poster album anyar Yena. Adapun, pihak agensi juga mengumumkan album Yena akan dirilis pada 15 Januari 2024 pukul 6 sore KST.
 

Pengumuman comeback Yena ini datang setelah sang penyanyi merilis album terakhirnya, Hate XX, tujuh bulan lalu atau tepatnya pada 27 Juni 2023. Hate XX merupakan album kedua yang dirilisnya pada 2023, setelah meluncurkan Love War pada 16 Januari 2023. 

Kedua album tersebut masing-masing terdiri atas 3 trek. Album Hate XX berisikan single Bad Hobby, Hate Rodrigo yang duet dengan Yuqi (G)I-dle, dan Wicked Love. Sementara album Love War terdiri atas lagu Intro; Love is Over, Wash Away, dan Love War yang berduet dengan Be'O.

Setelah merilis album Hate XX, Yena juga merilis single debut Jepangnya berjudul Smiley-Japanese Ver yang berkolaborasi dengan rapper asal Negeri Sakura, Chanmina. Meski demikian, Smiley sendiri bukan karya baru Yena, melainkan single debut solonya yang dirilis pada 2022. Namun, kali ini sang penyanyi mengemasnya dengan bahasa Jepang, dan aransemen musik yang berbeda.

Perilisan single tersebut menandai debut Yena untuk memperkenalkan karya-karya musiknya di Jepang. Secara khusus, single Smiley mencapai hasil yang signifikan dengan menduduki puncak Oricon Daily Single dan Weekly Single Rankings serta Billboard Japan Top Single Sales Chart.

Selain aktivitas album, Yena juga diketahui berpartisipasi dalam berbagai festival seperti Someday Festival 2023 dan 2023 7th Korea Youth Day Concert. Selain itu, penyanyi berusia 24 tahun itu juga aktif di berbagai bidang, termasuk menjadi model gim online populer dan terpilih sebagai duta hubungan masyarakat di Festival Animasi Internasional Bucheon ke-25 (BIAF 2023).
 


Profil Choi Ye-na
Choi Ye-na adalah penyanyi sekaligus aktris Korea kelahiran 29 September 1999. Dara kelahiran Gangdong, Seoul, ini memulai kariernya dengan menjadi personel girlgroup Korea-Jepang Iz*One. Kesempatan itu didapatkannya setelah Yena mengikuti acara survival girlgroup realitas Produce 48.

Dia akhirnya menempati posisi keempat dari kompetisi tersebut dan menjadi member Iz*One bersama 11 orang lainnya yakni Eun-bi, Miyawaki, Hye-won, Chae-yeon, Chae-won, Min-ju, Yabuki, Hitomi, Yu-ri, Yu-jin, dan Won-young. Di bawah naungan agensi Yuehua Entertainment, mereka debut dengan merilis album mini Color*lz pada 28 Oktober 2018.

Sejak itu, karier Yena terbuka dan merambah ke berbagai bidang selain musik. Dia terlibat di berbagai acara televisi kenamaan Korea seperti Prison Life of Fools dan Girls High School Mystery Class. Termasuk, menjadi pembawa acara di program Fireworks Handsome dan Yena's Animal Detective.

Namun, pada 2021, Yena keluar Iz*One seiring dengan grup tersebut bubar. Setahun berselang, dia akhirnya melanjutkan karier bermusiknya secara solo dengan merilis album mini Smiley pada 20 Januari 2022. Setelahnya, sang solois juga meluncurkan tiga album mini lain yakni Smartphone (2022), Love War (2023), dan Hate XX (2023).

Sepanjang kariernya, Yena tercatat telah memenangkan sejumlah penghargaan antara lain menjadi Best Musician Award di Asia Artist Awards 2022, New Icon of the Year di Circle Chart Music Awards 2023, dan Trend Wannabe Icon Award di Hanteo Music Awards 2023.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

8 Lagu Penuh Cinta untuk Ibu, dari The Rolling Stones hingga Slank

BERIKUTNYA

Terarium Peluang Bisnis Tanaman Minimalis di Tengah Kota Metropolis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: