G-Dragon (Sumber Foto: Twitter/@gdragonupdate)

G-Dragon Resmi Berpisah dengan YG Entertainment, Siap Gabung Agensi Baru?

21 December 2023   |   15:16 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

G-Dragon akhirnya berpisah dengan YG Entertainment, agensi yang telah menaunginya dan BIGBANG selama 15 tahun. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh YG Entertainment lewat peryataan resmi yang dirilis pada 20 Desember 2023.

Belakangan ini G-Dragon dikabarkan terlibat kasus penyalahgunaan narkoba. Namun, pada 18 Desember 2023 kemarin, G-Dragon dibebaskan dari segala tuduhan tersebut. Pria pemilik nama asli Kwon Ji-yong tersebut direncanakan menggelar konferensi pers 21 Desember 2023, tetapi  YG Entertainment menyatakan bahwa G-Dragon tidak akan muncul dalam konferensi pers tersebut. Lebih lanjut agensi juga mengumumkan bahwa G-Dragon sudah tidak bersama mereka lagi.

Baca juga: Daesung BigBang Comeback Solo dengan Lagu Flow 18 Desember 2023

"G-Dragon adalah salah seorang artis ikonik dari agensi kami sejak debutnya bersama BIGBANG pada tahun 2006. Ini, Sungguh sebuah kehormatan kami bisa menghabiskan bersamanya," tulis pernyataan resmi YG Entertainment.

Agensi dengan tulus mendoakan G-Dragon untuk mencapai kesuksesan dalam babak baru perjalanan hidupnya. Mereka juga meminta dukungan dan semangat yang besar dari para penggemar G-Dragon dan BIGBANG.

Mengutip dari Soompi, isu perpisahan G-Dragon dengan YG Entertainment muncul setelah kontrak sang rapper habis pada Juni 2023 lalu. Saat itu sama sekali tidak ada pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak. Satu-satunya pembicaraan terkait kontrak yang mencuat ke publik, yakni ketika YG Entertainment bilang bahwa mereka akan menerbitkan kontrak terpisah untuk menangani aktivitas G-Dragon di luar musik, misalnya untuk proyek iklan, endorsement, dan lainnya.

Keputusan ini tentu membuatnya para penggemar bertanya-tanya mengenai masa depan G-Dragon di industri hiburan Korea Selatan. Namun, mereka juga memahami bahwa perpisahan G-Dragon dengan YG menandai awal dari babak baru dalam kariernya.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa G-Dragon akan bergabung dengan Galaxy Corporation. Namun, perusahaan tersebut bukanlah semacam agensi manajemen artis seperti YG. Galaxy Corporation terkenal dengan kecerdasan buatan (AI), metaverse, mengembangan hak kekayaan intelektual (IP), serta lisensi. Mereka juga terlibat dalam produksi, manajemen, dan perdagangan. Selain itu Galaxy Corporation juga berperan dalam menciptakan beberapa acara TV populer seperti Physical: 100 dan Street Woman Fighter.

G-Dragon kini menjadi aggota BIGBANG terakhir yang keluar dari agensi. Anggota lainnya seperti Taeyang bergabung dengan The Black Label, anak perusahaan YG. Daesung bergabung dengan R&D Entertainment sejak April 2023. Sementara T.O.P memutuskan untuk meninggalkan BIGBANG.

Sudah 15 tahun sejak pertama kali dia bergabung dengan YG. Sebelumnya pria kelahiran 1988 tersebut sempat menjadi trainee di SM Entertainment. Setelah enam tahun menjadi menjalani pelatihan di bawah label YG, G-Dragon secara resmi debut sebagai anggota dari grup vokal pria Big Bang pada 2006 bersama Dong Youngbae atau Taeyang, Choi Seung Hyun atau T.O.P, Kang Dae Seong atau Daesung, dan Lee Seung Hyun atau Seungri.

Selain sebagai rapper dan vokal dalam BIGBANG, dia juga terlibat dalam penulisan, penyusunan dan pembuatan sebagian besar lagu-lagu grupnya. Di antaranya termasuk lagu-lagu hits seperti Lies, Last Farewell, dan Day by Day.

Baca juga: BLACKPINK Perpanjang Kontrak Eksklusif, YG Entertainment Langsung Cuan



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Eksplorasi Bermusik Baru Fatin Shidqia dalam Single Jangan Tersesat, Sayang

BERIKUTNYA

Tegas! Pakar Sebut Susu Formula Tidak Bisa Atasi Stunting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: