G-Dragon. (Sumber gambar: G-Dragon/Instagram)

YG Entertainment Serahkan Hak Merek Dagang G-Dragon dan GD Tanpa Kompensasi

02 August 2024   |   18:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

G-Dragon, leader sekaligus rapper grup K-pop BigBang kini memegang semua trademark atau hak merek dagang atas nama panggungnya dari YG Entertainment. Padahal tahun lalu, pria pemilik nama asli Kwon Ji-yong tersebut resmi mengakhiri kontraknya bersama agensi yang menaunginya sejak debut itu.

Adapun pihak YG Entertainment sendiri mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Berdasarkan pernyataan dari perwakilan mereka, proses pengalihan hak merek dagang dilakukan tanpa ada kompensasi finansial pada 1 Agustus 2024 kemarin. 

Baca juga: G-Dragon Umumkan Comeback pada Paruh Kedua 2024 dengan Agensi Baru

"Memang enar, kami sudah menyerahkan sepenuhnya semua hak merek dagang kepada G-Dragon, termasuk nama panggung G-Dragon dan GD ,” kata YG Entertainment dikutip dari Soompi, pada Jumat (2/8/2024).

YG Entertainment menganggap bahwa nama G-Dragon sudah melekat erat dengan identitas Kwon Ji-yong. Dia juga dipanggil G-Dragon saat masih menjadi trainee sebelum debut bersama BigBang pada 2006. Dengan demikian, G-Dragon masih tetap bisa menggunakan nama panggungnya untuk proyek solonya di masa depan. 

Sementara itu, Galaxy Corporation selaku agensi baru G-Dragon juga telah mengonfirmasi pengalihan merek dagang tersebut. Mereka menyebutkan ke depannya tidak akan ada masalah terkait hal tersebut.

"Kami mengonfirmasi bahwa hak merek dagang atas nama G-Dragon telah diberikan kepadanya, tidak ada masalah dalam menggunakan nama G-Dragon untuk promosi," ujar perwakilan dari Galaxy Corporation. 

Adapun G-Dragon sendiri kabarnya sedang menyiapkan comeback solo tahun ini. Galaxy Corporation mengonfirmasi bahwa dia akan merilis album barunya sebelum akhir 2024. Meski begitu belum ada tanggal dan bulan yang pasti.

"Belum ada waktu spesifik yang ditetapkan soal comeback G-Dragon, tidak benar bahwa [albumnya] sudah selesai pada Oktober, diskusi masih dilakukan. Namun seperti yang diumumkan sebelumnya, dia memang akan merilis album baru sebelum tahun ini berakhir," ujar perwakilan Galaxy Corporation, dikutip dari Ten Asia.

Sebagai informasi, G-Dragon adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu, dan produser rekaman asal Korea Selatan. Setelah enam tahun menjadi trainee di bawah label rekaman YG Entertainment, G-Dragon secara resmi debut sebagai anggota dari boy group BigBang pada 2006. 

G-Dragon ikut terlibat dalam penulisan, penyusunan dan pembuatan sebagian besar lagu-lagu BigBang, termasuk karya-karya hits mereka seperti Fantastic Baby, Bang Bang Bang, Loser, Sober, We Like 2 Party, Bae Bae, Still Life, dan masih banyak lagi.

Album solo debutnya, Heartbreaker, menjadi salah satu album tersukses pada 2009 dengan penjualan melebihi 200.000 kopi dan memenangkan penghargaan Album of the Year di MAMA (Mnet Asian Music Award) 2009.

Album ini menampilkan lagu-lagu kolaborasinya bersama para musisi seperti Teddy dari 1TYM, Taeyang, Kush, CL dan Sandara Park dari 2NE1. Lagu-lagu solonya sepanjang kariernya juga meraih popularitas tinggi, seperti One of a Kind, Crayon, That XX, dan Crooked.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Musisi Senior dan Vokalis OM Pancaran Sinar Petromaks Ade Anwar Tutup Usia

BERIKUTNYA

Mengenal Fitur Energy Score di Galaxy Watch7, Apa Fungsinya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: