Fatin Shidqia. (Sumber gambar: Sony Music Entertaiment Indonesia)

Eksplorasi Bermusik Baru Fatin Shidqia dalam Single Jangan Tersesat, Sayang

21 December 2023   |   14:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Solois Fatin Shidqia kembali menyapa penggemarnya dengan merilis single anyar bertajuk Jangan Tersesat, Sayang. Balada pop berdurasi 4 menit 15 detik itu merupakan ungkapan sabda cinta dan kebajikan dari sang penyanyi untuk seseorang yang sangat penting dalam hidupnya.
 
Lebih dari sekadar karya baru, single Jangan Tersesat, Sayang juga menjadi semacam rapsodi yang merangkum seluruh perjalanan berkarya Fatin, semenjak dia menggebrak industri musik Indonesia berkat kemenangannya di ajang pencarian bakat X Factor Indonesia tahun 2012 silam.

Baca juga: 10 Lagu Paling Populer Versi Google Trends, Idol dari Yoasobi Paling Dicari
 
Hal itu salah satunya tercermin dalam komposisi lirik Jangan Tersesat, Sayang yang turut menyisipkan nuansa musik dari beberapa karya hit yang pernah diciptakan sang penyanyi seperti Jingga dan Dia Dia Dia. Bagi Fatin, kedua lagu itu akan selalu memiliki tempat istimewa dalam perjalanan bermusiknya.
 
"Tidak terasa bahwa perjalananku dalam berkarya sudah menembus satu dekade. Itulah mengapa, sepanjang penggarapan lagu terbaruku ini, aku punya keinginan untuk memberikan semacam rekognisi untuk semua hal yang telah aku ciptakan. Terlepas demikian, aku juga menyadari bahwa perjalananku masih sangatlah panjang," katanya dalam keterangan resminya.
 

Artwork single Jangan Tersesat, Sayang. (Sumber gambar: Sony Music Entertaiment Indonesia)

Artwork single Jangan Tersesat, Sayang. (Sumber gambar: Sony Music Entertaiment Indonesia)

Makna Lagu Jangan Tersesat, Sayang
Dalam menggarap lagu barunya tersebut, Fatin dibantu oleh penulis lagu dan produser musik kawakan Bianca Nelwan dan Dimas Wibisana. Musisi yang tergabung dalam nama BIANCADIMAS itu diketahui pernah bekerja sama dengan sejumlah penyanyi populer di industri seperti Suara Kayu, Syifa Hadju, dan Prinsa Mandagie.
 
Makna perjalanan menjadi esensi emosi utama untuk lagu Jangan Tersesat, Sayang. Ketika pertama kali didengar, mungkin kebanyakan audiens akan menginterpretasikan lagu tersebut sebagai ungkapan harapan bagi sang kekasih yang terpisah jarak.
 
Akan tetapi, Fatin mengatakan bahwa terdapat makna lebih mendalam yang lirik lagu tersebut siratkan. "Seringkali, justru bukanlah sang kekasih yang dipisahkan oleh jarak, melainkan hati dan jiwa kita sendiri yang mungkin sedang mengembara lebih jauh dari yang kita duga," ujar penyanyi berusia 27 tahun itu.
 
Bagi Fatin, hidup telah mengajarkannya bahwa ada kalanya segala macam kesibukan dan kepenatan yang dihadapi di dunia malah membuat hati dan jiwa terasa 'jauh' dari diri sendiri. Menurutnya, selalu ada momen ketika seseorang mulai lupa akan tujuan hidupnya, dan apa yang sesungguhnya penting dalam hidup.
 
"Di mata aku, lagu Jangan Tersesat, Sayang menjadi pengingat hangat bagi diriku sendiri dan semua orang yang mendengarkan, bahwa apapun itu perjalanan hidup kita, jangan sampai kepenatan dan rasa lelah membuat kita jadi kehilangan arah," ucap pelantun lagu Aku Memilih Setia itu.
 

Lagu Jangan Tersesat, Sayang juga menjadi karya yang spesial dan serba pertama bagi Fatin. Pasalnya, ini kali pertama baginya menciptakan lagu dengan mengangkat tema self love atau mencintai diri sendiri. Selain itu, lagu ini juga menjadi kali pertama Fatin bekerja sama dengan Bianca Nelwan dan Dimas Wibisana.
 
"Terakhir, aku menilai ini kali pertama aku menggarap sebuah karya yang sifatnya fleksibel. Aku rasa para pendengar lagu Jangan Tersesat, Sayang bisa memahami emosi yang disampaikan oleh lagu ini terlepas dari di mana mereka sekarang dalam perjalanan hidup mereka," katanya.
 
Kamga Mo yang bertindak sebagai vocal producer untuk lagu Jangan Tersesat, Sayang, menilai Fatin kembali menunjukkan kualitas vokalnya yang unik melalui karya barunya. Menurutnya, sang solois punya tekstur dan tempo vokal yang tidak dimiliki oleh penyanyi manapun.
 
"Fatin tahu betul bagaimana cara mengenakkan sebuah lagu. Dan, sebagai vocal producer, aku tidak punya keluhan sama sekali mengenai performa Fatin," ungkap mantan vokalis Tangga itu.
 
Sementara itu, sebagai penulis dan produser lagu Jangan Tersesat, Sayang, BIANCADIMAS mengatakan bahwa Fatin memang penyanyi yang tepat untuk menghembuskan nyawa bagi lagu tersebut. Sebagai produser lagu ini, katanya, fokus utama mereka adalah memastikan agar produksi dan aransemen musiknya tidak mendistraksi pendengar dari vokal Fatin yang sangatlah khas.
 
"Tidak setiap hari kita bisa menemukan penyanyi andal yang juga memiliki sudut pandang yang jeli dan kemampuan menulis lagu yang mumpuni," kata BIANCADIMAS.

Baca juga: Daesung BigBang Comeback Solo dengan Lagu Flow 18 Desember 2023



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

5 Fakta Karakter Mera yang Diperankan Amber Heard di Aquaman 2

BERIKUTNYA

G-Dragon Resmi Berpisah dengan YG Entertainment, Siap Gabung Agensi Baru?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: