Apple Watch. (Sumber foto: Pexels/cottonbro)

Tersangkut Sengketa Paten, Apple Watch Series 9 & Ultra 2 Ditarik dari Pasar AS

20 December 2023   |   16:31 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Secara mengejutkan, Apple mengumumkan penarikan model jam tangan pintar terbarunya, Series 9 dan Ultra 2, dari pasar Amerika Serikat mulai 21 Desember 2023. Keputusan ini dinilai sangat penting karena berpotensi menandai dimulainya peraturan pemerintah AS terbaru di bidang teknologi.

Apple memutuskan untuk menarik produknya setelah paten untuk kedua model Apple Watch tersebut digugat oleh Komisi Perdagangan Internasional (International Trade Commission/ITC). Dikutip dari CBS News, Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 memiliki teknologi yang bisa mendeteksi oksigen dalam darah.

Baca juga: 5 Perbedaan Smartwatch dan Smartband, Ketahui Fungsi & Fitur Utamanya

Fitur oksigen darah di perangkat memungkinkan pengguna Apple Watch mengukur tingkat oksigen dalam darahnya. Kadar oksigen darah yang rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Teknologi tersebut ternyata melanggar paten milik perusahaan teknologi dalam bidang kesehatan bernama Masimo. Sebelumnya, Masimo sempat mengajak Apple untuk melakukan pembicaraan terkait penggunaan peralatan perusahaan teknologi medis itu dalam produk Apple pada 2013. Namun tidak membuahkan hasil.

Apple lantas merekrut dua eksekutif Masimo dan insinyur kunci dari perusahaan tersebut untuk menduplikasi teknologi Masimo secara ilegal. Perusahaan tersebut mengklaim Apple telah melanggar paten milik mereka dan menggugat kasus ini pada 2020 di Pengadilan Pusat California.

Pada 2021, kasus ini juga dibawa ke ITC dan membuat keputusan pada Oktober 2023 yang dimenangkan Masimo dan membuat Apple harus menerima konsekuensi. Pihak ITC menetapkan kedua model Apple Watch tersebut menggunakan teknologi yang telah dipatenkan oleh Masimo.

Meskipun demikian, Apple masih punya kesempatan untuk kembali menjual kedua produknya di pasar Amerika Serikat. Panel peninjau presiden kini sedang meninjau putusan ITC, dan periode peninjauan tersebut dijadwalkan berakhir pada 25 Desember. Batas waktu ini mendorong Apple untuk menarik perangkat Apple Watch mulai akhir pekan ini.

Apple mengatakan bagi para pemilik Watch Series 9 dan Ultra 2 yang sudah terlanjur membeli dua produk tersebut tidak akan terkena dampak. Fitur pendeteksi oksigen dalam darah juga akan tetap berfungsi pada perangkat tersebut.

Penarikan kedua produk tersebut juga berdampak di Indonesia, karena setelah sengketa akibat masalah paten, jam pintar Apple Watch S9 dijual dengan harga yang cukup murah. Berdasarkan halaman resmi iBox Indonesia, Apple Watch S9 saat ini dijual dengan harga Rp 6.000.000, lebih murah sekitar 18 persen dari harga aslinya, sementara untuk Apple Watch Ultra 2 juga dibanderol dengan harga diskon yakni Rp 15.999.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Spesifikasi dan Harga Realme C67, Lebih Trendi dengan Mode Street Fotografi

BERIKUTNYA

Penyebab dan Gejala Stiff Person Syndrome yang Diderita Celine Dion

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: