Ilustrasi iPhone (dok: Unsplash/Arnel Hasanovic)

Apple Luncurkan Pembaruan iOS 14.7.1, Apa Saja yang Baru?

27 July 2021   |   10:49 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Belum sepekan setelah peluncuran iOS 14.7, Apple kembali meluncurkan iOS 14.7.1. Pembaruan sistem operasi itu dihadirkan untuk memperbaiki beberapa gangguan atau bug yang dilaporkan oleh para pengguna Apple Watch. 

Seperti diketahui, setelah memperbarui sistem operasinya ke iOS 14.7 pengguna Apple Watch mengeluhkan gangguan pada fitur "Buka Kunci dengan iPhone". Mereka mengeluh lantaran fitur tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya seperti di iOS 14.6 atau pembaruan sebelumnya.

Sebagian besar pengguna yang mengeluhkan gangguan tersebut adalah pengguna iPhone dengan sistem penguncian atau keamanan Touch ID. iPhone yang masih menggunakan sistem tersebut adalah iPhone keluaran lama sebelum iPhone X dan iPhone SE 2020 atau iPhone SE generasi kedua.

Melansir The Verge pada Selasa (27/7/2021), iOS 14.7.1 ternyata tidak hanya memperbaiki bug yang dialami oleh pengguna Apple Watch saja. Apple mengklaim telah meningkatkan sistem keamanan untuk seluruh pengguna perangkat selulernya lewat pembaruan sistem operasi itu.

"iOS 14.7.1 memperbaiki isu yang mana iPhone dengan Touch ID tidak bisa membuka Apple Watch yang sudah dikoneksikan. Selain itu, ada pula pembaruan keamanan penting yang direkomendasikan untuk semua pengguna," demikian pernyataan Apple.

Tidak dijelaskan secara rinci pembaruan keamanan seperti apa yang dibawa oleh Apple lewat iOS 14.7.1. Namun yang jelas, dengan adanya pembaruan ini kemungkinan terjadinya kerusakan memori bisa terarasi.

Di sisi lain, Security Week menyebut bahwa pembaruan keamanan ini adalah kerentanan zero-day ke-13 yang telah diperbaiki Apple tahun ini.

Belum diketahui apakah Apple sudah menindaklanjuti keluhan yang dirasakan oleh sejumlah pengguna iPhone mengenai menurunnya tangkapan sinyal. Tak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan hal tersebut, termasuk pengguna iPhone generasi terbaru seperti iPhone 12, 12 Mini, dan 12 Pro.

Berdasarkan pengamatan Hypeabis, pada iPhone SE 2020 tangkapan sinyal mengalami penurunan satu batang indikator ketika sistem operasi diperbarui dari iOS 14.6 iOS 14.7. Operator yang digunakan adalah Indosat dengan lokasi percobaan yang tidak berubah.

Ketika diperbarui ke iOS 14.7.1 tidak terlihat adanya perubahan signifikan pada kemampuan tangkapan sinyal. Masih stabil dengan dua batang indikator terisi seperti di iOS 14.7 tidak tiga batang indikator seperti saat masih menggunakan iOS 14.6. 

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Kerusakan Kornea Mata Jadi Gejala Baru Long Covid-19

BERIKUTNYA

Ini 7 Cara Melindungi Hewan Peliharaan dari Cuaca Panas Ekstrem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: