Ilustrasi tanaman hias. (Sumber gambar: Huy Phan/Pexels)

8 Tanaman Hias yang Bakal Jadi Tren 2024

19 December 2023   |   16:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Banyak orang menyukai tanaman hias sebagai salah satu elemen dekorasi rumah hingga menjadikannya hobi. Tanaman hias pun tak hanya bernilai estetis, tetapi terbukti baik bagi kesehatan fisik dan mental. Di samping untuk memperindah ruangan, tanaman hias juga bisa menjadi media untuk melembapkan udara sampai meminimalisir racun.

Setiap tahun, tren tanaman hias berganti. Ada beberapa tanaman hias yang populer sepanjang 2023, lalu diperkirakan bakal digemari lagi pada tahun 2024. Namun, ada juga beberapa tanaman hias anyar yang diprediksi bakal populer.

Tanaman berbunga, daun beraneka ragam, dan warna merah jambu disebut akan menjadi tren tanaman hias pada tahun depan. Melansir The Spruce, berikut adalah 8 tanaman hias yang bakal populer pada 2024. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Jenis Tanaman Hias Mudah Dirawat untuk Memperindah Visual Pekarangan


1. Hoya Carnosa Krimson Princess

Hoya merupakan tanaman hias yang dikenal dengan dedaunannya yang unik, bunganya yang wangi, dan bisa merespons lingkungan rumah dengan baik. Sementara itu, Hoya Carnosa Krimson Princess adalah salah satu varietas tanaman hoya yang paling wangi.

Untuk merawat tanaman ini, letakkan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Meski demikian, hoya sejatinya dapat mentolerir ruangan dengan rendah cahaya. Di samping itu, kalian juga bisa menaruh hoya di luar pot, dan menanamnya untuk tumbuh di sepanjang teralis atau pagar kayu. 
 

2. Philodendron Moonlight

Philodendron Moonlight diprediksi akan populer pada 2024 lantaran tampilan daunnya yang bernuansa neon, sehingga menghadirkan kesan menawan pada ruangan.

Tanaman ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari parsial. Ruangan dengan sedikit cahaya bisa menyebabkan pertumbuhan panjang daunnya menjadi kurang sempurna. Selain itu, tanaman ini juga lebih subur ditanam di tanah gembur dan asam, dengan banyak bahan organik.
 

Fyee

Dragon Scale Alocasia (Sumber gambar: Feey/Unsplash)

3. Dragon Scale Alocasia

Dragon Scale Alocasia adalah salah satu varietas tanaman alocasia yang terbilang langka. Daunnya unik lantaran memiliki gradasi warna hijau yang elegan dan estetis. Tanaman alocasia paling ideal diletakkan di lingkungan lembap, misalnya ditaruh di kamar mandi.
 

4. Pink Syngonium

Syngonium adalah tanaman hias yang identik dengan daunnya berbentuk panah, dan berlubang seiring usianya. Varietas tertentu tanaman ini tumbuh lebat, sementara lainnya ada yang tumbuh menjalar atau memanjat. Dari segi warna, daun syngonium biasanya berupa hijau atau putih berbintik.

Namun, tanaman ini juga hadir dalam warna merah muda yang disebut akan menjadi populer pada 2024. Syngonium merupakan pilihan tanaman hias yang tepat karena mudah tumbuh disertai dedaunan berwarna-warni. Perawatannya yang mudah memungkinkan induk tanaman hias dapat menanam syngonium dengan varietas lain dalam pot. yang sama untuk membuat tatanan tanaman yang indah.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menyerap Racun di Udara
 

d

Pink Syngonium (Sumber gambar: Feey/Unsplash)

5. Philodendron Giganteum Blizzard

Daun besar dan motif bintik-bintik membuat tanaman Philodendron Giganteum Blizzard menarik perhatian. Seperti kebanyakan philodendron, varietas tanaman ini mudah tumbuh.

Tanaman satu ini juga lebih suka dengan ruangan dengan cahaya matahari yang konsisten, sehingga kalian bisa meletakkannya di jendela yang menghadap ke barat atau selatan. Atau, bisa juga meletakkannya tepat di depan jendela yang menghadap ke timur dan menambahkan pencahayaan tambahan.
 

6. Monstera Subpinnata

Tren monstera yang populer beberapa tahun terakhir, diprediksi akan berlanjut. Tanaman hias ini masih digemari lantaran menciptakan tampilan yang bagus dan estetis pada ruangan.

Adapun, monstera dengan bentuk yang lebih mirip palem seperti monstera subpinnata dan monstera burle marx flame diperkirakan menjadi tren tahun depan. Ini adalah tanaman merambat yang tumbuh cepat dan subur dalam wadah dengan struktur pendukung seperti batang bambu.
 

d

Monstera Albo (Sumber gambar: Huy Phan/Unsplash)

7. Anthurium Crystallinum

Tanaman anthurium menjadi sangat populer karena daunnya yang berwarna cerah dan tebal. Salah satu jenis varietas yang akan digemari pada 2024 adalah anthurium crystallinum.

Berbeda dengan jenis anthurium lainnya, crystallinum jarang berbunga di dalam ruangan. Sebaliknya, daya tarik utama tanaman hias jenis ini adalah daunnya yang berbentuk hati yang menawan, dengan urat daun tipis yang kontras.
 

8. Monstera Albo

Tanaman dengan daun yang beraneka ragam dan lebih dari satu warna, membuat monstera albo juga diprediksi akan banyak dicari pada 2024. Meski demikian, monstera albo bisa dijual dengan harga mahal, sehingga sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli tanaman ini. Di sisi lain, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang tidak langsung terpapar matahari tetapi terkena cahaya terang, dan gunakan campuran tanah yang memiliki drainase yang baik.

Baca juga: Melirik Peluang Bisnis Tanaman Hias yang Kian Menjanjikan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Bibimbap, Makanan Korea Paling Populer versi Google Trends 2023

BERIKUTNYA

Kemendikbudristek Restorasi Film Dr Samsi (1952) karya Sutradara Ratna Asmara, Begini Cara Nontonnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: