Bibimbap. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Bibimbap, Makanan Korea Paling Populer versi Google Trends 2023

19 December 2023   |   15:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Google telah merilis sejumlah keyword  paling banyak dicari oleh masyarakat dunia sepanjang 2023. Salah satu kategori yang menarik ialah jajaran resep makanan paling populer versi Google Trends. Makanan khas Korea, Bibimbap, berada di posisi atas sebagai resep yang paling dicari masyarakat global.

Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya, seperti sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Bibimbap sendiri berarti nasi campur. Sebelum dimakan, bibimbap memang umumnya diaduk terlebih dahulu agar tercampur antara nasi, lauk, dan bumbunya.

Baca juga: Bibimbap sampai Oppa, Ini 10 Istilah Bahasa Korea yang Sudah Masuk KBBI

Kepopuleran bibimbap di seluruh dunia membuat hidangan ini pada 2017 terdaftar sebagai salah satu dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Travel.
 

Bibimbap. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Bibimbap. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Bibimbap pertama kali dicatat oleh seorang sarjana pada masa Dinasti Joseon antara akhir tahun 1500-an dan pertengahan 1600-an. Meski demikian, asal usul terciptanya bibimbap tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bagaimana makanan satu ini mulai muncul. 

Menukil dari laman Go Go Hanguk, bibimbap muncul lantaran masyarakat Korea melakukan praktik ritual jesa atau upacara untuk dewa desa. Ritual itu membuat mereka mencampurkan nasi, sayuran, dan lauk pauk menjadi satu dalam mangkuk untuk persembahan makanan leluhur, sebelum memakannya sendiri.

Selain itu, ada pula yang menyebutkan bahwa bibimbap hadir setelah perayaan tahun baru. Banyak orang Korea akan akan mencampurkan semua sisa makanan mereka dengan nasi, setelah mengadakan pesta pergantian tahun. Di sisi lain, ada juga pendapat bahwa nasi campur ini tercipta pada masa Perang Imjin ketika rakyat setempat harus menyiapkan masakan yang praktis pada saat-saat genting.

Di negeri asalnya, bibimbap hadir dengan beberapa varian dan yang paling terkenal ialah Jeonju. Varian ini umumnya berupa semangkuk nasi, sayur-sayuran seperti wortel, tauge, lobak putih, dan timun, daging sapi, serta bumbu gochujang dan minyak wijen. 

Selain itu, ada pula dolsot bibimbap yang disajikan dengan mangkuk batu panas, yakcho bibimbap yang mencampurkan rempah-rempah dengan bibimbap, serta hoedeopbap yakni memadukan bibimbap dengan berbagai macam makanan laut mentah seperti tuna, salmon, dan gurita.


Resep Bibimbap

Bibimbap mudah kalian jumpai di sejumlah rumah makan khas Korea. Namun, tak melulu harus membelinya, kalian juga bisa membuat bibimbap sendiri di rumah. Berikut adalah resepnya yang bisa dicoba.


Bahan-bahan:

  • 1/2 buah zucchini, potong kotak kecil
  • 1/2 buah wortel, potong seperti korek api
  • 1/2 ikat bayam, ambil daunnya saja
  • 1/2 bungkus kecil jamur enoki
  • 100 gram daging sapi cincang
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sdm minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
 

Bahan Saus Bibimbap:

  • 4 sdm daesang gochujang
  • 2 sdm air putih
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt cuka beras
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 siung bawang putih, parut
  • Wijen sangrai secukupnya


Isian

  • Nasi putih secukupnya
  • Telur ceplok setengah matang
 

Bibimbap. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Bibimbap. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)


Cara Membuat:

  1. Panaskan teflon dengan sedikit minyak. Tumis zucchini sebentar lalu tambahkan garam dan lada bubuk, dan sisihkan.
  2. Masukkan lagi sedikit minyak lalu tumis wortel sebentar dan tambahkan garam, lada bubuk, dan air sedikit, lalu sisihkan.
  3. Masukkan lagi sedikit minyak lalu tumis jamur enoki sebentar dan tambahkan garam dan lada bubuk, lalu sisihkan.
  4. Masukkan air secukupnya pada teflon lalu masukkan daun bayam dan rebus sebentar lalu sisihkan dalam mangkuk. Tambahkan minyak wijen, bawang putih parut, wijen sangrai, garam, dan lada bubuk, lalu campurkan hingga merata.
  5. Masih pakai telfon yang sama, panaskan sedikit minyak lalu tumis bawang putih parut hingga wangi. Masukkan daging sapi cincang dan matang sampai matang sempurna, tambahkan garam dan lada bubuk lalu sisihkan.
  6. Untuk membuat saus bibimbap, masukkan saus gochujang ke dalam teflon lalu tambahkan air, cuka beras, minyak wijen, kecap asin, gula pasir, bawang putih parut, dan wijen sangrai. Masak semua bumbu dengan api kecil hingga tercampur rata.
  7. Siapkan piring atau mangkuk lalu masukkan nasi putih. Taruh telur di tengah, dan susun semua sayur dan lauk serta saus bibimbap yang telah dimasak di sekelilingnya. Sebagai sentuhan akhir, taburkan wijen sangrai dan sedikit minyak wijen. Bibimbap pun siap dinikmati.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Film Keluarga, Cocok Buat Tontonan saat Libur Akhir Tahun

BERIKUTNYA

8 Tanaman Hias yang Bakal Jadi Tren 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: