Ada sejumlah tanaman hias yang bisa ditaruh di kamar kos untuk menambah unsur estetik (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Cobain Yuk! Bikin Kamar Kos Lebih Estetik dengan 5 Tanaman Hias Ini

14 September 2022   |   17:10 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Munculnya tren kamar kos estetik membuat semua orang berlomba-lomba mendekorasi ruangan tersebut agar jadi lebih indah dipandang. Salah satu cara membuat kamar kos terlihat lebih estetik adalah dengan menambahkan tanaman hias.

Saat ini, tanaman hias kerap dipakai oleh banyak orang untuk mendekorasi dan mempercantik ruangan, termasuk kamar kos. Penambahan tanaman hias memang bisa menambah warna baru dan membuat ruangan bisa lebih hidup. 

Namun, menambahkan instrumen tanaman hias di dalam kamar kos bukan perkara mudah. Sebab, ukuran tanaman hias yang bagus terkadang terlalu besar. Belum lagi terkait perawatan tanaman hias yang terkadang membutuhkan perhatian ekstra.

Jangan khawatir Genhype. Ada beberapa tanaman hias yang bentuknya indah dan perawatannya juga mudah. Berikut 5 tanaman hias yang cocok sebagai dekorasi di kamar kos versi Hypeabis.id: 

Baca juga: Tanaman Hias Wangi Ini Kembali Tren, Bisa Jadi Pengharum Rumah Alami 
 

1. Kaktus

Kaktus memang jadi tanaman hias yang disukai semua orang. Sebab, kaktus termasuk tanaman hias yang perawatannya mudah dilakukan. Selain itu, bentuknya yang khas juga bisa jadi karakter yang makin memperindah dekorasi ruangan kosmu.

Insani Ira Iluki, pemilik Sunny Garden, mengatakan meski kaktus adalah tanaman yang penuh duri, tumbuhan ini malah disukai oleh berbagai kalangan. Kaktus sah-sah saja ditaruh di dalam kamar kos.

Akan tetapi, pemiliknya mesti paham bahwa kaktus harus terkena sinar matahari setiap hari. Oleh karena itu, lebih baik kaktus ditaruh di sekitar jendela sehingga asupan sinar matahari bisa terpenuhi. Dalam merawat kaktus, jangan menyiram air terlalu sering. Cukup disiram 2 minggu sekali, tetapi sekali siram langsung dalam jumlah banyak
 

2. Sukulen

Insani mengatakan Sukulen juga termasuk tanaman yang disukai anak-anak muda. Sebab, perawatannya cenderung mudah dan mirip seperti kaktus. Ukuran Sukulen juga cukup mini sehingga sangat cocok untuk dekorasi di dalam kamar kos.

Tanaman Sukulen mampu hidup lama dalam kondisi gersang. Sebab, Sukulen juga bisa menyimpan cadangan air yang akan sangat berguna ketika musim panas. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak terlalu sering menyiram air. Selain itu, biar tanaman tumbuh maksimal, kamu juga mesti memperhatikan asupan cahaya matahari.

Genhype, pemilihan pot juga ternyata berpengaruh terhadap keberlangsungan Sukulen. Pilihlah pot yang memiliki lubang air di bawahnya. Sebab, air yang mengendap di dalam pot bisa membuat Sukulen mengalami pembusukan.  

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias Indoor Termurah hingga Termahal, Cocok Hiasi Sudut Ruangan 
 

3. Monstera

Tanaman hias Monstera berasal dari Meksiko. Beberapa waktu yang lalu tanaman ini sangat viral. Sebab, bentuk tanaman ini termasuk unik. Daunnya berwarna hijau pekat, tetapi ada lubang-lubang di beberapa bagiannya. Menambahkan tanaman Monstera di dalam kamar kos anak memberikan nuansa hutan tropis. Kamarmu pun seakan jadi lebih asri dan sejuk.

Tanaman Monstera juga sangat cocok berada di dalam ruangan. sebab, tanaman ini tidak terlalu butuh sinar matahari langsung. Monstera lebih menyukai sinar matahari tidak langsung. Penyiraman Monstera juga cukup dilakukan satu hingga dua kali per minggu.
 

4. Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua juga jadi favorit anak-anak kos. Sebab, bentuk daunnya yang memanjang tentu menambah aksen menarik ketika di taruh di dalam ruangan. Lidah Mertua juga bisa menghasilkan oksigen pada malam hari sehingga membuat ruangan lebih sehat.

Lidah mertua juga termasuk tanaman yang tidak terlalu suka cahaya matahari langsung. Jadi, Lidah Mertua akan cepat beradaptasi dengan berbagai kondisi, termasuk di dalam ruangan.

Penyiraman Lidah Mertua direkomendasikan seminggu satu kali. Setelah itu, biarkan tanaman mengering setelah air terserap dengan baik. Pastikan juga drainase di dalam pot telah baik. Jangan sampai penyiraman malah menimbulkan genangan di dalam pot.
 

5. Sirih Gading

Sirih Gading atau Pothos merupakan tanaman hias yang banyak ditaruh di dalam ruangan. Sirih Gading termasuk jenis tanaman rambat. Sirih Gading yang mulai merambat dan keluar dari pot akan menambah keunikan tersendiri. Hal ini bakal membuat kamar kosmu jadi lebih berkonsep.

Cara perawatan Sirih Gading juga mudah. Kamu bisa menempatkan pot di sudut ruangan yang diinginkan. Sebab, tanaman ini tidak terlalu butuh cahaya matahari langsung. Nah, yang perlu diperhatikan benar ialah kondisi tanah. Tanah di dalam pot mesti tetap lembap dan gembur.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Idol Xiumin Buka Supermaket di Drakor Terbaru Sajangdol Mart

BERIKUTNYA

10 Game Terbaru dari PlayStation di State of Play September 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: