Menggunakan tanaman hias untuk menghadirkan visual pekaranagn rumah yang elok. (Sumber gambar: Abby Rurenko/ Unsplash)

Rekomendasi 5 Jenis Tanaman Hias Mudah Dirawat untuk Memperindah Visual Pekarangan

02 November 2023   |   08:28 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Memiliki rumah dengan penampilan yang menarik merupakan impian setiap orang. Warna-warni tanaman hias dengan berbagai jenis, dapat menjadi salah satu pilihan untuk menambah visual tempat tinggal. Selain memperindah halaman, juga dapat menggunakan berbagai bunga untuk menghiasi bagian dalam rumah.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tentu perlu memilih beberapa tanaman hias yang elok dipandang. Lantas apa saja pilihan tanaman hias tersebut?.

Baca juga:  Melirik Peluang Bisnis Tanaman Hias yang Kian Menjanjikan

Seperti dijumpai dalam gelaran Kehati Nusantara Expo 2023, Rabu (1/11/2023), Sri Purwaningsih, owner  usaha tanaman hias Aning Florist, merekomendasikan beberapa jenis tanaman hias yang mudah dibudidayakan.
 

Jenis tanaman hias mudah dirawat

1. Puring

 

Bunga Puring. (Sumber gambar: Max Rahubovskiy/Pexels)

Bunga Puring. (Sumber gambar: Max Rahubovskiy/Pexels)



Jenis tanaman yang satu ini populer karena memiliki warna dan daun yang beragam. Beberapa warna yang dijumpai ialah ungu, hijau, dan kuning. Dalam perawatannya, puring hanya disiram sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Tanaman ini juga dapat ditempatkan di bawah sinar matahari langsung.

 
2. Anggrek

 

Bunga Anggrek. (Sumber gambar: Maria Ten/Pexels)

Bunga Anggrek. (Sumber gambar: Maria Ten/Pexels)



Jenis puspa nusantara yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Hadir dengan berbagai jenis dan juga warna yang indah, membuat bunga anggrek memiliki banyak penggemar. Tanaman hias yang satu ini juga dapat ditanam pada pot yang berisikan pecahan genteng, sabut kelapa, hingga arang. Selain itu, anggrek juga dapat ditempelkan pada pohon dengan cara diikat.
 
Selain memiliki visual yang elok, perawatan anggrek juga cukup mudah. Anggrek merupakan jenis tanaman yang tidak tahan panas. Oleh karena itu, bagi Genhype yang ingin membudidayakan tanaman yang satu ini, wajib menyediakan tempat yang sejuk. 
 

3. Aglaonema

 

Bunga Aglaonema. (Sumber gambar: Evangeline Bautista/Unsplash)

Bunga Aglaonema. (Sumber gambar: Evangeline Bautista/Unsplash)


Bunga yang populer dan memiliki banyak peminat ini merupakan tanaman hias dengan berbagai warna yang menjadi kelebihannya. Selain itu. Bunga yang satu ini dapat dibudidayakan dengan mudah di rumah. Daun aglaonema akan layu ketika terpapar sinar matahari. Oleh karena itu,  genhype perlu menyiapkan tempat sejuk dan melakukan penyiraman sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.
 

4. Mawar

 

Bunga Mawar. (Sumber gambar: Parya Tavakoli/Unsplash)

Bunga Mawar. (Sumber gambar: Parya Tavakoli/Unsplash)



Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dijumpai di pekarangan rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, para petani mawar mulai menghadirkan berbagai inovasi warna mawar. Hal ini juga dapat dilakukan oleh Genhype, dengan cara melakukan penyilangan antar jenis mawar.

Sri Purwaningsih juga menekankan dalam perawatannya, bunga mawar dilarang untuk mendapatkan banyak sentuhan yang mengakibatkan kerusakan pada akar mawar. Selain itu, penyiraman dan pemupukan mawar dapat dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Kalian juga dapat menggunakan sekam sebagai pupuk mawar.
 

5. Bougenville

 

Bunga Bougenville. (Sumber gambar: Ilham Abitama/Unsplash)

Bunga Bougenville. (Sumber gambar: Ilham Abitama/Unsplash)



Bougenville adalah bunga yang memiliki bunga dengan berbagai warna. Keanekaragaman warna bougenville menjadi daya tarik bagi para pecinta flora.  Tanaman hias bougenville memiliki daya tahan panas yang baik, sehingga cocok untuk menghiasi penampilan halaman.
 
Selain memiliki kelebihan pada visualnya, perawatan bougenville hanya perlu disiram kurang lebih satu hingga dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk membasmi hama bougenville, kalian cukup menyemprotkan pestisida.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Konsep Rumah Minimalis

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Sinopsis & Profil Pemeran Film Love Reset 30 Days yang Tayang di Bioskop Indonesia

BERIKUTNYA

Aktor General Hospital, Tyler Christopher Meninggal Dunia Usia 50 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: