Perencanaan keuangan dapatmengantisipasi berbagai kejadian tidak terduga (Sumber gambar ilustrasi: Unsplash/Bady Abbas)

5 Benefit Finansial Punya Perencanaan Keuangan Sejak Dini

18 December 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang memiliki tujuan yang harus dicapai dan tidak jarang membutuhkan dana yang besar. Untuk itu, perencanaan menjadi tahapan penting dalam mengelola setiap pendapatan yang diterima dan pengeluaran yang harus dilakukan, tak terkecuali untuk generasi muda.

Generasi muda akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan-tujuan yang hendak dicapai pada masa mendatang tanpa perencanaan yang baik. Misalnya, menikah, memiliki rumah, kendaraan, dan lain sebagainya yang membutuhkan dana tak sedikit. 

Sebaliknya, generasi muda dapat mencapai target yang hendak dicapai pada masa yang akan datang jika mampu melakukan perencanaan keuangan yang tepat dan matang. Tidak hanya itu, perencanaan keuangan sejak dini juga akan memberikan banyak manfaat. 

Baca juga: Riset Ini Ungkap Minat Investasi & Pengelolaan Keuangan Milenial dan Gen Z 2024

Salah satunya adalah dapat melakukan antisipasi terhadap berbagai kejadian yang tidak terduga, sehingga memerlukan dana yang lebih besar dibandingkan dengan biasanya. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik, dampak kondisi tidak terduga terhadap keuangan dapat diminimalkan.

Selain itu, berikut ini adalah benefit finansial punya perencanaan keuangan sejak dini atau jauh-jauh hari, seperti dilansir dari keterangan resmi Manulife Indonesia. 
 

1. Keterampilan mengelola keuangan kian terasah

Perencanaan keuangan sejak dini dapat melatih seseorang kian disiplin mengatur uang yang dimiliki. Kedisiplinan ini menjadi kunci guna membuat keputusan yang baik, mencegah diri dari pengeluaran impulsif, dan melatih komitmen dengan tujuan jangka panjang.

Tidak hanya itu, Genhype juga akan memiliki sikap adaptif dengan kondisi dan situasi yang selalu berubah dengan melakukan perencanaan keuangan sejak dini. 
 

2. Mengantisipasi kejadian tidak terduga

Genhype dapat memiliki keuntungan bisa mengantisipasi berbagai kejadian tidak terduga saat melakukan perencanaan keuangan sejak dini. Untuk memiliki kenyamanan finansial pada masa yang akan datang, langkah pertama yang perlu dipikirkan adalah aman secara keuangan terlebih dahulu.

Dengan begitu, kalian perlu memiliki pondasi keuangan yang sehat dan kesiapsiagaan menghadapi berbagai hal yang tidak terduga di dalam kehidupan seperti sakit, perbaikan kendaraan, dan kehilangan pekerjaan. Saat memiliki perencanaan keuangan, individu dapat mengatasi kejadian tidak terduga itu dan tidak perlu berutang. 
 

3. Menambah pemasukan

Perecanaan keuangan yang baik membuat individu memiliki potensi untuk menambah sumber pemasukan seperti dari investasi, setelah memastikan arus keuangan yang dimiliki siap dan sehat menghadapi sejumlah tantangan. Investasi dapat membuat seseorang mengatasi kondisi inflasi.

Ada ragam macam investasi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Namun, Genhype perlu memastikan bahwa produk investasi yang dipilih sesuai dengan pemasukan, tujuan keuangan, profil risiko, kebutuhan, dan target lama investasi. 
 

4. Membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang

Genhype bisa mencapai tujuan keuangan jangka panjang kala melakukan perencanaan keuangan sejak dini. Kalian dapat menetapkan target untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan-tujuan keuangan jangka panjang itu juga biasanya akan memotivasi dan memandu orang untuk membuat keputusan tentang keuangan yang lebih baik. 
 

5. Melindungi aset yang dimiliki

Dengan melakukan perencanaan keuangan sejak dini, Genhype dapat memiliki keuntungan berupa aset dan peninggalan finansial tetap dapat terjaga. Tidak hanya itu, kalian juga dapat membuat aset berkembang seiring jalan waktu.

Perencanaan keuangan yang baik juga dapat membantu menghindari perselisihan di dalam keluarga dan memastikan transisi keuangan yang maksimal. 

Baca juga: Begini Cara Atur Gaji UMP DKI Jakarta Menurut Perencana Keuangan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil AP.Bren FlapTzy, Peraih MVP M5 World Championship 2023

BERIKUTNYA

Beroperasi Hari Ini, Tarif Kereta New Generation Mulai dari Rp600.000

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: