Bagian dalam kereta New Generation (Sumber gambar: PT KAI)

Beroperasi Hari Ini, Tarif Kereta New Generation Mulai dari Rp600.000

18 December 2023   |   20:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kereta api Argo Lawu relasi Gambir – Solo Balapan PP yang menggunakan kereta New Generation mulai beroperasi pada Senin, 18 Desember 2023. Kereta yang terdiri dari kelas eksekutif dan luxury itu memiliki tarif tiket dari sekitar Rp600.000 sampai Rp1,5 jutaan.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan bahwa tarif KA Argo Lawu dengan kereta New Generation bersifat dinamis dengan tetap mengacu kepada tarif batas bawah dan tarif batas atas yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Baca juga: Kereta New Generation Hadir di KA Argo Dwipangga, Apa Saja Fitur Menariknya?

“[Tarif] kereta eksekutif Argo Lawu berkisar Rp600.000 dan untuk luxury berkisar Rp1,3 juta - Rp1,5juta,” katanya.

Dia menambahkan bahwa kereta New Generation yang beroperasi menjadi bagian dalam KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir – Stasiun Solo Balapan PP merupakakn bagian dari pengadaan 612 unit kereta stainless steel New Generation periode 2023 - 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Penggunaan kereta itu juga merupakan bentuk peningkatan layanan perusahaan terhadap seluruh pelanggan dalam menyambut liburan Natal dan Tahun Baru – khususnya pelanggan KA Argo Lawu. Setelah pengoperasian ini, perusahaan juga akan menggunakan kereta New Generation di kereta lain secara bertahap.

Dia menuturkan bahwa kereta New Generation kelas eksekutif dan luxury memiliki sejumlah fitur, seperti pintu masuk kereta dan pintu penghubung antarkereta yang menggunakan pintu elektrik otomatis.
 

Kereta itu juga memiliki passenger information display system (PIDS) guna menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Jendela kereta New Generation juga telah menggunakan tempered double glass, sehingga memiliki tingkat keamanan yang diklaim lebih tinggi. Kemudian, kaca itu juga dapat membantu mengurangi panas berlebih dan sinar ultarviolet yang masuk ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik. Keunggulan lain yang terdapat dalam kereta New Generation kelas luxury adalah penambahan menjadi dua untuk masing-masing laki-laki dan perempuan. 

Manajemen juga memutuskan menambah USB charger port di setiap kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta untuk memenuhi kebutuhan traveller mengisi daya gawai pintar dalam perjalanan.

“Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern,” ujarnya.

Perusahaan juga memperbarui kereta makan di rangkaian KA Argo Lawu yang menggunakan New Generation, sehingga menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Kereta makan itu mendapatkan sentuhan aksen kayu dan kursi yang lebih empuk dan lembut.

Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju, sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api,” katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Benefit Finansial Punya Perencanaan Keuangan Sejak Dini

BERIKUTNYA

Gaya Desain Interior Shabby Chic Terkini, Gabungan Nuansa Modern dan Lawas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: