Tiffany Young & Lee Jun-ho (Sumber gambar: Tiffany Young & Lee Jun-ho Official Instagram)

Cek Lineup Presenter Golden Disc Awards di Jakarta, Ada Lee Jun-ho & Tiffany Young

18 December 2023   |   16:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah Cha Eun-woo ASTRO dan Sung Si-kyung, Golden Disc Awards (GDA) mengumumkan tiga nama lain yang didapuk menjadi pembawa acara (presenter) gelaran tersebut, yakni Lee Jun-ho, Tiffany Young, dan Ha Jung-woo. Kelimanya siap memandu GDA pada 6 Januari 2024 di Jakarta International Stadium (JIS).

GDA 2024 menjadi kali kedua bagi Lee Jun-ho memandu acara penghargaan industri hiburan yang digelar tahunan itu. Sebelumnya, personel boygroup K-Pop 2PM itu juga menjadi presenter GDA 2023 yang berlangsung di Thailand, bersama Lee Da-hee, Sung Si-kyung, Park So-dam, Nichkhun 2PM, dan Song Joong-ki.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Golden Globe Awards 2024, Film Barbie & Oppenheimer Mendominasi

Sementara bagi Tiffany Young, GDA 2024 akan menjadi momen pertamanya memandu ajang penghargaan bergengsi itu. Penyanyi pemilik nama asli Stephanie Young Hwang itu merupakan member girlgroup K-Pop Girls' Generation yang didapuk sebagai lead vocal
 

Begitupun untuk Ha Jung-woo. Ini akan menjadi perdana baginya sebagai presenter di gelaran GDA. Aktor berusia 45 tahun itu dikenal sebagai aktor terlaris di Korea Selatan. Banyak judul film dan serial yang telah dibintanginya antara lain Road to Boston (2023), Narco-Saints (2022), The Closet (2020), dan Ashfall (2019).

Sementara itu, Cha Eun-woo adalah anggota boygroup ASTRO di bawah naungan label Fantagio. Namun, pria pemilik nama asli Lee Dong-min itu memulai debutnya sebagai aktor pada 2014 membintangi film My Brilliant Life. Eun-woo baru debut dengan ASTRO pada 2016 dengan merilis album mini Spring Up

GDA 2024 akan menjadi momentum perdana juga bagi Eun-woo memandu ajang penghargaan tahunan itu. Kesempatan ini terjadi sekitar 4 tahun setelah ASTRO memenangkan Best Performance Award dalam GDA 2020 di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan.

Lain halnya dengan Sung Si-kyung. GDA ke-38 di Jakarta bakal menjadi kesempatan kedelapan baginya sebagai pembawa acara. Selain penyanyi, artis berusia 44 tahun itu dikenal juga sebagai komedian dan pembawa acara. Beberapa acara yang telah dipandunya seperti 2 Days & 1 Night, Witch Hunt, Duet Song Festival, dan Vocal War: God's Voice.
 


Sebelumnya, GDA juga telah mengumumkan lineup yang akan memeriahkan gelaran tersebut, yakni Enhypen, NewJeans, STAYC, Stray Kids, ZEROBASEONE, Seventeen, BOYNEXTDOOR, FIFTY FIFTY, IVE, Le Sserafim, YB, TXT, Parc Jae-jung, dan Lapoem. Termasuk, pengumuman daftar nominasi yang terdiri dari sejumlah kategori seperti Rookie Artist, Best Album, dan Best Digital Song.

Untuk menonton GDA 2024 di Jakarta, kalian bisa membeli tiketnya melalui laman goldendiscawardsjkt.com, Livin' by Mandiri, dan MyPertamina App. Terdapat 11 kategori tiket yang dapat dibeli mulai dari harga Rp1,3 juta untuk kategori (CAT 6), Rp1,7 juta (CAT 5), Rp2,4 juta (CAT 4), Rp2,7 juta (CAT 3), dan Rp3,55 juta (CAT 2).

Selain itu, ada pula kategori CAT 1 seharga Rp4 juta, Festival B seharga Rp3,8 juta, Festival A seharga Rp4,5 juta, dan kategori termahal yaitu VIP Package seharga Rp6 juta. Adapun, semua pembeli tiket nantinya akan mendapatkan nomor kursi duduk, kecuali kategori VIP yang akan menonton secara berdiri di depan panggung.

Baca juga: Line Up Golden Disc Award 2024 di Jakarta, Ada TXT dan Le Sserafim

Gelaran GDA di Jakarta pun disambut riuh khususnya oleh para pencinta K-Pop di Indonesia. Maklum saja, pasalnya, ini akan menjadi pertama kalinya ajang GDA diadakan di Jakarta. Kendati demikian, Jakarta menjadi lokasi penyelenggaraan kelima ajang GDA di luar Korea Selatan. Sebelumnya, GDA juga pernah dihelat di Thailand pada 2022, di China pada 2015, di Malaysia pada 2013, dan di Jepang pada 2012.

Perwakilan Sekretariat Golden Disc Awards mengatakan penyelenggaraan GDA di luar Korea Selatan dilatarbelakangi oleh pengaruh K-Pop yang terus tumbuh di pasar global. Termasuk, adanya peningkatan permintaan dari penonton Asia yang ingin melihat artis-artis K-Pop.

"Menanggapi minat yang meningkat ini, kami berdedikasi untuk membangun platform di mana berbagai penggemar musik dalam dan luar negeri dapat terlibat dan menikmati lingkungan artistik K-Pop. Jakarta menyediakan ruang unik untuk menciptakan pertukaran yang menarik ini," tulis mereka seperti dikutip dari Allkpop.
 



Golden Disc Awards sendiri adalah sebuah acara penghargaan musik yang telah berlangsung sejak 1986. Ajang tahunan ini digagas oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan untuk mengakui sekaligus mengapresiasi pencapaian luar biasa di industri musik Korea Selatan.

Sebelum dikenal dengan nama Golden Disc Awards, ajang penghargaan ini lebih dulu hadir dengan nama Korea Visual and Records Grand Prize Awards. Hingga pada 2001, ajang ini berganti nama menjadi Golden Disk Awards, dan pada 2015 ada perubahan pengejaan menjadi Golden Disc Awards.

Perhelatan GDA selalu ditunggu-tunggu para penggemar K-Pop karena banyak artis yang akan membawakan penampilan spesialnya. Tahun lalu, ajang penghargaan ini dimeriahkan oleh PSY, Stray Kids, Seventeen, (G)I-DLE, Enhypen, Treasure, Le Sserafim, NewJeans, hingga penyanyi trot Lim Young Woong.

Hal yang tentunya dinantikan juga ialah para pemenang GDA. Sejumlah kategori yang diperebutkan oleh para musisi K-Pop di antaranya hadiah utama Bonsang Awards, Pendatang Baru Terbaik, Solo/Grup Terbaik, Penghargaan Popularitas, Genre Musik, Video Musik, dan Produser Musik.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Golden Disc Award ke-38 di Jakarta

BTS menjadi grup dengan perolehan trofi terbanyak dari GDA yakni menyabet 24 penghargaan. Posisinya disusul oleh Super Junior dengan 20 penghargaan, EXO dengan 17 penghargaan, dan Girls' Generation dengan 14 penghargaan.

Dengan keberadaan Golden Disc Awards ke-38 di Jakarta pada Januari 2024 mendatang, menjadi momentum bagi para penggemar K-Pop di Tanah Air untuk bertemu secara langsung dengan idola mereka. Kalau Genhype, ingin bertemu siapa di Golden Disc Awards nanti? 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Menabung di Bank Agar Bisa Langsung Cuan

BERIKUTNYA

Mengejar Android, iPhone 17 Pro Max Bakal Dilengkapi dengan Lensa Telephoto 48 Megapiksel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: