iPhone 15 Pro Max. (Sumber foto: Pexels/Thai Nguyen)

Mengejar Android, iPhone 17 Pro Max Bakal Dilengkapi dengan Lensa Telephoto 48 Megapiksel

18 December 2023   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

iPhone 17 baru akan meluncur pada 2025. Namun, sejumlah bocoran sudah beredar di dunia maya. Salah satu di antaranya adalah varian iPhone 17 Pro Max yang akan menggunakan lensa Telephoto 48 megapiksel. Keberadaan kamera ini memungkinkan penggunanya memiliki hasil jepretan yang lebih detail.

Kabar tentang penggunaan lensa tersebut berhembus dari analis Jeff PU sebagaimana termuat dalam laman MacRumors. Dalam catatan penelitian minggu ini, Pu mengatakan bahwa kamera tersebut juga akan disematkan bersamaan dengan headset  Vision Pro yang akan rilis pada awal 2024 di Amerika Serikat.

Baca: 5 Fakta Action Button pada Model iPhone 16

Terkait dengan informasi tersebut, sang analis tidak memberikan detail mengenai lensa telephoto 48 megapiksel yang akan disematkan oleh Apple atau cara kamera tersebut akan berinteraksi dengan Vision Pro.

Kamera model 48 megapiksel sebenarnya bukan barang baru bagi iPhone. Perusahaan telah menyematkannya dalam iPhone 15 sebagai kamera utama. Selain itu, gawai pintar itu juga memiliki kamera ultra wide 12 megapiksel, dan lensa telephoto 12 megapiksel. Ini akan menjadi lompatan besar dibandingkan sensor 12MP pada lini iPhone 15. Apple sepertinya mulai mengejar teknologi ponsel Android teratas.

Penyematan kamera-kamera itu membuat iPhone 15 dapat merekam spatial video dengan kedalaman 3D untuk diputar di Vision Pro. Kemudian, kamera utama dan lensa utra wide juga akan mengalami penggabungan ketika dipegang dalam posisi lanskap untuk mereka video spasial dengan, sehingga memiliki kedalaman tambahan.

Pada awal tahun ini, Pu mengatakan bahwa model gawai pintar iPhone 16 Pro akan memiliki fitur lensa ultra wide 48 megapiksel. Dengan begitu, iPhone 17 Pro Max kemungkinan akan menjadi model pertama yang memiliki kamera belakang sepenuhnya dengan lensa 48 megapiksel.

Kamera dengan megapiksel yang lebih tinggi memungkinkan penggunanya dapat menangkap gambar lebih detail sehingga sangat berguna untuk melakukan editing dan mencetaknya. Kamera tersebut rencananya akan rilis pada September 2025 atau sekitar 2 tahun lagi. Dengan begitu, rencana perusahaan terkait dengan iPhone 17 Pro Max masih belum usai.

Sebelumnya, Pu juga membocorkan tentang iPhone 17 Pro yang akan mendapatkan chip Wi-Fi 7 rancangan perusahaan. Analis itu memperkirakan bahwa chip itu dapat menjadi ancaman jangka panjang bagi Broadcom yang saat ini menjadi pemasok Apple untuk chip Wi-Fi dan bluetooth.

Analis itu meyakini bahwa Apple akan memperluas chip Wi-Fi buatannya itu ke seluruh seri iPhone 18 pada 2026 nanti. Hanya saja terkait detail, dia tidak memberikannya. Chip tersebut akan memungkinkan Apple kian mengurangi ketergantungannya terhadap pemasok dari eksternal perusahaan untuk memenuhi kebutuhan komponen tersebut.

Penggunaan chip Wi-Fi dapat membuat iPhone 17 Pro mengirim dan menerima data melalui pita 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz secara bersamaan dengan router yang mendukungnya. Dengan begitu, pengguna akan merasakan kecepatan Wi-Fi yang lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan konektivitas yang lebih andal.

Wi-Fi 7 juga dapat memberikan kecepatan puncak lebih dari 40 Gbps, meningkat 4 kali lipat jika dibandingkan Wi-Fi 6E. Pada Agustus, analis itu mengatakan model iPhone 16 Pro yang akan diluncurkan pada tahun depan juga mendapatkan dukungan Wi-Fi 7, tapi tidak menggunakan chip yang dirancang oleh perusahaan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Lineup Presenter Golden Disc Awards di Jakarta, Ada Lee Jun-ho & Tiffany Young

BERIKUTNYA

Cara Hack Cicilan Biar Gaji Enggak Cuma Numpang Lewat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: