Ilustrasi The Grinch (Sumber foto: Unsplash/andreas-avgousti)

5 Film Natal Paling Laris Sepanjang Masa, Ada Home Alone & The Grinch

18 December 2023   |   07:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film bertema Natal merupakan salah satu karya yang banyak menjadi tontonan orang – terutama saat mendekati 25 Desember. Dengan pengemasan berbagai genre, karya tentangnya tercatat banyak mendapatkan perhatian. Beberapa di antaranya menjadi yang terlaris sepanjang masa.

Pengemasan film yang apik dan menghibur menjadi salah satu alasan karya tentang Natal begitu diminati oleh banyak orang. Film tentangnya juga kerap menjadi pilihan mengingat sering diputar mendekati 25 Desember, biasanya merupakan hari libur.

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Keluarga Bertema Natal di Netflix, Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Dengan begitu, karya tersebut kerap menjadi salah satu cara menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau orang terkasih di bioskop bagi mereka yang memilih tidak liburan ke luar negeri atau luar kota.

Karya-karya itu bisa memiliki alur cerita yang baik, teknik pengambilan gambar yang mumpuni, serta menghibur lantaran tidak jarang mendapatkan arahan dari sutradara ternama serta dimainkan oleh bintang-bintang dunia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film tentang Natal yang paling laris sepanjang sejarah:


1. The Grinch


Film tentang Natal paling laris sepanjang sejarah adalah berjudul The Grinch. Karya yang rilis pada 2018 itu – dalam catatan Box Office Mojo – berhasil memiliki perkiraan pendapatan kotor sebesar US$512,3 juta di seluruh dunia. Karya tersebut berhasil meraup pundi-pundi greenback dari pasar domestik Amerika Utara sebesar US$271,38 juta dan internasional sebesar US$267,5 juta. Film ini bercerita tentang makhluk hijau yang memiliki rencana untuk mencuri Natal.


2. Home Alone


Home Alone yang rilis pada 1990 menjadi film paling laris kedua sepanjang sejarah. Berdasarkan data Box Office Mojo, karya ini berhasil meraup perkiraan pendapatan kotor sebesar US$476,68 juta dari seluruh bioksop di dunia.

Dari total itu, sekitar 59,9 persen atau US$285,76 juta berasal dari pasar domestik. Sementara itu, sisanya datang dari pasar internasional yang mencapai 40,1 persen atau US$190,9 juta. Karya bergenre komedi dan keluarga itu bercerita tentang anak delapan tahun yang kerap membuat masalah.

Saat keluarganya hendak menikmati perjalanan liburan, dia tertinggal sendiri di rumah. Lebih dari itu, sang anak juga harus bertahan saat pencuri datang.


3. Home Alone 2

Kecemerlangan dan tingginya minat penonton terhadap film Home Alone (1990) membuat Home Alone 2 diproduksi, dan rilis pada 1992. Dengan judul Home Alone 2: Lost in New York, karya itu berhasil meraup US$358,9 juta di seluruh dunia.

Data Box Office Mojo mencatat bahwa film tersebut meraih US$173,59 juta dari pasar domestik dan US$185,41 juta dari pasar internasional. Setelah tertinggal di rumah dalam Home Alone (1990), Kevin McCallister salah naik pesawat dan terbang ke New York di sekuelnya. Di kota ini, dia juga menghadapi pencuri yang sama dengan yang pernah dihadapinya saat tertinggal di rumah.


4. How the Grinch Stole Christmas


Data Box Office Mojo mencatat How the Grinch Stole Christmas yang rilis pada 2000 menjadi salah satu film paling laris sepanjang sejarah dengan pendapatan US$345,1 juta. Film ini merupakan sekuel dari The Grinch yang rilis pada 2018. How the Grinch Stole Christmas bercerita tentang aksi Grinch yang berusaha balas dendam untuk menghancurkan Natal. Makhluk hijau itu menyusun berbagai rencana untuk mewujudkan tujuannya itu. 


5. A Christmas Carol

A Christmas Carol yang rilis pada 2009 menjadi salah satu film paling laris sepanjang sejarah dengan pendapatan US$325,29 juta di seluruh dunia dalam data Box Office Mojo. Film yang diadaptasi dari novel klasik Charles Dicksens. Karya tersebut bercerita tentang sesorang yang kikir pada era Victoria. Namun, pada suatu waktu, sikap pelit itu mengalami perubahan setelah serangkaian kejadian menimpa diri – salah satu di antaranya kedatangan sang sahabat yang telah meninggal 7 tahun lalu.

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Natal 2024, Bikin Rumah Lebih Hangat & Nyaman

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

10 Atlet Terpopuler 2023 Versi Google Trends, Bukan Kylian Mbappé di Posisi Awal

BERIKUTNYA

AP. Bren Juara M5 World Championship 2023, Usai Melalui Pertandingan Ketat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: