Ilustrasi dekorasi Natal. (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

4 Ide Dekorasi Natal 2024, Bikin Rumah Lebih Hangat & Nyaman

11 December 2023   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Umat Kristiani di seluruh dunia akan segera merayakan Natal. Perayaan untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus itu selalu disambut penuh suka cita. Biasanya, orang-orang akan berkumpul bersama keluarga, menikmati jamuan spesial Natal, dan melakukan berbagai kegiatan seru termasuk mendekorasi rumah.

Saat Natal, biasanya suasana rumah akan lebih meriah dengan hadirnya ragam dekorasi khas, seperti pohon natal, dekorasi karangan bunga atau garland yang dipajang di depan pintu, lampu natal, hingga deretan kado-kado. Semua elemen dekorasi itu tentunya membuat rumah menjadi lebih hangat sekaligus ceria saat berkumpul bersama keluarga.

Baca juga: Rekomendasi 6 Film Natal 2023 yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Namun, untuk perayaan Natal tahun ini, tak ada salahnya kalian bereksperimen mendekorasi rumah dengan nuansa yang lebih lembut, seperti menampilkan ornamen dekorasi dari bahan-bahan alami dan palet warna yang lebih bersahaja. Termasuk, menciptakan pemandangan interior yang nyaman dengan kerlap-kerlip lampu natal yang hangat dipadukan dengan tanaman hijau.

Berikut adalah 4 ide dekorasi Natal tahun 2023 yang direkomendasikan oleh beberapa ahli desain interior seperti dilansir dari Better Homes & Gardens.


1. Dekorasi hiasan alami

Desainer Maggie Griffin mengatakan tren dekorasi Natal yang selama ini umumnya penuh warna, berkilauan dan terlalu banyak dekorasi kini mulai ditinggalkan. Sebaliknya, orang-orang akan lebih memilih untuk mengurangi palet warna dalam mendekor rumah, dan memadukannya dengan elemen alami untuk melengkapi fungsi estetis ruang.

Untuk menciptakan kesan yang nyaman dan rileks, hindari menghadirkan hiasan natal yang terlalu banyak kilau. Desainer Ami McKay menyarankan sebaiknya gunakan elemen dekorasi dari bahan alami seperti tanaman hijau dan buah pinus, untuk membuat dahan dan karangan bunga. "Saya juga suka meletakkan sayuran apapun yang saya temukan di vas besar di sekitar rumah," katanya.
 

Ilustrasi pohon Natal. (Sumber gambar: Sven Brandsma/Unsplash)

Ilustrasi pohon Natal. (Sumber gambar: Sven Brandsma/Unsplash)

2. Pilih gaya dekorasi yang soft

Gaya interior seperti Skandinavia atau Nordik bisa dipilih untuk menciptakan suasana tenang dan nyaman selama musim liburan di rumah. Ganti warna-warna cerah dan permukaan yang ramai didekorasi dengan warna netral, bertekstur lembut, serta elemen alami.

Elemen lain dari gaya Nordik yang bisa diaplikasikan ke dalam dekorasi ruangan adalah pencahayaan. Selain menggantungkan lampu berkerlap-kerlip di sekitar rumah, McKay menyarankan untuk memasang lampu luar ruangan di dek atau teras rumah, guna menerangi malam musim dingin yang gelap.


3. Kurangi warna merah dan hijau

Dekorasi Natal sangat identik dengan palet warna merah dan hijau. Namun, daripada menggunakan skema warna tersebut, pilihlah palet warna dekorasi Natal yang selaras dengan desain interior di rumah. Misalnya menggunakan kombinasi warna hijau dan biru.  "Hal ini memberikan dekorasi liburan sekaligus penyegaran [nuansa] modern dan membantunya terasa lebih terintegrasi dan terarah di dalam ruangan," kata desainer Liz Williams.
 

Ilustrasi perayaan Natal. (Sumber gambar: Timo M/Pexels)

Ilustrasi perayaan Natal. (Sumber gambar: Timo M/Pexels)

4. Dekorasi minimalis

Daripada menambahkan elemen dekorasi yang baru di setiap musim Natal dan libur akhir tahun, tak ada salahnya untuk  melakukan pendekatan dekorasi yang lebih minimalis. Salah satu caranya dengan mengatur tata ruang yang baik, dan memberikan sedikit aksentuasi pada ruangan.

Tak selamanya setiap sudut yang kosong dalam ruangan perlu didekorasi dengan meriah. Sebaliknya, aturlah ruangan dengan efisien dan beri dekorasi secukupnya, agar suasana hunian tetap bersahaja. Hal ini tentunya bisa meminimalisir elemen dekorasi yang harus dibeli dan disimpan setelah musim liburan akhir tahun berakhir.

"Yang terpenting bukanlah tampilan dekorasinya, melainkan kenangan dan perasaan nostalgia yang dibawa oleh barang-barang tersebut. Gunakan apa yang Anda punya , bersenang-senang, dan nikmati kenangan dan tradisinya," kata McKay.

Baca juga: Cek Ketersediaan Kereta Api Buat Libur Natal dan Tahun Baru

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sibling Rivalry, Memahami Cemburu di Antara Saudara

BERIKUTNYA

Tren Bisnis Online 2024, Ini Produk Paling Diincar Milenial & Gen Z Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: